Apakah Perlu Memeriksakan Kondisi Kesehatan Si Kecil Setiap Bulan

ibudanbalita https://www.facebook.com/ibudanbalita

Apakah terlalu protektif jika selalu membawa si kecil ke dokter satu bulan sekali? Sebenarnya tidak juga. Karena menjaga kesehatan si kecil itu penting sekali. Dan kemana lagi jika tidak ke dokter jika ingin mengetahui kondisi kesehatan si kecil?

Namun, sebenarna tidak perlu setiap bulan sekali. Mungkin, ibu justru perlu untuk membawa si kecil ke psikolog anak agar dilakukan pemetaan bakat. Dengan demikian, ibu tahu apa bakat yang dimiliki oleh si kecil.

Setelah ibu tahu bakat si keci itu apa, ibu tinggal mengembangkan bakat tersebut dengan memberikan permainan edukatif. Beberapa ide permainan edukatif yang bisa membuat perkembangannya optimal bisa ibu dapatkan di ibudanbalita

Bagaimana dengan pemeriksaan kesehatan si kecil?

Ada beberapa kondisi di mana ibu sebaiknya memeriksaan kesehatan si kecil ke dokter.

  1. Ketika Si Kecil Demam

Saat si kecil demam, ibu bisa memasang kompres. Sekarang sudah ada kompres yang bisa ibu beli di apotek. Kompres tersebut sudah ada perekatnya.

Mengkompres dahi si kecil menjadi pertolongan pertama yang bisa ibu lakukan saat demam. Hanya saja, jika demam mencapai lebih dari 38 derajat celsius, sebaiknya segera bawa si kecil ke dokter.

Tidak hanya itu. Kalaupun demamnya tidak terlalu tinggi tapi sudah terjadi hingga 3 hari, sebaiknya ibu juga tetap membawanya ke dokter. Dikhawatirkan terjadi kejang-kejang. Banyak balita yang mengalami kejang-kejang karena demam dalam kurun waktu yang lama.

  1. Diare

Ada banyak cara untuk mengatasi diare. Jika ibu masih memberinya ASI, maka ibu harus memperbanyak pemberian ASI. Namun, jika sudah tidak memberi ASI, ibu bisa memberikan makanan yang mengandung serat.

Dan jangan lupa juga berikan oralit buatan sendiri di rumah. Mengkonsumsi susu juga akan meredakan diare karena kandungan probiotiknya dibutuhkan untuk mengatasi diare.

Namun, jika diare dialami oleh si kecil hingga 5 kali dan bahkan lebih setiap hari, sesegara mungkin ibu harus membawanya ke dokter agar mendapatkan tindakan langsung.

Pasalnya, jika si kecil diare hingga berkali-kali, hal tersebut bisa membuat si kecil lemas. Dan jika tidak mendapatkan penanganan langsung, maka akan sangat berbahaya bagi kesehatan si kecil secara keseluruhan.

  1. Sulit Makan

Mungkin ibu membutuhkan tips agar anak ibu mau makan. Tips tersebut bisa ibu dapatkan di situs ibu dan balita.

Namun, ibu harus tahu tidak semua tips itu berhasil lho. Jika si kecil tetap susah makan hingga satu minggu lebih, sebaiknya segera ke dokter. Jangan sampai perkembangan fisiknya terganggu hanya karena susah makan.

Sulit makan bisa disebabkan banyak hal. Bisa disebabkan anak bosan dengan menu makanan yang begitu-begitu saja. Atau ada masalah dengan mulut atau giginya. Cari dulu penyebabnya. Jika ibu tidak menemukan penyebabnya, ibu bisa minta bantuan dokter.

Menjadi orang tua memang tidak mudah. Harus siap sedia kapanpun ketika si kecil mengalami masalah kesehatan.

Akan lebih baik jika ibu memperkaya wawasan tentang bagaimana menjaga kesehatan anak atau mengatasi masalah yang mungkin terjadi pada si kecil. Ibu bisa ikut diskusi di forum ibu dan balita.  Di sanalah tempat berkumpulnya ibu-ibu yang sadar akan pentingnya menjaga kesehatan si kecil.

Jika ibu juga merasa penting untuk menjaga kesehatan si kecil, ibu bisa ikut bergabung dan sharing di forum tersebut.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*