Angka Kematian Ibu dan Bayi Meningkat. Penyebabnya Sepele

ibudanbalita https://www.facebook.com/ibudanbalita/

Fakta cukup mencengangkan. Ternyata, angka kematian ibu dan bayi meningkat tidak hanya di daerah terpencil. Ditemukan bawasannya angka tersebut cenderung meningkat di daerah perkotaan.

Apa yang bisa disimpulkan dari fakta tersebut?

Ternyata, bukan orang yang berpendidian yang tinggal di daerah perkotaan saja yang mengalami masalah tersebut. Angka tersebut akan semakin meningkat jika tidak dilakukan antisipasi.

Siapa yang Berkewajiban?

Sudah tidak saatnya masyarakat menyalahkan terus pemerintah. Karena selama ini pemerintah selalu mencoba memberikan pelayanan kesehatan terbaik terutama untuk mengatasi masalah meningkatnya jumlah kematian ibu dan bayi.

Lihat saja semakin banyak pusat layanan kesehatan. Tidak hanya berupa rumah sakit, tapi juga puskesmas dan klinik pembantu puskesmas yang ada di setiap desa.

Belum lagi dengan penambahan tenaga medis terutama bidan yang setiap tahun semakin meningkat.

Kurang apa lagi peran pemerintah untuk menurunkan angka kematian ibu dan balita?

Masalah ini merupakan kewajiban yang harus dilakukan secara bersama-sama. Sebagai seorang ibu hamil, ibu juga berkewajiban untuk menjaga kesehatan kehamilan agar tidak terjadi kematian pada ibu dan bayi ketika masa persalinan.

Berperan Sebagai Ibu Hamil yang Bertanggungjawab

Banyak wanita yang lalai ketika sedang hamil. Saking senangnya, mereka tidak sadar bawasannya mereka sedang memikul tanggungjawab yang tidak ringan, yaitu menjaga perkembangan bayi di dalam kandungan.

Tentu kebahagian setelah mendengarkan info hamil itu sangat wajar. Hanya saja, ibu juga harus ingat ada tanggunjawab besar yang ibu harus lakukan. Mulai awal kehamilan, ibu bertanggungjawab untuk menjaga kesehatan bayi di dalam kandungan hingga proses persalinan nanti.

Yang paling penting adalah ibu harus konsisten dalam menjalankan dan menerapkan tips menjaga kesehatan kehamilan. Ini yang sering menjadi tantangan tersendiri bagi setiap ibu hamil.

Ibu pasti sudah tahu apa saja yang ibu boleh konsumsi dan apa saja yang tidak disarankan untuk ibu konsumsi. Begitu juga dengan kegiatan yang baik dan tidak baik untuk ibu lakukan selama masa kehamilan.

Walaupun ibu sudah tahu semau hal tersebut, terkadang ibu tidak mentaatinya. Maka tidak aneh jika banyak ibu hamil yang mendapatkan kabar buruk, mulai janin tidak berkembang maksimal, kesehatan ibu menurun sehingga harus bedrest, keluhan kesehatan saat hamil yang tak kunjung berhenti, dan lain sebagainya.

Sepertinya hal tersebut wajar. Akan tetapi, ibu harus lihat imbasnya. Banyak sekali kasus ibu dan bayi meninggal ketika proses persalinan lantaran kondisi kesehatan ibu dan bayi tidak bagus. Hal tersebut sering disebabkan kurangnya perhatian ibu terhadap kesehatan.

Padahal tidak sulit untuk menjaga kesehatan kehamilan. Sudah ada tips mudah dan efektif untuk ibu terapkan untuk menjaga kesehatan ibu dan bayi di dalam kandungan. Ibu bisa dapatkan tips lengkap di situs ibudanbalita.

Jadi, sebenarnya tidak ada yang sulit untuk menerapkan tips. Hanya saja, terkadang seorang ibu hamil merasa parno atau takut sendiri ketika harus menerapkan tips menjaga kesehatan kehamilan. Yang ada di pikirannya adalah sulitnya menerapkan semua tips untuk menjaga kesehatan ibu hamil. Ada juga yang merasa terkekang ketika menerapkan tips tersebut.

Hal tersebut tidak akan ibu rasakan jika ibu tahu sebenarnya apa saja yang ibu perlu lakukan untuk menjaga kesehatan ibu dan bayi di dalam kandungan. Kunjungi saja website ibu dan balita dan dapatkan cara menjaga kehamilan yang efektif dan mudah untuk diterapkan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*