Anak Susah Makan? Mungkin Ini Penyebabnya

tumbuh kembang balita detik.com

Sebenarnya tidak penting untuk mencari apa penyebab anak susah makan. Yang terpenting itu solusinya. Pasti ibu akan lebih sibuk mencari bagaimana anak bisa makan dengan lahap lagi daripada memikirkan apa yang menyebabkan ia susah makan.

Akan tetapi, ibu juga harus tahu solusi yang tepat tidak bisa didapatkan jika ibu tidak tahu apa penyebabnya. Itulah mengapa ketika ibu konsultasi dengan dokter secara online di www.friso.co.id, mungkin ibu akan ditanya terlebih dahulu.

Yuk kita brainstorming barangkali ada salah satu yang jadi penyebab anak ibu susah makan.

Tidak Suka Dengan Menu Makanan

Ini yang paling sering terjadi. Anak yang susah makan karena tidak suka dengan menu makanan yang ibu sajikan. Dalam hal ini, ibu harus introspeksi diri apakah makanan yang ibu siapkan untuk sang buah hati itu lezat atau tidak. Bukan berarti lezat ketika ibu cicipi itu lezat di lidang si kecil lho ya. Ibu bisa ingat kembali jenis makanan apa yang paling disukai oleh si kecil.

Saat anak ibu sudah berusia di atas 1 tahun, sebenarnya ibu sudah bebas berkreasi. Ibu bisa membuatkan menu makanan yang terbuat dari berbagai bahan yang berbeda. Lain hal jika anak ibu baru berusia sekitar 6 bulan di mana ia baru mulai mengenal MPASI. Untuk anak balita usia 1 tahun, biasanya ia suka makanan yang gurih. Ibu boleh menambahkan beberapa bumbu yang bisa membuat makanan gurih seperti bawang merah, bawah putih, dan juga garam. Bahkan, sebanarnya dokter anak sudah tidak melarang untuk memberikan makanan yang sehari-hari ibu konsumsi karena anak ibu sudah beranjak balita.

Tidak Ada Contoh

Ingat ya bu anak itu peniru yang baik. Ia meniru apa yang ia lihat serta apa yang ia dengar. Itulah cara belajar anak balita.

Mungkin ketika anak tidak mau makan disebabkan ibu tidak mencontohkan bagaimana makan yang lahap. Apakah pernah ibu duduk di satu meja dengan sang buah hati untuk menikmati makanan bersama-sama? Jika jarang, bisa jadi itu penyebab anak sulit makan. Ibu harus membiasakan mengajak anak makan bersama di meja makan.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, anak balita sudah boleh kok mengkonsumsi makanan yang sama dengan yang ibu makan. Jadi, anak ibu bisa makan sendiri di meja makan bersama anggota keluarga lainnya.

Suasana Kurang Menarik

Pernahkah ibu merasakan makan di restoran itu lebih menyenangkan dan akhirnya ibu lebih lahap makan di sana? Itu bukan hanya disebabkan makanan lezatnya saja tapi juga suasana. Hal itu juga yang dirasakan oleh sang buah hati.  Mungkin anak ibu kurang nyaman dengan suasana. Jadi, ibu bisa mengubah suasana.

Salah satu caranya adalah dengan membelikan meja makan khusus untuk balita. Ibu pasti tahu kan ada kursi sekaligus berfungsi sebagai meja yang khusus didesain untuk balita. Kursi tersebut memiliki kaki yang panjang sehingga si kecil bisa seolah-olah berada satu meja yang sama dengan orang dewasa lainnya.

Suasana akan semakin lebih menyenangkan jika ibu membelikan perlengkapan makan yang berwarna-warna. Namun, pastikan juga perlengkapan tersebut tidak terbuat dari bahan yang berbahaya ya.

Sering Ngemil

Banyak orang tua yang tidak memahami dari sisi anak. Mereka tidak tahu kapan ia merasa lapar. Asalkan sudah waktunya, banyak ibu yang akhirnya memaksa si kecil untuk makan. Padahal, ia tidak lapar karena selama seharian ngemil.

Itulah mengapa ibu harus membuat jadwal kapan ngemil dan kapan waktunya makan. Jangan sampai jarak antara ngemil dan makan itu berdekatan sehingga anak susah makan. Karena ngemil makanan ringan justru membuat anak tidak merasa lapar sehingga ia pasti menolak jika diminta untuk makan.

Sebenarnya tidak hanya ngemil saja yang menyebabkan anak kenyang. Minum susu juga bisa membuatnya kenyang. Maka dari itu, ibu harus memberikan susu setengah jam setelah makan. Dan pastikan hanya susu Friso yang ibu berikan di mana susu tersebut mengandung nutrisi yang melengkapi kebutuhan gizi sang buah hati.

Sakit Gigi

Balita usia 1 tahun sering mengalami sakit gigi. Memang tidak semuanya tapi kebanyakan balita mengalami hal ini. Ini bukan hanya disebabkan ada masalah dengan gigi tapi ada juga momen ketika gigi mulai tumbuh. Pada saat itu, ia merasa sakit dan perih sehingga berakibatkan pada hilangkan selera makan.

Apa tandanya? Anak yang baru tumbuh gigi biasanya sering memasukkan sesuatu ke dalam mulut lalu menggigit. Ini biasanya yang dilakukan oleh balita yang sedang tumbuh gigi. Ada baiknya ibu membuatkan cemilan yang sedikit kasar seperti biskuit balita. Makanan seperti ini akan membuat rasa gatal pada gusi berkurang dan membantu gigi cepat tumbuh.

Kira-kira apa yang menyebabkan anak ibu susah makan? Mungkin salah satu dari penyebab tersebut menjadi faktor pemicunya. Ada juga faktor penyebab lainnya yang bisa ibu pelajari dari forum-forum ibu. Di forum tersebut, banyak orang tua yang berbagi informasi dan tips tentang bagaimana mengatasi masalah anak susah makan. Yang pasti, jangan sampai ibu menganggap ini hal yang wajar. Banyak orang tua yang membiarkan hal ini terjadi dan akhirnya hingga dewasa anak mereka sulit sekali diajak makan. Berat badannya tidak ideal dan kondisi kesehatannya tidak sebagus anak-anak yang lainnya. Ibu tidak ingin hal ini terjadi pada sang buah hati, bukan?

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*