Apakah Pemenuhan Nutrisi Saja Cukup Sebagai Persiapan Hamil?

persiapan hamil https://www.facebook.com/FrisoIndonesia/

Sekarang ada beberapa produk seperti susu yang dibuat khusus untuk persiapan kehamilan. Kabarnya produk semacam itu bisa membuat seorang wanita semakin siap untuk mengandung bayi.

Pertanyaanya sekarang adalah apakah yang diperlukan untuk mempersiapkan kehamilan hanya nutrisi saja?

Jawabanna tentu saja tidak. Ada banyak hal yang harus dilakukan sebagai persiapan hamil. Selain nutrisi, setidaknya tiga hal berikut ini yang harus disiapkan.

Mempersiapkan Mental

Banyak sekali wanita hamil yang terpukul secara psikis. Umumnya mereka belum cukup umur atau hamil yang tidak sengaja atau hamil di luar nikah.

Namun, bukan berarti wanita yang sudah sah menikah dan sudah cukup usia tidak terpukul secara psikis. Hal ini juga bisa mereka rasakan.

Karena bagi beberapa wanita, hamil itu sebuah beban, yaitu beban menjaga kesehatan janin dan juga beban karena akan menjadi seorang ibu.

Belum lagi dengan masalah seperti keluhan kesehatan yang sering dialami oleh ibu hamil. Banyak wanita hamil yang terlalu takut ketika mendengar banyak wanita hamil yang harus bedrest, mengalami mual dan muntah setiap hari, dan lain sebagainya.

Padahal, jika mereka melakukan persiapkan kehamilan secara matang, hal tersebut tidak akan mengganggu pikiran mereka.

Itulah mengapa wanita yang merencanakan kehamilan disarankan untuk rileks. Mereka harus membuang-buang jauh negative thinking terkait dengan kehamilan.

Mempersiapkan Biaya

Selain mental, persiapan lain terkait dengan kehamilan juga berupa persiapan finansial atau biaya.

Tidak hanya saat bayi lahir yang membutuhkan banyak dana, tapi saat hamil pun banyak dana yang harus disiapkan. Contohnya saja dana untuk melakukan pemeriksaan setiap bulan, uang untuk membeli susu, membeli pakaian hamil, dan lain sebagainya.

Dan tentu saja makanan yang ibu konsumsi harus diseleksi dengan baik. Lupakan pola makan yang tidak baik. Pastikan ibu mengkonsumsi makanan yang sehat. Tentu saja hal tersebut membutuhkan persiapan biaya yang banyak, bukan?

Oleh karena itu, sebelum mengikuti program kehamilan, akan lebih baik jika ibu dan suami menabung terlebih dahulu. Dengan demikian, saat hamil, ibu memiliki uang untuk membeli segala sesuatu yang ibu butuhkan.

Mempersiapkan Kondisi Badan

Ini yang berkaitan erat dengan nutrisi. Ada satu catatan yang harus ibu ketahui. Beberapa wanita tidak bisa hamil atau hamil namun akhirnya mengalami keguguran hanya dikarenakan kondisi badannya tidak begitu fit.

Tentu saja hal tersebut bisa disebabkan oleh banyak faktor mulai dari pola hidup yang kurang sehat, kurang memperhatikan asupan nutrisi, dan lain sebagainya.

Yang pasti, kondisi tubuh wanita yang bagus akan membuat kehamilan lebih mudah. Dan masa kehamilan juga akan lancar.

Tiga persiapan sebelum hamil tersebut di atas harus benar-benar disiapkan. Karena kehamilan tidak hanya seputar menjaga kesehatan janin.

Banyak hal yang berpengaruh. Dengan tingginya angka keguguran saat ini, sebaiknya siapapun yang ingin merencanakan kehamilan harus melakukan persiapan yang matang.

Komunikasi dengan suami juga tak kalah penting lho. Karena dengan berkomunikasi dengan suami, sama ibu akan merasa nyaman tanpa beban. Karena justru jika ibu merasa beban dan stress ketika menjalani persipakan proses kehamilan, justru apa yang ibu inginkan akan sulit terwujud.

Oleh sebab itu, persiapan harus dilakukan mulai dari fisik serta mental. Finansial juga harus disiapkan agar selama masa kehamilan ibu bisa mencukupi segala hal yang ibu butuhkan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*