Apakah Ibu Termasuk yang Diperbolehkan Melakukan Yoga?

Friso www.friso.co.id
Friso

www.friso.co.id

Tidak semua ibu hamil boleh melakukan yoga lho? Apakah ibu termasuk yang diperbolehkan? Memang yoga dianggap sebagai kegiatan yang sangat baik untuk dilakukan pada masa kehamilan.

Khusus untuk ibu hamil yang hanya tinggal menghitung hari akan melakukan proses persalinan, kabarnya yoga akan membuat tubuh semakin siap untuk melakukan persalinan secara normal.

Sayangnya, tidak semua ibu hamil diperbolehkan.

Berikut ini beberapa ibu hamil yang tidak disarankan untuk melakukan yoga.

1. Kehamilan Muda

Meskipun bagus untuk menjaga stamina selama masa kehamilan, ibu hamil muda tidak disarankan untuk melakukan yoga.

Memang hal ini tidak mutlak. Para ahli kesehatan ibu hamil tidak menyarankan agar ibu hamil muda melakukan yoga lantaran kebanyakan janin masih dalam kondisi yang belum begitu kuat. Hanya saja, ada juga ibu hamil di mana kondisi janin yang sudah kuat sehingga tidak masalah jika ibu hamil tersebut melakukan gerakan-gerakan yoga.

Meskipun demikian, sebaiknya ibu tidak mengambil resiko. Tunggu saja hingga masa kehamilan sudah mencapai trimester kedua baru kemudian ibu bisa melakukan yoga.

2. Ada Gangguan Kesehatan

Pernah dengar seorang ibu hamil yang harus bedrest? Bedrest dianjurkan karena memang gerakan sekecil apapun yang dilakukan oleh ibu hamil bisa berbahaya entah itu bagi ibu atau janin di dalam kandungan.

Itulah mengapa akan lebih baik jika ibu melakukan konsultasi dengan dokter kandungan terlebih dahulu. Tujuannya agar ibu tahu apakah kondisi ibu dan janin baik sehingga memungkinan ibu bisa melakukan yoga.

3. Riwayat Keguguran

Dokter kandungan biasanya tidak menyarankan ibu hamil melakukan yoga jika ada riwayat keguguran sebelumnya. Apalagi jika ternyata keguguran tersebut disebabkan oleh kondisi rahim yang tidak lemah. Jika keadaan ini juga terjadi pada ibu, sebaiknya ibu tidak perlu mengikuti program senam ibu hamil.

Toh sebenarnya ada kegiatan lain yang tak kalah penting selain yoga. Jalan santai setiap hari pun sebenarnya sudah cukup untuk menjaga stamina.

Hanya saja, yoga memang memberikan lebih banyak manfaat. Selain menjaga kebugaran, yoga juga sangat baik untuk menguatkan otot dasar panggul. Bagian inilah yang harus dilatih agar ibu semakin siap untuk bisa melahirkan secara normal.

Dan satu lagi manfaat yoga bagi ibu hamil, yaitu untuk membuat ibu rileks. Jadi, beruntung sekali jika kondisi ibu sangat baik sehingga bisa menjalankan yoga. Ibu bisa pelajari beberapa gerakan yoga khusus untuk ibu hamil di www.friso.co.id.

Yoga bisa dilakukan setiap hari. Bahkan, gerakan-gerakan sederhana sangat dianjurkan untuk dilakukan setiap pagi sebelum ibu melakukan aktivitas.

Akan tetapi, jika ibu belum pernah melakukan yoga sebelumnya, sebaiknya ibu ikut yoga bersama yang dilatih atau diawasi oleh instruktur yoga professional. Karena memang ada gerakan yoga yang berbahaya jika ibu belum pernah melakukan atau tidak terbiasa dengan yoga.

Meskipun ibu sudah melakukan yoga, bukan berarti kesehatan ibu dan janin di dalam kandungan pasti baik. Ibu juga perlu memenuhi semua nutrisi yang dibutuhkan. Ada hal yang sedikit berbeda tentang nutrisi untuk ibu hamil muda, trimester kedua, dan ketiga. Oleh sebab itu, website Friso sudah memberikan semua informasi yang penting mengenai nutrisi apa saja yang dibutuhkan oleh ibu hamil sesuai dengan usia kandungan.

Jadi, jika ibu ingin menjaga kesehatan selama masa kehamilan, lakukan apa saja yang dianjurkan oleh dokter. Dapatkan informasi selengkapnya tentang menjaga kesehatan ibu hamil di website Friso.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*