Anak Susah Makan Biasanya Susah Tidur. Apakah Ada Hubungannya?

anak susah makan www.facebook.com/ibudanbalita

Kenapa anak susah makan sering dihubungkan dengan penyakit mulut, tumbuh gigi, menu makanan yang tidak disukai si kecil, atau juga karena terlalu banyak mengkonsumsi susu formula. Banyak sekali tips dan trik yang dibagikan oleh para pakar kesehatan ibu dan anak untuk mengatasi masalah tersebut. Hanya saja, tidak semua tips dan trik tersebut bisa diterapkan dan memecahkan masalah yang satu ini.

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menemukan permasalahan anak susah makan. Karena tanpa mengetahui penyebabnya, maka apa yang ibu lakukan akan sia-sia saja. Setelah mengetahui akar permasalahannya, ibu bisa memutuskan solusi yang terbaik untuk mengatasi masalah tersebut. Dengan langkah tersebut, maka permasalahan si kecil susah makan bisa segera teratasi.

Sepertinya sudah banyak sekali tips dan trik yang bisa ibu coba dan praktekkan. Hanya saja, apakah ibu tahu kebanyakan anak yang susah makan itu susah tidur juga? Atau setidaknya jika si kecil susah makan, maka tidurnya tidak pulas. Itulah yang sering terjadi.

Hubungan antara Susah Makan dan Susah Tidur

Selanjutnya, mungkin ibu bertanya apakah ada keterkaitan antara susah makan dengan susah tidur? Ternyata ada. Setidaknya, ada banyak ibu yang bercerita bahwa jika anaknya susah makan, maka pada malam hari si kecil susah tidur atau tidur pun tidak nyenyak. Kenapa demikian?

Karena pada dasarnya si kecil merasa lapar. Layaknya orang dewasa, jika lapar pasti susah tidur. Hanya saja permasalahannya adalah si kecil tidak mau makan. Ketika tidak ada makanan yang diolah di dalam sistem pencernaan, maka tidak ada energi yang didapatkan oleh tubuh si kecil. Si kecil akan merasa kesakitan dan tidak nyaman sehingga anak susah makan.

Itulah mengapa penting sekali untuk mengetahui cara mengatasi masalah anak mogok makan. Yang jelas, bukan hanya masalah kesehatan yang akan terganggu jika anak ibu tidak mau makan. Mungkin yang ada dibayangan ibu ketika anak tidak mau makan adalah tubuhnya akan kurus dan tidak ceria seperti anak-anak yang lainnya. Lebih dari itu, anak akan susah tidur di malam hari. Ibu akan sering begadang. Anak tidak hanya tidak bisa tidur, tapi juga rewel karena merasa lapar namun tidak ada makanan yang ia suka.

Jangan Anggap Sepele Masalah Anak Susah Makan

Dari penjelasan tersebut di atas, sudah barang tentu ibu harus membuat anak mendapatkan kembali nafsu makannya karena kehilangan nafsu makanan tidak hanya mempengaruhi kesehatan si kecil, tapi juga membuat ibu harus kerepotan. Setiap malam hari anak rewel, ibu harus begadang, dan akhirnya ibu stress. Jika ibu masih menyusui dan stress, bukan tidak mungkin produksi ASI akan berkurang. Tentu saja ibu tidak menginginkan hal tersebut, bukan?

Untuk itu, lakukan langkah-langkah berikut agar imbas buruk tersebut tidak terjadi. Apa saja langkah-langkah tersebut? Pertama, konsultasi dengan dokter tentang masalah ini. Kedua, temukan akar persoalan kenapa anak susah makan karena anak mogok makan itu disebabkan banyak faktor. Ketiga, cari cara yang tepat untuk memecahkan masalah tersebut. Ada banyak sekali anak mogok makan seperti terlalu banyak minum susu formula, ada masalah di bagian mulut, tumbuh gigi yang membuat si kecil nyeri, dan lain sebagainya. Sepertinya, jika ibu tahu akar permasalahannya, maka sebenarnya tidak susah untuk mengatasi masalah anak susah makan.

 

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*