Anak Terlambat Jalan Tidak Selalu Disebabkan Pertumbuhan Tulang Bermasalah

tahun pertama perkembangan si kecil www.friso.co.id

Tidak sedikit orang tua yang khawatir ketika anak mereka terlambat berjalan. Mereka mulai menghubung-hubungkan dengan hal-hal yang berkaitan dengan kesehatan, terutama kesehatan tulang.

Kenapa harus tulang?

Yang pasti, bukan hanya perkembangan tulang saja yang menjadi penyebab terhambatnya proses belajar jalan anak.

Dua Faktor Penting

Memang tidak bisa dipungkuri jika perkembangan tulang itu sangat berpengaruh terhadap cepat atau lambatnya proses belajar jalan anak. Hanya saja, itu hanya salah satu faktor saja.

Faktor lainnya adalah perkembangan saraf. Ibu harus tahu saraf inilah yang akan memberikan perintah otot serta semua sistem motorik kasar pada balita sehingga ia bisa bergerak dan juga berjalan.

Itulah mengapa balita harus mendapatkan asupan nutrisi yang tidak hanya mengandung nutrisi untuk perkembangan tulang tapi juga perkembangan saraf. Seperti susu Friso yang sudah terbukti mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan untuk perkembangan balita.

Meskipun demikian, tetap saja ibu harus memberikan menu makanan bergizi. Ibu harus tahu susu hanya menu tambahan saja. Makanan merupakan sumber nutrisi utama balita.

Stimulus Tak Kalah Penting

Jika nutrisi itu diperlukan untuk perkembangan yang ada di dalam tubuh si kecil, terutama perkembangan saraf dan juga tulang, stimulus menjadi bagian yang berpengaruh untuk proses belajar jalan dari luar.

Yang dimaksud dengan stimulus di sini adalah hal yang mempengaruhi si kecil mau mulai belajar berjalan.

Stimulus ini bisa berupa permainan. Ibu bisa dapatkan ide untuk menstimulasi si kecil belajar jalan di www.friso.co.id. Banyak permainan yang bisa ibu pilih.

Namun, sangat tidak disarankan ibu memberikan permainan berupa alat bantu jalan atau yang disebut dengan baby walker. Pasalnya, permainan semacam itu justru menghambat perkembangan tulang. Tulang balita tidak berkembang dengan baik lantaran tulang tidak terbiasa untuk menunjang tubuhnya sendiri.

Sebaiknya ibu biarkan si kecil secara alami belajar berjalan tanpa harus ada bantuan. Ibu hanya boleh membantu menuntun saja. Karena dengan cara itulah tulang akan berkembang secara lebih optimal.

Dan satu lagi. Dengan memberikan stimulus yang tepat (bukan memberikan baby walker) otot akan lebih kuat terutama otot bagian kaki.

Memperkuat Tulang Balita

Bukan hanya kalsium saja yang dibutuhkan agar tulang balita semakin kuat walaupun memang kalsium sangatlah penting.

Yang tak kalah penting adalah vitamin D. Namun, tenang saja. Dengan hanya membiasakan membawa si kecil ke luar rumah di pagi hari, kebutuhan vitamin D balita sudah terpenuhi.

Selain itu, ibu juga bisa memberikan menu makanan yang terbuat dari ikan salmon. Ikan laut yang satu ini selain bisa mencerdaskan balita karena kandungan omega 3 nya yang sangat tinggi juga mengandung vitamin D.

Balita yang tumbuh tinggi itu tidak menjamin tulangnya kuat. Ada juga tulang yang tumbuh optimal tapi ternyata keropos atau rapuh. Hal tersebut disebabkan tulang kekurangan nutrisi.

Berbagai jenis makanan atau minuman bisa ibu berikan untuk memperkuat tulang. Keju, susu, ikan laut seperti ikan salmon menjadi menu wajib untuk si kecil.

Jadi, sekarang ibu bisa membuat evalusi kenapa balita ibu terlambat belajar berjalan. Apakah disebabkan stimulus yang kurang tepat atau nutrisi yang ibu berikan tidak mencukupi kebutuhan setiap hari?

Yang pasti, ibu harus pastikan si kecil mengkonsumsi susu Friso sesuai usianya sekarang ini. Karena di dalam susu tersebut terdapat semua nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang balita.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

1 Trackbacks & Pingbacks

  1. Daftar Nutrisi Penting Dalam Susu Pertumbuhan Anak - Gateway Hospitality

Leave a comment

Your email address will not be published.


*