Apakah Si Kecil Terlambat Belajar Bicara?

belajar bicara www.facebook.com/ibudanbalita

Belajar bicara sebenarnya sudah dimulai ketika bayi baru lahir. Hanya saja cara berucap bayi belum sempurna. Pada masa itu, bayi akan berkomuniksi dengan cara menangis untuk menyampaikan sesuai seperti lapar, haus, dan rasa tidak nyama. Bisa dikatakan menangis merupakan cara berkomunikasi bayi. Jadi, apakah ada istilah bayi terlambat berbicara?

Dari keterangan tersebut, sebenarnya tidak ada istilah bayi terlambat bicara. Hanya saja masyarakat menganggap berbicara itu mengucapkan kata yang dipahami oleh orang dewasa. Artinya, kata-kata harus diucapkan setidaknya mirip seperti orang dewasa. Jika definisinya seperti ini, maka bisa jadi ada istilah bayi terlambat bicara.

Kemudia pertanyaanya kapan usia normal bayi bisa mulai berbicara seperti orang dewasa atau setidaknya bisa mengucapkan kata yang hampir mirip seperti orang dewasa? Menurut ahli medis, bayi mulai bisa belajar bicara ketika usianya menginjak 10-11 bulan. Pada usia ini, ada satu atau dua patah kata yang terucap dari mulut mungkil sekecil.

Jika sang buah hati ibu belum bisa menirukan beberapa kata masa usia 10 atau 11 bulan, ibu tidak perlu khawatir karena perkembangan bayi itu berbeda. Sama halnya ibu tidak perlu khawatir jika berat badan bayi ibu lebih rendah jika dibandingkan bayi lain. Hal ini tidak hanya dipengaruhi oleh asupan gizi, tapi juga massa tulang setiap bayi. Yang jelas, pada usia 10 atau 11 bulan, ibu harus mulai mengajak si kecil untuk belajar berbicara.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*