Angka Normal Kenaikan Berat Badan Ibu Hamil

kenaikan berat badan ibu hamil www.ibudanbalita.com

Setiap ibu hamil pasti mengalami kenaikan berat badan. Akan tetapi, tentu saja ada angka normal berapa kenaikan berat badan ibu hamil. Apakah ibu memiliki berat badan normal selama masa kehamilan?

Hal ini menjadi sangat penting mengingat tidak jarang ibu hamil yang mengalami kenaikan berat badan yang sangat signifikan. Bahkan, menurut penelitian, terjadi beberapa kasus di mana banyak ibu hamil yang mengalami obesitas saat hamil. Hal ini biasanya terkait dengan masalah diabetes gestasional yang dialami selama masa kehamilan. Itulah sebabnya, ibu kunjungi situs ibu dan balita untuk mengetahui lebih jauh apa yang menjadi penyebab seorang ibu hamil terkena diabetes gestasional sehingga kenaikan berat badan ibu hamil di atas angka normal.

Ada juga yang sebaliknya. Karena tidak memenuhi kebutuhan gizi harian, ada seorang ibu hamil yang berat badannya di bawah angka normal. Lalu, berapa angka normal kenaikan berat badan wanita hamil?

Batas Bawah dan Batas Atas

Tentu saja semakin tua masa kehamilan maka berat badan ibu semakin naik. Hal ini terkait juga dengan kenaikan berat badan anak yang ada di dalam kandung.

Akan tetapi, para ahli kesehatan ibu hamil sudah menetapkan berapa angka normal kenaikan berat badan seorang ibu hamil. Berat badan ibu hamil dianggap sangat rendah jika IMT atau indeks masa tubuh di bawah 18 kg. Sementara itu, ibu harus waspada barangkali ibu mengalami diabetes jika IMT di atas 30 kg. Untuk lebih jelasnya tentang IMT ini, ibu bisa cari tahu seputar berat badan ideal.

Yang pasti, ibu harus rajin melakukan konsultasi dengan dokter kandungan. Setidaknya, ibu datang ke tempat praktek dokter kandungan atau ke klinik ibu hamil satu kali dalam satu bulan. Dengan demikian, ibu bisa mendapatkan informasi mengenai perkembangan janin, kesehatan ibu, dan juga tentang berat badan ibu selama kehamilan.

Cara Mengontrol Berat Badan Saat Hamil

Mungkin ibu mengira hanya dengan menjaga menu makanan setiap hari ibu sudah bisa mengontrol berat badat saat hamil. Pada kenyataannya tidak cukup. Memang menu makanan sangat berpengaruh terhadap kenaikan berat badan saat hamil. Hanya saja, ada satu hal lain yang tak kalah penting berpengaruh, yaitu kesehatan gigi.

Banyak yang tidak sadar jika badan kurus bisa juga disebabkan oleh gigi yang tidak sehat. Kerusakan pada gigi membuat menu makanan apapun yang dikonsumsi tidak bisa dicerna dan diserap dengan baik oleh tubuh. Apalagi jika gigi rusak tersebut disebabkan oleh bakteri. Tentu akan semakin berbahaya jika bakteri tersebut masuk ke dalam tubuh bersamaan dengan makanan yang dikonsumsi.

Bukan tidak mungkin selama masa kehamilan, justru ibu terlihat kurus. Atau IMT ibu di bawah normal. Jadi, selain memastikan makanan yang ibu konsumsi sehat dan bergizi tinggi, ibu juga harus pastikan gigi ibu selalu terjaga.

Menjaga kesehatan ibu hamil memang tidak mudah. Hal kecil saja bisa berakibat fatal terhadap ibu dan bahkan janin di dalam kandungan. Oleh sebab itu, akan lebih baik jika ibu selalu berkonsultasi dengan dokter kandungan atau bidan yang mengerti betul tentang kesehatan ibu hamil.

Yang terpenting adalah menjaga kesehatan janin. Ibu harus pastikan janin di dalam kandungan berkembang dengan baik. Sayangnya, hal tersebut hanya bisa terjadi jika kondisi kesehatan ibu juga baik. Dan kesehatan ibu sangat terkait dengan kenaikan berat badan saat hamil.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*