Asah Kemampuan Anak Dengan Jenis Permainan Anak Yang Mendidik Ini

latih kognitif anak mybaby.co.id

Permainan anak yang mendidik bisa meningkatkan kecerdasan serta kemampuan positif yang dimiliki oleh anak.

Anak sangat dekat dengan permainan, dan permainan menjadi media bagus untuk pembelajarannya. Tak heran jika pembelajaran di taman kanak-kanak lebih banyak menggunakan permainan sebagai medianya.

Permainan dipilih bukan tanpa alasan. Ada sejumlah manfaat yang akan didapatkan dari permainan tersebut.

Anak Anda yang masih belum masuk taman bermain juga bisa memberikannya. Tentunya Anda harus selektif dalam memilihkan permainan buat buah hati.

Ada banyak sekali jenis permainan yang bisa dipilih. Kami akan tunjukkan pada Anda. Tapi alangkah baiknya Anda tahu seperti apa permainan yang baik untuk dipilih agar Anda punya sekian opsi nantinya.

Kriteria Permainan Yang Bagus Untuk Anak

Di era seperti ini, banyak sekali jenis permainan. Ini berarti jika ada banyak sekali opsi permainan yang bisa digunakan.

Permainan ini bisa memanfaatkan media teknologi, atau bisa memanfaatkan cara yang konvensional.

Cara yang konvensional jelas lebih baik. Secara anak tidak akan bergantung pada alat teknologi yang kadang kurang baik jika digunakan secara terus-menerus.

Minimal, alat teknologi hanya digunakan beberapa waktu saja. Sisanya Anda bisa mengajak anak bermain permainan yang mendidik tanpa alat.

Kembali pada kriteria permainan. Permainan yang bagus untuk dimainkan anak sebaiknya memiliki sejumlah kriteria berikut ini.

  • Bisa merangsang kecerdasan otak
  • Bisa membentuk fisik anak
  • Bisa melatih kemampuan sosialisasi anak
  • Bisa membentuk kepribadian anak

Ketika Anda memilih permainan, kriteria-kriteria di atas tentu harus dipertimbangkan. Hal ini akan berhubungan langsung dengan masa depan anak.

Jangan sampai anak menyendiri, atau hanya asik bermain sendiri. Kemudian sifat sosialnya tidak ada akibat terbiasa sejak kecil.

Manfaat Permainan Anak Yang Mendidik

Anda tentunya tahu kalau anak lebih gemar bermain. Terbukti dengan setiap waktunya akan dihabiskan untuk menyelesaikan sesuatu yang diinginkan dalam sebuah permainan.

Anda tentu tidak bisa menghentikannya secara menyeluruh, kemudian memintanya untuk belajar pelajaran atau semacamnya.

Dunianya anak adalah dunia bermain. Dan di situlah tempatnya anak untuk menemukan berbagai pelajaran berharga.

Dalam sebuah permainan, anak sebenarnya bisa mendapatkan berbagai manfaat. Salah satunya adalah dapat meningkatkan kemampuan anak dalam berbicara/interaksi dengan teman sebayanya.

Manfaat lainnya adalah bisa meningkatkan kemampuan kognitif. Kemudian meningkatkan keaktifannya dalam menerapkan apa yang didapatkan dari sebuah permainan.

Ketika Anda diajari permainan yang mendidik, maka hasilnya adalah anak akan terdidik dengan baik. Sebaliknya akan menjadi kurang baik saat dewasa ketika jenis permainan yang ditawarkan kurang mendidik.

Jenis Permainan Yang Mengasah Kemampuan Anak

Ada banyak sekali game anak yang mendidik di zaman sekarang ini. Dan hampir semuanya sudah pernah dipraktekkan.

Anda sebagai orang tua yang ingin melihat anak bisa lebih cerdas bisa ikut mempraktekkannya pada anak.

Kami akan tunjukkan pada Anda beberapa jenis permainan yang bisa dimainkan anak di rumah berikut ini!

  • Sambung kata

Permainan yang bisa ibu coba di rumah adalah “sambung kata.” Permainan ini dilakukan oleh anak agar bisa menyambung kata yang disebutkan oleh orang tua/guru.

Pertama kali, orang tua bisa menyebutkan kata tunggal. Kemudian anak yang akan menyambungnya.

Hal ini dilakukan secara bertahap membentuk sebuah cerita. Tujuannya adalah agar apa yang dimainkan menjadi sebuah rangkaian cerita yang mudah diingat anak.

Permainan ini nantinya akan bermanfaat untuk menguatkan otak anak. Yakni mempertajam ingatan dan menguatkan daya fikir anak.

Menariknya lagi, kemampuan bahasa anak juga akan semakin tajam. Karena Anda akan secara otomatis mengatakan kata yang ada di benaknya.

  • Menyusun balok

Permainan menyusun balok ini bisa dilakukan secara mandiri ataupun berkelompok. Jadi, anak-anak juga bisa terdidik dalam hal kerjasamanya dengan teman sebayanya.

Menariknya permainan ini, anak lebih antusias. Apalagi jika balok tadi dibuat secara warna-warni.

Dengan penyusunan warna-warni sesuai apa yang diminta guru/ibu, maka anak akan dengan sendirinya belajar tentang warna.

  • Permainan peran

Game anak yang tak kalah bagus untuk mengasah kemampuan anak adalah permainan peran. Tentu anak yang diajak bermain sudah berusia 5 tahun ke atas.

Permainan peran ini sangat banyak. Anda hanya perlu memilihkan satu jenis permainan saja, kemudian meminta anak untuk mempraktekkannya.

Contoh permainan peran ini adalah permainan dokter-dokteran. Atau permainan yang bersifat jual beli.

Di sini, Anda bisa meminta anak untuk menjadi dokter A, kemudian yang lain menjadi pasien.

Dengan permainan peran ini, anak-anak sebenarnya telah belajar tentang sosialisasi dengan orang lain.

Bahkan dengan permainan tersebut, kepribadian anak akan terdidik. Misalnya adalah tumbuhnya rasa suka menolong.

  • Permainan dengan bola

Satu lagi jenis permainan yang bisa Anda coba di rumah adalah permainan dengan bola. Bola yang digunakan tentu yang tidak berbahaya.

Normalnya, anak lebih suka bermain bola, misalnya menendang. Atau bisa juga bermain menangkap bola dengan Anda.

Permainan ini nantinya akan bermanfaat untuk sistem motorik anak. Bahkan sangat baik untuk menunjang kemampuan fisik anak yang cukup aktif di luar ruangan.

Menariknya lagi, anak-anak Anda bisa terjaga sistem kekebalan tubuhnya. Karena memang anak lebih cenderung aktif menggerakkan tubuh ketimbang diam di dalam ruangan saja.

Masih ada banyak sekali permainan anak yang bisa diberikan untuk anak. Tapi yang pasti, perhatikan apa manfaat dari permainan yang Anda berikan untuk anak tersebut.

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan mengenai jenis dari permainan anak yang mendidik. Jadi, sudahkah Anda menentukan jenis permainannya?

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*