Apel sahabat resep makanan bayi 7 bulan

resep makanan bayi 7 bulan www.awalsehat.nestle.co.id

Apel sangat mudah ditemukan, menyehatkan, dan populer di kalangan anak. Wah, untung semua ya ! Ayo mari mulai memasak apel dengan resep makanan bayi 7 bulan satu ini :

Saus Apel

Saus apel banyak digemari anak maupun bayi di mancanegara. Bagaimana tidak ? apel tidak hanya memuaskan rasa manis, idola anak anak, namun juga menyegarkan dahaga karena banyak kandungan air di dalamnya. Bunda dan ayah juga tidak perlu khawatir karena apel mengandung gula alami yang tidak berbahaya bagi si kecil. Apalagi jika sudah berbentuk saus, apel menjadi makin mudah dimakan dan dinikmati dimana saja kapan saja. Anda bisa menambahkan saus apel pada beragam hidangan si kecil atau anda bisa langsung memberikan saus apel secara Cuma Cuma pada si kecil.

Cara membuatnya sangatlah mudah. Anda, tentu saja, membuhkan apel dan air atau bisa anda ganti dengan jus apel tanpa gula buatan. Potong apel menjadi kotak kotak kecil, rileks saja, bentuk potongan apel tidak akan mempengaruhi rasa makanan, berantakan juga tidak apa apa asal ukuran potongan tidak jauh berbeda satu sama lain agar bisa matang bersamaan.

Rebus apel hingga mendidih kemudian turunkan panas kompor. Tutup mulut panci dan tunggu paling tidak 10 menit lebih sedikit, tujuan rebusan ini adalah memastikan apel sudah cukup empuk. Namun harap diingat, hanya karena namanya ‘saus apel’ bukan berarti anda harus merebus sampai benar benar bertekstur seperti saus ! Kalau sampai terjadi, sebenarnya saus apel anda sudah gosong. Malah akan lebih baik jika rebusan apel masih terlihat seperti potongan apel.

Pindahkan potongan apel ke dalam blender lalu hancurkan hingga berbentuk seperti saus atau lembut rata satu sama lain.  Jika anda merasa rasa saus apel masih kurang lezat untuk si kecil, tenang saja, saus apel merupakan bahan yang fleksibel, anda bisa menambahkan kayu manis atau kacang atau bahkan sari vanilla. Hidangkan panas atau dingin bahkan anda bisa membekukan saus apel untuk digunakan nanti. Sebagai pengingat saja, jika anda memilih menaruh saus apel dalam kulkas, tambahkan rempah rempah untuk menjaga rasa.

Pemenang dapat ayam apel

Pernahkah anda mendengar kiasan barat ‘pemenang pemenang mendapat ayam untuk makan malam’ ? nah di resep satu ini malaikat kecil anda akan diperlakukan layak pemenang dengan paduan rasa ayam berbalut manis gurih apel. Untung saja ayam dan apel adalah 2 bahan yang tidak semahal jaman dahulu, sehingga anda pun tidak terlalu berat dalam menyiapkan hidangan satu ini.

Yang anda butuhkan 1 dada ayam (jangan lupa keluarkan tulang dan kulit ayam) sudah dipotong potong kecil, 1 buah apel tanpa kulit (sudah dikuliti) serta dipotong, 1 kentang manis kecil, ½ cangkir zucchini sudah dipotong kecil, 2 cangkir kuah kaldu ayam, dan sejumput kayu manis.

Pertama tama tuangkan kuah kaldu ayam dalam panci, rebus hingga mendidih baru tambahkan potongan ayam. Turunkan panas kompor tempat memasak kaldu ayam sambil diaduk pelan selama sekitar 10 menit. Usai 10 menit tambahkan kentang manis dan potongan ayam, kembali tunggu 10 menit lagi. Kemudian tambahkan potongan zucchini dan terus masak hingga matang, biasanya memakan waktu paling tidak 5 menit. Cara memastikan apakah memang betul sudah matang, cobalah menusuk kentang, jika garpu bisa menembus kentang dengan sangat mudah maka masakan anda sudah matang. Tuangkan dalam mangkuk, aduk terlebih dahulu atau hancurkan di blender jika perlu baru hidangkan pada malaikat pemenang anda dengan taburan sedikit kayu manis diatasnya.

Sup apel dan kentang

Rasa manis apel serta kentang sebagai fondasi ? hmm.. kedengarannya si kecil tidak hanya kenyang tapi bisa jadi ketagihan dengan menu satu ini. Yang anda butuhkan untuk resep makanan bayi 7 bulan berbahan apel dan kentang ini adalah 2 sendok makan tepung serba guna, 2 sendok makan mentega (untuk resep makanan bayi 7 bulan berbahan apel satu ini, pilih berlabel unsaltened), ¾ cangkir kuah kaldu ayam, 2 sendok makan saus apel, ¾ cangkir kentang manis yang sudah usai direbus, dan air susu ibu atau susu formula sebanyak ½ cangkir. Apabila anda ingin menambahkan cita rasa yang lebih ‘nendang’ , sediakan sejumput jahe tumbuk, dan sejumput kayu manis.

Pertama lelehkan mentega dalam panci sambil memasukkan tepung serba guna. Aduk perlahan tapi pasti sampai tepung dan mentega berubah warna jadi ke emas emasan. Jika sudah mencapai tahap ini baru tuangkan kuah kaldu ayam, kembali aduk perlahan lahan sambil menambahkan saus apel, kentang manis, dan jika anda berkenan tambahkan jahe dan kayu manis. Terus aduk hingga bahan bahan mendidih baru turunkan panas kompor sampai tekstur kembali ‘tenang’ (tidak mengeluarkan banyak busa dan gelembung). Pertahankan konsistensi adukan anda selama kira kira 5 menit kedepan.

Apabila dirasa sudah siap, tuangkan campuran ke dalam blender atau food processor, mana saja yang anda sukai, yang penting campuran tadi berubah tekstur menjadi lembut bubur. Terakhir sebagai penutup, tuangkan susu formula atau air susu ibu yang sudah dihangatkan, aduk sebentar dan makanan siap dihidangkan pada malaikat kecil anda.

Bagaimana menarik bukan untuk dicoba ? teruslah berkreasi dengan berbagai macam bahan sampai anda mampu memasak berbagai macam resep makanan 7 bayi bulan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*