Apa Saja Yang Menjadi Penyebab Diare Pada Anak?

penyebab bayi sembelit mybaby.co.id

Ibu mungkin selama ini menganggap diare pada anak disebabkan oleh makanan yang kurang higienis. Namun, ternyata ada banyak faktor lainnya lagi yang menyebabkan anak mengalami diare lho.

Kebanyakan anak diare memang disebabkan makanan yang kurang higienis yang mereka konsumsi. Ini bisa dilihat bagaimana anak tiba-tiba diare setelah mengkonsumsi makanan tertentu. Maka dari itu, dokter anak selalu bertanya makanan apa yang dikonsumsi sebelum diare. Tidak lagi hal tersebut disebabkan ada kaitan antara makanan dengan diare.

Lalu, timbul pertanyaan mengapa makanan tidak higienis menyebabkan diare? Pertanyaan inilah yang menghantar ibu untuk mengetahui fakta lebih banyak lagi mengenai penyebab anak diare.

Mengapa Makanan Kurang Higienis Menyebabkan Diare

Makanan yang kurang higienis bisa ditemukan di mana saja. Contoh sederhananya saja makanan atau jajanan yang dijual di pinggir jalan. Bagaimana makanan tersebut bisa higienis jika makanan tersebut terkena asap kendaraan? Belum lagi jika debu yang menempel pada makanan tersebut. Hal ini yang menjadi alasan utama mengapa sebaiknya ibu melarang anak ibu untuk mengkonsumsi jajanan yang dijual di pinggir jalan.

Jika masalahnya adalah makanan yang kurang higienis karena terkena kotoran, maka bukan makanan yang dijual di pinggir jalan saja yang menyebabkan diare pada anak. Makanan yang dimasak atau disajikan dengan menggunakan alat yang tidak bersih juga bisa menyebabkan penyakit yang sama.

Jadi, ibu tidak bisa langsung mengklaim jika anak balita diare, maka itu disebabkan jajan sembarang. Bisa juga hal tersebut dikarenakan ibu kurang bersih dalam mencuci peralatan masak atau alat makan dan minum yang digunakan oleh si kecil.

Terlepas dari hal tersebut, apa yang menyebabkan makanan kurang higienis menyebabkan diare? Ternyata bukan kotoran atau debu yang menjadi penyebab utama. Menurut ahli medis, bakteri atau virus lah yang menyebabkan hal tersebut. Entah itu bakteri atau virus masuk ke dalam sistem pencernaan melalui makanan yang dikonsumsi oleh si kecil. Kemudian, terjadilah infeksi yang akhirnya menyebabkan anak mengalami diare.

Infeksi ini tidak hanya menyebabkan diare lho. Seperti yang ibu ketahui, anak diare itu sering dibarengi dengan masalah kesehatan lainnya seperti mual, muntah, demam, dan pusing. Ujung-ujungnya, anak akan mengalami diare ketika bakteri atau virus benar-benar telah menginfeksi.

Mungkin ada pertanyaan lain yang muncul di kepala ibu. Apakah hanya dari makanan saja bakteri atau virus bisa ke dalam tubuh anak? Nah, inilah yang menjadi penyebab anak diare selanjutnya.

Penyebab Diare Pada Anak Balita Selain Makanan

Setelah ibu mengetahui penjelasan mengenai penyebab utama diare, maka ibu akan lebih tahu lagi apa saja yang membuat anak diare. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, anak mengalami diare disebabkan adanya bakteri atau virus yang menginfeksi bagian pencernaan anak. Dan bakteri atau virus tersebut kemungkinan besar masuk melalui makanan kurang higienis yang ia konsumsi.

Di lain sisi, bakteri atau virus bisa juga masuk melalui cara lain. Contohnya saja melalui mainan. Sering kali anak balita yang masih memasukkan mainannya ke dalam mulut. Padahal, mainan tersebut bisa saja sudah terkena debu dan kotoran kecil yang tak terlihat.

Selain itu, bakteri atau virus juga bisa masuk ke dalam tubuh melalui susu. Ini yang tidak banyak mendapatkan perhatian dari para orang tua. Dalam hal ini, ibu harus berhati-hati memberikan susu. Mungkin ibu sudah memilihkan susu balita terbaik untuk sang buah hati. Akan tetapi, apakah ibu yakin susu tersebut higienis? Pasalnya, ada susu yang terkontaminasi dengan bakteri.

Masih ingat kasus keracunan susu balita? Kasus semacam ini memang sudah tidak banyak terjadi lantaran regulasi yang ketat. Pemerintah melakukan pemeriksaan yang super ketat agar semua produk susu balita yang masuk ke dalam negeri benar-benar bersih dan higienis. Artinya, tidak ada bakteri yang masuk ke dalam susu tersebut.

Namun, mengapa kasus balita diare karena keracunan susu masih ada? Ini bukan disebabkan proses pembuatan susu yang kurang bersih. Biasanya, hal tersebut dikarenakan orang tua yang tidak bisa menjaga kehigienisan susu. Mereka asal-asalan dalam menyimpan susu. Padahal, sudah ada aturannya seperti menyimpan susu di tempat yang tidak terpapar sinar matahari atau di tempat yang lembab. Selain itu, susu juga sebaiknya ditaruh di dalam wadah yang tertutup agar tidak terkontaminasi bakteri.

Jadi, tidak hanya makanan saja kan yang menyebabkan diare? Ada penyebab lainnya seperti mainan dan juga susu. Yang pasti, diare yang dialami oleh balita disebabkan oleh bakteri atau virus yang menginfeksi sistem pencernaannya. Dan inilah yang harus diantisipasi.

Apakah memastikan semuanya bersih dan higienis sudah cukup? Ternyata belum cukup. Sistem kekebalan tubuh yang kuat menjadi hal yang sangat penting untuk mengatasi berbagai penyakit, tak terkecuali diare. Hal inilah yang seharusnya menjadi fokus utama. Jangankan diare, penyakit berbahaya lainnya juga bisa dicegah jika balita memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat.

Hal itulah yang membuat ibu harus selalu memperhatikan apa yang dikonsumsi oleh si kecil. Selain bersih, makanan yang ibu berikan harus bergizi tinggi. Pilihkan susu balita yang terbaik yang kandungan nutrisinya paling lengkap untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan demikian, si kecil tidak akan mudah diserang oleh bakteri atau virus, terutama yang menyebabkan diare pada anak.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*