Anak Susah Makan, Salah Siapa?

anak susah makan www.facebook.com/ibudanbalita

Anak susah makan itu disebabkan oleh banyak hal, bisa ada gangguan pada mulutnya seperti sariawan, gigi tumbuh, atau sakit gigi. Bisa juga anak mogok makan karena menu makanannya yang membosankan.

Untuk itu, ibu tidak perlu menyalahkan siapapun atau ataupun ketika anak ibu susah untuk diajak makan. Ibu bisa mencoba memberikan menu makanan yang berbeda. Akan tetapi, pastikan makanan tersebut sehat dan bergizi.

Jika tidak manjur, cobalah ibu mengajak anak jalan-jalan sambil menyuapi makanan. Biasanya, cara ini berhasil. Anak tidak merasa jenuh karena ia bisa berinteraksi dengan alam sehingga merasa senang. Tidak seperti di rumah di mana ia seolah-olah berada di dunia yang sempit dan membosankan.

Bagaimana hasilnya? Jika tidak berhasil juga, mungkin ibu perlu mengurangi porsi susu formula yang ibu berikan kepada si kecil. Pasalnya, terkadang susu formula juga bisa menjadi penyebab si kecil enggan mengkonsumsi makanan. Hal ini dikarenakan ia sudah merasa kenyang setelah minum susu.

Jika beberapa cara tersebut tidak berhasil juga, ibu bisa konsultasi dokter anak. Apalagi jika berat badan anak turun drastis karena mogok makan, wajib hukumnya ibu membawanya ke dokter anak agar mendapatkan treatment.

Jadi, ibu tidak perlu menyalahkan siapa yang membuat anak ibu susah makan. Yang jelas, ibu bertanggungjawab atas kesehatan si kecil. Jadi, jangan sampai kesehatannya terganggu karena anak susah makan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*