Anak Sudah Bisa Mandi Sendiri? Hati-Hati ya Bu

ibudanbalita http://www.ibudanbalita.com/
ibudanbalita

http://www.ibudanbalita.com/

Pasti senang sekali ketika melihat si kecil sudah bisa mandi sendiri ya bu. Tapi, jangan salah. Ada hal yang harus ibu perhatikan. Memang bagus sekali jika anak sudah bisa mandiri sendiri. Namun, apakah ibu yakin si kecil benar-benar bersih ketika mandi sendiri?

Kekhawatiran inilah yang membuat banyak orang tua tidak mau si kecil mandi sendiri. Namun, jika ibu tetap memandikan si kecil, itu berarti ibu tidak membiarkan si kecil berkembang. Seharusnya ibu memberikan kesempatan agar si kecil untuk mandiri.

Jika masalahnya adalah ibu khawatir si kecil tidak bisa mandi benar-benar bersih, ibu hanya perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini.

Perhatikan Beberapa Organ Tubuh yang Penting

Sebenarnya tidak masalah jika anak sudah bisa mandi sendiri. Yang perlu diperhatikan hanya beberapa organ tubuh saja. Ibu harus pastikan organ tubuh tersebut benar-benar bersih.

1. Organ Intim

Saat si kecil mandi sendiri, ibu harus memastikan si kecil membersihkan organ intim sampai benar-benar bersih. Ini juga bisa ibu jadikan cara untuk memperkenalkan pendidikan seks pada anak. Sambil ibu ajarkan bagaimana membersihkan organ intim, ibu bisa memberitahu bawasannya organ intim tidak boleh dipegang oleh siapapun kecuali ia dan ibu saja.

2. Pusar

Salah satu bagian tubuh yang sulit untuk dibersihkan adalah pusar. Untuk sementara, ibu perlu membersihkan pusar si kecil sendiri terlebih dahulu. Jika si kecil sudah benar-benar bisa membersihkan pusar, maka ibu bisa tenang.

Kebanyakan anak luput untuk membersihkan bagian tubuh yang satu ini. Pasalnya. Pusar merupakan bagian yang sangat kecil. Terkadang terdapat kotoran yang ada pada bagian pusar sehingga ibu perlu turun tangan sendiri untuk membersihkan bagian tubuh yang satu ini.

3. Telinga

Layaknya pusar, telinga juga terkadang luput untuk dibersihkan oleh si kecil. Selain membersihkan telinga dengan cara mandi, ibu juga perlu membersihkan telinga dengan menggunakan cotton-bud. Tentu saja ini tidak bisa dilakukan oleh si kecil sendiri.

4. Rambut

Keramas itu tidak mudah lho bu. Kebanyakan anak hanya mengaplikasikan shampoo pada rambut. Asalkan sudah ada busanya, anak merasa sudah cukup. Padahal, shampoo harus rata hingga kulit kepala, bukan?

Oleh sebab itu, saat si kecil mandi sendiri, pastikan si kecil membersihkan rambut sampai kulit kepala.

Menyiapkan Agar Anak Mandi Sendiri dengan Aman

Bagian rumah yang cukup berbahaya adalah kamar mandi. Karena di kamar mandi, lantai sangat licin. Jadi, sangat dikhawatirkan si kecil terpeleset jika mandi sendirian di kamar mandi.

Lalu, apa yang seharusnya ibu lakukan?

  •  Lantai Kasar

Jika lantai kamar mandi terlalu licin, sebaiknya diganti dulu dengan lantai yang kasar.

  • Alat Mandi untuk Anak

Sekarang, sudah ada alat-alat mandi yang lucu dan mudah untuk digunakan oleh anak. Ibu perlu membelikan alat-alat seperti itu agar si kecil semakin semangat untuk mandiri sendiri.

  • Mengajarkan Cara Menggunakan Kamar Mandi yang Tepat

Mungkin saja ada instalasi pada kamar mandi seperti bagaimana mengatur air hangat dan lain sebagainya. Dalam hal ini, ibu harus pastikan si kecil tahu bagaimana menggunakan alat-alat semacam itu.

Senang sekali pastinya jika anak sudah bisa mandi sendiri. Itu artinya si kecil sudah bisa belajar mandiri. Ada banyak hal yang sudah dijelaskan di www.ibudanbalita.com agar si kecil bisa termotivasi sehingga bisa lebih cepat mandiri. Kunjungi website ibu dan balita dan terapkan agar si kecil bisa cepat mandiri.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*