Apakah Bayi Bisa Mengalami Sinusitis?

Ibu dan balita www.ibudanbalita.com

Ternyata, sinusitis juga bisa menyerang bayi lho. Dan ini yang harus ibu waspadai. Apalagi si kecil belum bisa berbicara. Maka ia tidak bisa mengatakan apa yang ia rasakan. Ia hanya bisa menangis saja.

Sementara itu, ibu yang seharusnya lebih aktif untuk mengatahui apa yang terjadi pada si kecil. Berikut ini beberapa tanda-tanda bayi terkena sinusitis.

Gejala Sinusitis Pada Bayi

Tidak sulit untuk mengetahui apakah si kecil mengalami sinusitis atau tidak. Sekilas sinusitis itu seperti pilek biasa. Namun, jika terjadi gejala seperti berikut, maka si kecil tidak mengalami pilek yang biasa, tapi sinusitis.

1. Pilek Berlarut-Larut

Pilek yang dialami oleh si kecil itu disebabkan oleh virus dan ketahanan tubuh yang rendah. Penyakit ini akan segera sembuh dalam kurun waktu 3-4 hari. Namun, jika pilek atau hidung tersumbang hingga lebih dari 10 hari, ini merupakan tanda gejala sinusitis.

2. Cairan Keluar dari Hidung

Biasanya, jika anak pilek, pasti ada cairan kental yang keluar dari hidung. Namun, ibu harus waspada jika warna cairan tersebut kuning kehijau-hijauan. Apalagi jika cairan tersebut sangat kental. Besar kemungkinan si kecil mengalami sinusitis.

3. Suhu Badan Tinggi

Sebenarnya sinusitis itu infeksi yang disebabkan oleh pilek yang terlalu parah. Dan secara umum, jika anak terkena pilek, maka suhu badannya cenderung naik.

Ibu perlu waspada jika suhu badannya mencapai di atas 38 derajat celcius. Dan apabila hal tersebut terjadi dalam kurun waktu yang lama, maka bisa saja si kecil mengalami sinusitis yang cukup parah.

Setidaknya tiga gejala tersebut yang sering muncul jika si kecil mengalami sinusitis walaupun tidak menutup kemungkinan ada gejala lainnya seperti yang dijelaskan di www.ibudanbalita.com.

Tindakan Tepat Diperlukan

Ibu tidak boleh menganggap sepele hal ini. Tindakan berikut ini sangat diperlukan untuk ibu lakukan untuk meredakan sinusitis.

  • Kompres dengan Air Hangat

Siapkan saja handuk kecil yang sudah dibasahi dengan air hangat. Lalu tempelkan handuk tersebut pada bagian hidung

  • Berikan ASI

Jika si kecil masih mengkonsumsi ASI, maka ibu berikan ASI lebih banyak dari biasanya. Karena pada dasarnya sistem kekebalan tubuhnya harus diperkuat sehingga virus penyebab penyakit ini bisa segera dilumpuhkan.

Jika si kecil sudah tidak mengkonsumsi ASI, ibu bisa berikan menu makanan yang bisa meningkatkan kekelaban tubuh. Jangan lupa berikan susu Frisian Flag yang kandungan nutrisinya lengkap dan seimbang.

  • Bawa ke Dokter

Jike keadaan tidak membaik, ibu perlu membawanya ke dokter. Atau ibu bisa bisa kunjungi website ibu dan balita terlebih dahulu untuk melakukan konsultasi dengan dokter anak agar ibu tahu apakah si kecil memang mengalami sinusitis atau pilek biasa.

Semakin ibu tahu tentang masalah kesehatan yang bisa menyerang si kecil maka ibu akan semakin waspada dan bisa melakukan antisipasi. Oleh sebeb itu, akan lebih baik jika ibu lebih banyak membaca tentang bagaimana menjaga kesehatan anak.

Ibu juga bisa bergabung dengan forum ibu dan balita sehingga ibu bisa mendapatkan informasi dari sesama orang tua yang memiliki bayi atau balita.

Orang tua manapun pasti ingin menjaga kesehatan sang buah hati. Dan hal tersebut hanya bisa dilakukan jika ibu tahu gejala kesehatan anak memburuk dan bagaimana cara penanganan yang tepat. Ibu bisa daftarkan diri menjadi member di komunitas para ibu sehingga ibu bisa mendapatkan update informasi terbaru tentang tips menjaga kesehatan anak.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*