Anak Sering Ngambek? Seringlah Bawa Keluar di Pagi Hari

Friso https://www.friso.co.id/

Paling tidak menyenangkan jika si kecil ngambek. Ia tidak ceria dan cenderung berdiam diri. Atau mungkin ia sering marah? Itu bisa disebabkan suasana hatinya yang kurang baik dan memang mengatasi masalah suasana hati anak yang kurang baik ini tidaklah mudah. Ibu tidak bisa dengan mudah membuat suasana hati si kecil ceria kembali dengan membawanya ke taman bermain, membelikan makanan favorit, atau mengajak liburan.

Mungkin cara tersebut berhasil. Hanya saja, tak jarang orang tua yang tidak berhasil mengatasi masalah tersebut.Dan ibu pasti tidak percaya jika suasana hati anak bisa ceria kembali dengan cara mengajaknya keluar di pagi hari. Ibu baru akan percaya jika ada kaitan antara keluar di pagi hari dengan membuat ceria suasana hati si kecil.

Bagun Di Pagi Hari Itu Baik

Ibu pasti masih ingat bagaimana orang tua ibu selalu meminta ibu bangun tidur pagi-pagi benar ketika ibu masih kecil. Ternyata ada manfaat yang bisa dijelaskan secara ilmiah. Dulu, orang hanya memahami bawasannya bagun di pagi akan membuat tubuh menjadi segar. Hal ini disebabkan tubuh masih fresh ketika kegiatan akan segera dilakukan. Tapi, kenapa anak kecil juga harus bangun pagi? Ini yang sering menjadi pertanyaan.

Ternyata, bangun di pagi hari akan membuat anak semakin ceria. Apalagi jika ibu membawa si kecil ke luar rumah untuk berjemur di bawah sinar matahari pagi.

Sinar matahari di pagi hari menstimulus produksi hormon serotonin. Hormon inilah yang membuat suasana hati si kecil menjadi ceria. Jadi, tidak hanya sekedar mitos bawasannya bangun di pagi hari itu bisa membuat si kecil ceria. Ini juga bisa dijelaskan secara ilmiah, bukan?

Jika selama ini si kecil sering ngambek atau terlihat tidak bahagia, ibu bisa coba untuk membiasakannya bangun di pagi hari dan berjemur di bawah sinar matahari pagi.

Sayangnya, orang tua sekarang justru banyak yang membiarkan anak mereka bangun siang. Alasannya bermacam-macam. Ada yang tidak tega. Ada juga yang beralasan jika si kecil bangun sedikit lebih siang, maka orang tua bisa beraktivitas terlebih dahulu seperti memasak, mencuci baju, membersihkan rumah, dan kegiatan lainnya yang bisa dilakukan secara lebih cepat ketika tidak diganggu oleh anak.

Apakah ibu juga termasuk orang tua yang memiliki pemahaman seperti itu? Semoga saja tidak. Ibu seharusnya rajin membangunkan anak di pagi hari dan mengajaknya jalan-jalan di bawah sinar matahari pagi. Jika ibu melakukannya secara rutin, maka si kecil akan lebih bahagia.

Bahaya Lho Jika Si Kecil Sering Ngambek

Sepertinya tidak ada masalah jika anak ngambek. Toh ia akan ceria kembali. Itu tanggapan dari sebagian besar orang tua. Mereka tidak menyadari ngambek juga bisa berpengaruh pada perkembangannya. Apalagi jika ia ngambek dalam kurun waktu yang lama. Ia tidak lagi aktif seperti anak lainnya sehingga perkembangannya bisa terhambat.

Namun, yang paling dikhawatirkan lagi jika ibu membiarkan si kecil ngambek sehingga ia semakin tidak dekat dengan ibu sebagai orang tua. Ini bisa berakibat sangat buruk bagi perkembangan psikisnya lho.

Jadi, ibu bisa pertimbangkan tips mengatasi anak ngambek tersebut di atas. Yang pasti, tahap perkembangan anak yang baik itu dipengaruhi oleh suasana hati. Mengenai tahap perkembangan anak, ibu bisa lebih banyak membaca tentang hal tersebut di website resmi Friso. Di sana ibu bisa mendapatkan semua informasi tentang bagaimana membuat anak terus berkembang. Atau ibu juga bisa langsung konsultasi dengan dokter anak di sana.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*