Anjuran Dan Larangan Makanan Pemicu Pusing Saat Hamil Muda

pusing saat hamil muda Image Source: MomJunction

Kehamilan muda memang membawa kebahagiaan tidak terkira. Menunggu hari bersalin tiba dengan segala bayangan indah bila momongan telah tiba di bumi tentu membuat hati anda dan pasangan berbunga. Sejak jaman dahulu kala, segala sesuatu menyenangkan pasti harus melalui hal kurang mengenakkan. Dalam kasus kehamilan, rasa pusing saat hamil muda adalah tantangannya. Sebenarnya bisa diatasi dengan menjaga pola makanan anda, cukup mudah, dekati bahan makanan yang meringankan sakit kepala dan jauhi yang memberatkan.

  1. Kentang
    Anjuran makanan pusing saat hamil muda jatuh pada kentang. Bahan ajaib tapi diremehkan ini sangat penting dalam dunia kuliner. Kentang telah menjadi bintang utama atau bahkan fondasi dari berbagai macam hidangan. Tekstur kentang yang bisa berubah – rubah dengan rasa yang netral tapi khas membuat permintaan sayuran kentang cukup tinggi, terlebih karena kentang cukup mudah ditanam serta memiliki kemampuan adaptapsi. Seperti yang mungkin anda sudah tahu, menurut pandangan ahli medis, kekayaan atau kelebihan kentang ada pada kandungan potassium. Senyawa satu ini, biasa digunakan untuk melawan rasa sakit di kepala. Hanya saja, kebanyakan orang memasak kentang demi maksimalisasi rasa tanpa mempedulikan faktor kesehatan, kentang goreng sebagai contohnya, rasanya memang gurih nan asin, tapi beribu sayang, gizi kentang larut bersama minyak. Cobalah alternatif menghidangkan kentang yang lain seperti kentang panggang demi menjaga potassium tetap dalam kondisi baik. Potassium sangat berguna untuk meringankan sakit kepala masa kehamilan.

  2. Keju fermentasi
    Kelezatan keju fermentasi macam mozzarella tidak patut dipertanyakan lagi. Tekstur lengket seperti lem, namun manis dan mudah dikunyah membuat banyak pecinta kuliner tergila – gila. Tidak hanya mozzarella, keju fermentasi seperti cheddar pun tak kalah digemari. Mulai dari tingkat kesulitan masakan tinggi sampai dengan yang mudah seperti keju panggang, cheddar sering ‘nangkring’ dalam dinginya kulkas rumah. Tapi, jika tujuan anda memang meringankan sakit kepala pada saat mengandung, keju fermentasi bukan sahabat terbaik anda. Malahan, keju fermentasi hanya membuat derita anda makin menjadi. Biang kerok ada pada zat tyramine, suatu zat yang lahir dari runtuhnya protein akibat fermentasi. Tidak hanya cheddar, mozzarella, tapi keju Brie, Stilton, Swiss, Parmesan, feta, dan blue termasuk deretan keju fermentasi yang cukup banyak beredar di pasaran.

  3. Yoghurt
    Olahan susu satu ini sangat terkenal di kalangan perempuan atau laki laki yang sedang berusaha menurunkan berat badan. Betapa tidak? Pihak pemasar produk Yoghurt banyak menyuarakan yoghurt sebagai alternatif pelindung pencernaan dan peningkatan siklus metabolisme. Otomatis, orang orang berkeinginan diet (menurunkan badan) berusaha memakan yoghurt dengan segala cara menghidangkan. Usut punya usut, ada satu manfaat yoghurt yang jarang sekali ditonjolkan karena kalah dengan ‘ibu’ atau leluhur yoghurt itu sendiri, yakni susu. Yoghurt sebenarnya tidak berbeda dengan ‘empu’-nya, kandungan kalsium yoghurt cukup tinggi. Anda mungkin sudah tahu bahwa kalsium sangat baik untuk tulang, namun kalsium yoghurt memiliki fungsi sedikit berbeda. Alih alih memperkuat tulang, kalsium dalam yoghurt malah membantu kinerja otak agar lebih fokus. Dengan pikiran yang lebih jernih, otomatis otak bisa menenangkan kekacauan yang terjadi di dalamnya. Perlu diingat, hanya karena anda boleh makan yoghurt, jangan menurunkan tingkat waspada anda dengan mengkonsumsi yoghurt yang mengandung terlalu banyak gula. Pilih Yoghurt dengan kadar gula rendah, coba gabungkan dengan Almond, atau buah buahan agar memperkaya rasa tanpa meningkatkan resiko.

  4. Kecap asin
    Anda penggemar sushi? Atau sashimi? Wah, pasti tidak asing dengan kecap asin, dong. Ya, kuliner asal negeri sakura ini memang memanfaatkan keasaman sushi guna meningkatkan kenikmatan hidangan. Tidak heran, kecap asin sering tersedia dalam botol besar di atas meja para tamu, mungkin kecap asin menjadi hal pertama yang anda cari sebelum duduk di meja restoran. Sushi atau sashimi tanpa kecap asin? Hmm.. seperti mobil polisi tanpa sirene rasanya. Pernahkah anda berpikir dari mana asal cita rasa kecap asin? Jawabannya ada pada Monosodium glutamate. Cukup mengecewakan memang, bila anda tahu monosodium glutamate masuk dalam larangan makanan pusing saat hamil muda? Zat adiktif dalam kecap asin tidak hanya memancing pusing namun bisa sampai ke tingkat migraine. Tidak hanya itu saja, pada banyak kasus perempuan hamil mendapati dada terasa sangat sesak dan panas, disertai muntah – muntah serta rasa tak nyaman di belakang kepala akibat terlalu banyak mengkonsumsi kecap asin. Lain kali anda ngidam masakan jepang, mungkin anda ingin memberikan kelebihan porsi kecap asin kepada meja sebelah atau teman makan anda.

  5. Semangka
    Negara tropis dengan matahari bersinar terik membuat semangka menjadi buah yang cukup digemari. Baik dimakan dingin ataupun tidak, kandungan air dalam semangka bisa memuaskan dahaga. Beberapa perempuan bahkan memanfaatkan semangka sebagai alternatif pelembab muka alami. Sama hal dengan kentang, semangka sangat mudah ditemukan di tanah air Indonesia, mulai dari import sampai lokal, dengan jejeran harga yang ditawarkan. Anda cukup memilih mana semangka yang sesuai selera anda. Sejatinya, kelebihan semangka tidak hanya berhenti disitu. Sediakan semangka selama masa kehamilan, bahkan bila anda mau dan supaya tidak cepat bosan, mulailah mencari cara penghidangan semangka, kenapa? Banyak ahli percaya bahwa rasa pusing saat hamil muda berbanding lurus dengan dehidrasi, suatu bentuk protes oleh tubuh.

Kalau Anda sudah bosan dengan buah potong, Anda bisa mencoba variasi resep jus untuk ibu hamil. Selain makanan yang sehat, Anda juga bisa perlu berolahraga untuk tetap bugar.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*