Asupan Gizi Ibu Hamil Yang Penting Untuk Mencegah Wasir

asupan gizi ibu hamil www.friso.co.id

Salah satu keluhan kesehatan yang dialami oleh ibu hamil adalah wasir. Ini pertanda kekurangan asupan gizi ibu hamil. Nutrisi apa yang harus ditambah?

Meskipun demikian, ibu juga harus tahu kenapa wasir ini bisa terjadi. Apakah ada faktor lain selain kekurangan nutrisi tertentu? Dan bagaimana cara agar wasir bisa teratasi? Dua pertanyaan tersebut harus dicari jawabannya.

Penyebab Sembelit Dialami Ibu Hamil

Sebenarnya tidak ada bedanya antara penyebab sembelit yang dialami oleh ibu hamil dan orang pada umumnya. Masalah ini disebabkan kekurangan serat.

Akan tetapi, ada satu hal yang menjadi penyebab lain dari sembelit yang dialami oleh ibu hamil. Meningkatkan produksi hormon progesterone menjadi penyebab lain dari sembelit. Itulah mengapa memenuhi asupan nutrisi ibu hamil terutama serat saja tidak cukup untuk memastikan ibu terhindar dari sembeli ketika hamil.

Untuk memenuhi kebetuhan serat, ibu bisa dengan mudah mengkonsumsi sayuran. Kacang-kacangan termasuk ke dalam sumber serat yang tinggi. Apalagi pada kacang-kacangan, terdapat juga asupan gizi untuk ibu hamil lainnya seperti protein nabati, asam folat, dan juga zat besi.

Mungkin ibu sudah mengkonsumsi makanan yang mengandung serat setiap hari. Namun, ibu tetap saja mengalami wasir. Itu artinya ada hal lain selain mencukup asupan nutrisi yang harus ibu lakukan.

Mengatasi Wasir Pada Ibu Hamil

Setidaknya ibu sudah tahu ada dua penyebab utama wasir yang dialami oleh seorang ibu hamil. Yang pertama kekurangan serat. Dan yang kedua produksi hormon yang meningkat.

Mungkin jika disebabkan karena kekurangan serat, ibu bisa dengan mudah mengatasinya. Namun, mengkonsumsi makanan dengan kandungan serat yang tinggi tidaklah cukup. Ibu perlu melakukan beberapa hal berikut ini.

  • Menggunakan Es Batu

Sebenarnya ini bukan cara yang bisa langsung menyembuhkan wasir. Hanya saja, cara ini bisa ibu praktekkan untuk meredakan rasa nyeri yang disebabkan oleh wasir.

Ambil beberapa es batu lalu pecahkan menjadi kecil-kecil. Taruh es batu tersebut ke dalam plastik kemudian bungkus dengan haduk. Tempatkan es batu yang sudah dibungkus dengan plastik dan handuk tersebut di atas kursi dan duduki kursi tersebut. Ini merupakan cara yang cepat untuk meredakan nyeri akibat wasir.

  • Berenang

Berenang tidak hanya bisa mengatasi kram lho. Berenang juga bisa mengatasi wasir. Namun, akan lebih baik jika ibu berenang di air yang hangat. Jika tidak ada pemandian air hangat di mana ibu bisa berenang di sana, ibu bisa memanfaatkan bak air yang besar di mana ibu bisa gunakan untuk berendam menggunakan air hangat. Lakukan hal ini beberapa kali dan wasir yang ibu alami akan hilang.

  • Olahraga Ringan

Kenapa harus olahraga? Karena olahraga yang mampu membuat otot di saluran pencernaan bekerja sehingga sisa makanan bisa dikeluarkan melalui saluran pembuangan. Pada intinya, sisa makanan yang tidak bisa keluar inilah yang menjadi salah satu penyebab rasa nyeri saat mengalami wasir.

Banyak olahraga ringan yang bisa ibu lakukan seperti senam ibu hamil, yoga ibu hamil, atau sekedar jalan sehat di pagi hari.

Jadi, satu hal yang harus digarisbawahi bawasannya wasir tidak hanya bisa diatasi dengan cara memenuhi asupan gizi ibu hamil berupa serat. Selain serat, diperlukan hal lain yang bisa membuat rasa nyeri itu hilang.

Jika semua hal tersebut di atas sudah ibu lakuan namun wasir tidak kunjung hilang, sebaiknya ibu konsultasikan dengan ahli kesehatan atau dokter.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*