Alasan yang Membuat Ibu Harus Benar-Benar Menjaga Kehamilan Muda

menjaga kehamilan muda https://www.facebook.com/ibudanbalita

Menjaga kehamilan muda katanya lebih sulit daripada menjaga kehamilan tua. Apakah ibu percaya hal tersebut? Tentunya selama masa kehamilan, ibu harus memberikan perhatian yang ekstra terhadap kesehatan ibu dan juga janin di dalam kandungan. Hanya saja memang ketika hamil muda, seorang ibu harus lebih berhati-hati.

Jika ibu pernah mendengar hal tersebut tapi tidak tahu alasannya, berikut alasan kenapa menjaga kehamilan muda itu jauh lebih sulit sehingga ibu harus lebih berhati-hati lagi.

Rahim Belum Kuat

Dari kejadian di mana bayi mengalami keguguran, kebanyakan keguguran tersebut terjadi pada saat masa kehamilan muda. Hal tersebut sering disebabkan karena rahim belum begitu kuat namun ibu melakukan kegiatan yang mengakibatkan goncangan sehingga berakibat keguguran.

Tentu tidak hanya itu saja yang menjadi faktor bayi mengalami keguguran. Hanya saja, goncangan yang terjadi sementara dinding rahim belum kuat menjadi faktor penyebab yang paling sering terjadi. Oleh sebab itu, penting sekali untuk menjaga kehamilan muda karena faktor resiko keguguran yang tinggi akibat dari rahim belum kuat untuk menopang janin.

Itulah mengapa para orang tua pada zaman dahulu sangat melarang anaknya yang sedang mengandung untuk bepergian. Bahkan, pada zaman dahulu, wanita yang sedang hamil dipingit. Mereka dilarang melakukan kegiatan yang berbahaya dan tidak boleh keluar jauh dari rumah.

Tentu saja bukan berarti ibu harus mengikuti budaya zaman dahulu tersebut. Setidaknya ibu tahu bahwa saat hami, sebaiknya ibu tidak pergi jauh dan meminimalisir guncangan sehingga membuat bayi bisa mengalami keguguran.

Awal Masa Perkembangan Janin

Senang sekali bukan jika ibu mendapatkan kabar bahwa ibu sedang mengandung? Namun, jangan terlalu larut dalam kegembiraan ya. Ada tanggung jawab yang harus ibu emban di balik kebahagiaan tersebut, yaitu tanggung jawab atas perkembangan janin di dalam kandungan.

Tidak mudah lho untuk menjaga kesehatan janin di dalam kandungan. Kesehatan ibu sangat berpengaruh terhadap kesehatan bayi dalam rahim. Itulah mengapa menjaga kesehatan ibu hamil itu artinya menjaga kehamilan muda.

Pada masa hamil muda, janin dalam kandungan mulai berkembang. Apalagi ketiga masa kehamilan memasuki usia 2-3 bulan. Perkembangan saraf sudah dimulai. Penting sekali bagi ibu untuk memastikan semua nutrisi yang dibutuhkan oleh janin tercukupi terutama sumber energi, protein, serta kalsium. Akan lebih baik jika ibu mengkonsumsi susu ibu hamil yang diperkaya dengan omega 3, AA dan DHA sehingga otak bayi dalam kandungan berkembang maksimal.

Tentu saja bukan hanya nutrisi saja yang perlu dipenuhi agar perkembangan otak janin dalam kandungan bisa optimal. Ibu juga harus mampu mengatur emosi. Pasalnya, bayi dalam kandungan bisa terpengaruhi dengan emosi ibu yang tidak baik. Saat ibu sedih, maka hormone akan disalurkan ke janin dan janin juga akan sedih. Begitu juga sebaliknya. Jika ibu ingin menjaga kehamilan muda dan memastikan janin bahagia selalu, maka kontrol emosi. Carilah kegiatan yang membuat ibu bahagia.

Semua orang tua pasti ini janin dalam kandungan sehat, berkembang normal, dan lahir dalam keadaan sempurna. Dan ibu harus tahu semua itu ditentukan dari diri ibu sendiri. Penuhi semua nutrisi yang dibutuhkan untuk perkembangan janin dan usahakan ibu bahagia selalu selama masa kehamilan. Itulah bagian terpenting di dalam menjaga kehamilan muda.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*