Apa Saja Aktivitas Bikin Senang Bayi 7 Bulan? Cek disini!

aktivitas bayi 7 bulan www.ibudanbalita.com

Bayi 7 bulan merupakan tahap perkembangan yang bisa terbilang melegakan sekaligus bikin bingung. Orang tua pada tahap ini mungkin mulai terbiasa mendengar tangisan bayi dan merespon di tengah malam, atau shift (jam kerja) mengganti popok bayi sudah otomatis berjalan tanpa perlu kompromi lagi, walau bayi sudah tidak membutuhkan hal tersebut. Ya, aktivitas bayi 7 bulan tentu berbeda dengan bayi yang lebih muda.

Rutinitas bukan hal aneh lagi bagi orang dewasa. Kalau ditimbang, rata – rata manusia menghabiskan sebagian besar hidupnya untuk menjalankan aktivitas rutin, dan sisanya baru tersedia untuk hal – hal bersifat spontan. Jangan salah, bayi sudah jauh berkembang, dimana kegiatan si kecil harus lebih bervariasi dibanding sekedar bangun tidur, nangis, minum susu, dan buang feses.

Orang dewasa mau tidak mau bangkit dari ranjang karena memang butuh mencari uang guna memenuhi kebutuhan. Berbeda dengan bayi polos tak berdosa yang bebas dari kewajiban untuk bertahan hidup, tak punya kegiatan pasti baginya. Membiarkan bayi bosan terang saja tidak bijak, apalagi bayi memiliki segudang kemampuan yang butuh dikembangkan. Lembaga pendidikan jarang sekali menerima bayi dibawah 1 tahun, karenanya susunan kegiatan sangat bergantung pada orang tua.

Dulu, sebelum menginjak usia 7 bulan, bayi tidak mampu melihat dan mendengar dengan jelas. Hidup bayi bagaikan perangkap kotak kosong, tak satupun hal memberi pencerahan. Hanya uluran tangan orang tua dan sentuhan hangat di tubuh si kecil mampu menenangkan rasa gundah dan galau dalam hatinya. Kini, bayi bisa mendengar, serta melihat beragam objek dengan fokus yang lebih jelas. Ibarat kamera jadul yang mengandalkan cahaya dengan video kamera canggih teknologi 2017.

Mainan sudah pasti sahabat si kecil dalam meluangkan waktu. Sebagai orang tua, jangan sembarangan memilih jenis mainan. Sama hal dengan pendidikan, jenis mainan yang tepat akan berdampak besar bagi perkembangannya kelak. Mainan yang jelek hanya akan merusak moral dan martabat seorang bayi bahkan kala dirinya beranjak dewasa.

Salah satu jenis mainan yang cukup mendidik sekaligus tanpa pemanfaatan teknologi adalah balok. Ya, mainan yang umumnya terbuat dari kayu, di cat warna warni, dan terdiri dari berbagai macam bentuk ini cukup populer sejak tahun seribu enam ratus Sembilan puluh tiga. Filosofis, John Locke menciptakan mainan balok guna mengajari anak – anak bentuk maupun alfabet sambil bermain. Sebagai manusia yang akhirnya mampu melihat dan mendengar, balok bisa jadi pilihan paling tepat.

Bicara mengenai pendengaran, bayi akan senang dengan beragam bunyi – bunyian. Hal ini menjelaskan kenapa bayi di usia 7 bulan cenderung memukulkan atau melempar balok supaya menghasilkan bunyi. Alasannya gampang saja, bayi merasa tenang atau bahagia. Kadangkala orang tua sampai geleng – geleng kepala karena mainan rusak kebanyakan dibanting. Solusi efektif tentu saja membelikan mainan musik untuk bayi seperti gamelan dan gitar mini.

Emosi bayi sekarang lebih maju. Bayi mulai mampu berinteraksi dengan manusia maupun mahluk hidup lainnya. Beberapa kasus menunjukkan, rumah yang memelihara hewan seperti anjing dan kucing cenderung punya hubungan erat dengan buah hati. Berbeda dengan jenis peliharaan umum lain, anjing dan kucing memiliki bulu lembut dan intelektual tinggi, kondisi inilah yang menyebabkan bayi merasa dua hewan tersebut asyik dijadikan teman.

Daya tahan tubuh bayi berbeda – beda. Ada bayi yang didekati hewan peliharaan tertawa senang tanpa masalah, ada pula yang malah menangis lalu berakhir di ruang dokter. Kendala terbesar dalam bersahabat dengan hewan adalah kemampuan tubuh merespon senyawa dan bakteri pada hewan. Alergi hewan peliharaan sudah bukan berita baru lagi, menjadikan bayi kehilangan media interaksi dengan mahluk hidup selain manusia.

Perusahaan mainan melihat kesempatan dibalik marabahaya interaksi bayi dan hewan. Begitu banyak boneka empuk nan lucu dibentuk sedemikian rupa agar menyerupai anjing, kucing, sampai dengan hewan buas seperti singa dan beruang. Tak jarang, boneka – boneka tersebut dilengkapi suara supaya makin mendekati pengalaman nyata. Bayi akan sangat bahagia menghabiskan waktu seharian hanya memeluk, atau mengajak bicara imitasi hewan – hewan tersebut.

Bermain dengan mainan bukan satu – satunya aktivitas bayi. Sama hal dengan orang dewasa, bayi butuh olah tubuh supaya terhindar dari penyakit. Tenang saja, orang tua bukan disarankan membawa bayi ke pusat kebugaran dan mulai angkat beban melainkan memancing bayi agar senantiasa menggerakkan tubuh.

Otot dan level koordinasi bayi terbilang cukup baik saat ini. Mengajak bayi senam, berdiri dan berlari meski dengan ditatih orang tua sudah lebih dari cukup. Luangkan waktu di pagi hari membawa bayi ke kebun atau tempat manapun dengan sinar matahari dan udara yang cukup. Selain menambah asupan vitamin D, tulang dan otot bayi sekalian dilatih, serta hubungan orang tua dan buah hati semakin erat.

Karena bayi sudah mampu menggerakkan tubuh, dengan koordinasi organ dalam yang cukup baik, kini saatnya membawa bayi berjalan – jalan. Sifat dasar manusia berupa rasa penasaran juga mulai mengidap bayi. Alih – alih hanya menyediakan gambar dari televisi, lebih baik jika membawa bayi langsung ke tempat.

Kebun binatang, akuarium, merupakan dua tempat favorit semua bayi. Ketersediaan hal – hal menarik di dalamnya tidak hanya memuaskan otak namun juga hati. Pastikan orang tua menyediakan waktu berjalan dengan bayi 7 bulan tercinta.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*