Asal Muasal Patung Macan Di Koramil Cisewu Menjadi Terkenal Di Medsos

Patung Macan Cisewu

Patung Macan CisewuSudah dengar nasib patung macan lucu yang ada di Koramil Cisewu? Betul sekali. Sekarang sudah tidak ada. Pihak Koramil membongkar dan mengganti dengan patung yang baru. Masih sama, yaitu patung bintang buas berupa macan yang menjadi simbol TNI maupun Polri di Garut Jawa Barat. Hanya saja, patung macan yang baru ini akan terlihat lebih ganas layaknya macan aslinya, tidak lucu yang seperti dibicarakan oleh netizen di media sosial atau medsos akhir-akhir ini.

Memang netizen menganggap pembongkaran patung macan lucu tersebut disebabkan pihak Koramil yang kurang senang ketika bentuk panting tersebut tidak seram, tapi justru lucu. Akan tetapi, tahukah Anda bagaimana patung macan tersebut mendadak terkenal?

Berawal Dari Sebuah Akun Medos

Banyak yang tidak tahu jika ternyata patung macan yang berada di Koramil 1123 Cisewu, Garut, Jawa Barat sudah ada sejak 6 tahun yang lalu. Jadi, patung ini tidak dibuat tahun ini ketika banyak netizen yang membicarakannya. Namun, kenapa baru banyak dibicarakan pada saat ini dan akhirnya pihak Koramil meminta untuk membongkar dan mengganti patung macan yang lucu tersebut?

Ternyata, ini berawal dari akun medsos bernama Kementrian Humor Indonesia. Akun tersebut menguggap foto dari patung macan yang terlihat lucu tersebut dan menjadi viral di jagad internet. Terang saja karena kebanyakan patung macan itu terlihat ganas dan seram. Namun, patung macan yang berada di Koramil 1123 Cisewu ini justru terlihat lucu dengan ukuran mulut yang lebih besar dari biasanya.

Ada kesan pihak Koramil Cisewu secara khusus dan TNI secara umum merasa terhina dengan bentuk patung macan yang justru terlihat lucu. Jelas ini tidak menggambarkan sosok prajurit TNI yang gagal dan pemberani.

Lebih dari itu, foto tersebut diunggah di akun medsos dengan nama Kementrian Humor Indonesia. Tentu ada tanda tanya lagi mengapa akun yang ada embel-embel nama humor tersebut mengunggah foto patung tersebut. Dan ternyata respon dari netizen hampir sama. Patung terlihat lucu dan menggemaskan. Jauh dari kesan tegas dan gagah layaknya prajurit TNI.

Inilah yang membuat Kaptain Inf Nandang Nucahya sebagai Danramil Cisewu meminta pemilik akun untuk melakukan konfirmasi tentang apa maksud dibalik pengunggahan foto patung tersebut. Sayangnya, belum ada konfirmasi hingga sekarang akun tersebut sudah ditutup.

Jadi, ada rasa tersinggung ketika netizen menganggap patung macan Cisewu tersebut terlihat lucu. Dan akhirnya sekarang patung macan tersebut tinggal kenangan saja.

Tanggap Positif Netizen Mengenai Patung Macan

Sebenarnya tidak semua netizen yang mencibir dan merendahkan simbol patung macan tersebut. Bahkan, tidak ada kesan merendahkan pihak TNI dengan adanya patung tersebut. Justru masyarakat menganggap positif dengan simbol macan di Koramil Cisewa. Mereka merasa TNI bukan lagi menjadi pihak yang eksklusif, tertutup, kaku, dan kasar. Prajurit TNI lebih dekat dengan masyarakat dengan simbol patung macan yang terlihat lebih humanis tersebut.

Sayangnya, tanggapan positif ini tidak menjadi pengahalang pihak Koramil untuk membongkar patung macan lucu di Cisewu tersebut. Mayjen M Hirindra sebagai Pangdam III/Siliwangi mengatakan sudah ada beberapa seniman dari Bandung yang bersedia untuk membuatkan patung pengganti yang baru yang lebih sesuai dengan wujud bintang macan aslinya.

Terlepas dari itu semua, masyarakat harus mengerti sejarah penggunaan bintang macan sebagai simbol TNI di Garut Jawa Barat ini. Macan dulu menemani Prabu Siliwangi kemanapun ia berada. Inilah yang membuat di setiap Koramil terdapat patung macan untuk mengenang kehebatan dan keberanian Prabu Siliwangi.

Image Source: vice.com

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*