Aneh, Ternyata Berat Badan Turun Menjadi Tanda Diabetes Pada Anak

tanda diabetes pada anak ibudanbalita.com

Kebanyakan orang tua mengetahui jika tanda diabetes pada anak adalah kegemukan atau obesitas. Sayangnya, hal tersebut tidak mutlak. Ada juga lho anak yang mengalami diabetes di mana tanda-tandanya justru sebaliknya. Berat badan anak turun drastis.

Bagaimana ini bisa terjadi?

Silakan ibu konsultasikan dengan dokter anak di www.ibudanbalita.com jika ibu melihat berat badan anak turun drastis. Jangan-jangan itu adalah salah satu tanda diabetes anak. Jadi, jangan sampai ibu hanya khawatir jika berat badan anak naik. Ketika berat badan turun pun ibu harus perhatikan. Jangan sampai itu merupakan tanda diabetes.

Berat Badan Turun Sebagai Tanda Diabetes Anak

Kenapa justru ketika berat badan bayi turun merupakan tanda diabetes? Menurut penjelasan dokter, hal ini disebabkan ketidakmampuan tubuh untuk merubah gula menjadi energi. Hal ini berakibat pada jaringan otot dan lemak yang semakin lemah. Akibatnya, berat badan turun. Meskipun si kecil makan banyak, itu tidak membuat berat badan anak meningkat.

Hanya saja, tidak semua anak yang berat badannya turun itu rentan terhadap diabetes. Diperlukan observasi atau pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikan apakah turunnya berat badan itu tanda diabetes pada anak atau bukan. Pasalnya, turunnya berat badan bisa saja disebabkan oleh kurang gizi yang didapatkan dari makanan yang ibu berikan.

Itulah mengapa penting sekali untuk memastikan anak memiliki berat badan yang ideal. Untuk menjaga berat badan yang ideal, ibu perlu memberikan menu makanan variatif yang mengandung gizi tinggi. Selain itu, jangan lupa berikan susu balita terbaik Frisian Flag yang kandungan gizinya seimbang.

Tanda-Tanda Diabetes Lain Yang Tidak Banyak Orang Tahu

Bagi sebagian orang tua, mereka sangat kaget jika turunnya berat badan anak menjadi salah satu tanda diabetes pada anak. Pasalnya, kebanyakan informasi yang mereka dapatkan adalah diabetes ditandai dengan tubuh anak yang semakin besar sehingga berat badan di atas angka normal.

Tidak itu saja. ada juga tanda-tanda diabetes lainnya mungkin ibu belum ketahui sebelumnya.

  • Cepat Lapar

Anak yang terkena diabetes memiliki hormone insulin yang sedikit. Akibatnya, nutrisi terutama karbohidrat tidak bisa diserap dengan sempurna. Ia akan terlihat lemah dan mudah lapar.

Sayangnya, meskipun ia makan banyak, nutrisinya tidak bisa diserap secara sempurna. Akibatnya, ia tetap lemas, tidak bertenaga, dan berat badan cenderung turun.

  • Mudah Haus

Selain cepat lapar, tanda diabetes pada anak lainnya juga sering merasa haus. Hal ini selain karena penyerapan nutrisi yang kurang sempurna, anak juga cenderung sering buang air kecil.

Jadi, jangan abaikan jika si kecil sering buang air kecil ya bu.

Itulah beberapa tanda penyakit diabetes pada anak. Diharapkan, dengan mengetahui tanda-tanda tersebut, ibu bisa lebih waspada untuk mengantisipasi diabetes pada anak.

Yang pasti, diabetes tidak lagi menjadi penyakit yang konotasinya hanya menyerang orang tua saja. Diabetes juga menyerang anak-anak. Bahkan, bayi pun bisa mengalami hal ini. Bayi yang lahir dalam keadaan diabetes umumnya disebabkan karena ibu hamil tidak menjaga kesehatan selama masa kehamilan.

Itulah mengapa ibu hamil harus rajin kontrol kesehatan entah dengan bidan atau dengan dokter kandungan. Peningkatan berat badan harus dikontrol agar berat badan tidak naik di atas normal.  Hal ini menjadi cara yang paling tepat untuk mengantisipasi diabetes pada anak.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*