Alasan Yang Membuat Anda Wajib Lebih Memperhatikan Kesehatan Gigi Anak

kesehatan gigi anak www.ibudanbalita.com

Setelah mengetahui informasi yang satu ini, ibu pasti akan lebih fokus untuk memperhatikan kesehatan gigi anak. Karena ternyata gigi yang sehat sangat menentukan kesehatan badan anak. Dan kesehatan badan anak menentukan bagaimana tumbuh kembang anak. Jadi, jika ibu ingin melihat sang buah hati tumbuh lebih optimal, maka jagalah kesehatan giginya.

Tentu bukan hanya kesehatan gigi saja yang perlu ibu perhatikan. Setidaknya, ibu akan tahu betapa pentingnya menjaga kesehatan gigi. Bagian tubuh yang sering tidak diperhatikan ini ternyata berpengaruh besar terhadap kesehatan badan secara keseluruhan dan juga perkembangan anak.

Dua Penyakit Mematikan

Apa yang ibu ketahui tentang penyakit yang sangat mematikan? Penyakit jantung dan diabetes menjadi dua dari sekian banyak penyakit yang paling ditakuti. Alasannya, dua penyakit inilah yang paling sering merenggut nyawa orang. Tentu saja ibu tidak ingin si kecil tumbuh menjadi anak yang berpotensi memiliki masalah jantung dan diabetes, bukan? Itulah mengapa Anda harus terus menjaga kesehatan gigi anak.

Lho kok bisa kesehatan gigi pengaruhi kesehatan jantung dan penyakit diabetes? Ada penjelasan ilmiah.

Saat anak mengalami sakit gigi, ada bakteri yang menyebabkan masalah tersebut. Bakteri tersebut bisa saja bersembunyi di sela-sela gigi atau di gusi. Yang ditakutkan bakteri tersebut masuk ke dalam tubuh bersamaan dengan makanan. Jika bakteri masuk ke dalam aliran darah, bakteri tersebut bisa menganggu jantung. Bukan tidak mungkin peredaran darah mengalami menyumbatan dan lama kelamaan hal ini bisa menyebabkan penyakit jantung.

Tentu bukan hanya bakteri ini saja yang menjadi faktor penyebabnya. Ada faktor-faktor penyebab lainnya. Akan tetapi, jangan sepelekan ketika anak mengalami sakit gigi. Bisa saja bakteri itu masuk ke dalam pembuluh darah dan menjadi cikal bakal munculnya penyakit jantung.

Sementara itu, diabetes juga bisa disebabkan oleh kesehatan gigi anak yang tidak terjaga. Diabetes selalu dikaitkan dengan kadar gula darah yang tinggi. Hal ini bisa disebabkan oleh konsumsi makanan yang mengandung gula terlalu tinggi. Ternyata, gigi juga berfungsi untuk mengontrol kadar darah di dalam tubuh. Jika gigi bermasalah, bagaimana gigi bisa berfungsi dengan baik untuk mengontrol gula darah?

Jadi, jelas kan mengapa ibu harus benar-benar memperhatikan kesehatan gigi sang buah hati?

Menggosok Gigi Saja Tidak Cukup

Langkah yang tepat jika ibu sudah bisa membiasakan si kecil menggosok gigi. Apalagi jika muncul kesadaran pada diri anak ibu sendiri untuk menggosok gigi di pagi hari setelah bangun tidur dan di malam hari sebelum tidur. Itu sudah sangat baik sekali.

Namun, menjaga kesehatan gigi tidak hanya cukup dengan menggosok gigi saja. Ada hal lain yang juga perlu untuk ibu lakukan.

  • Periksa Gigi Ke Dokter Gigi

Dokter gigi tidak berhenti mengkampanyekan agar setiap orang memeriksakan gigi satu kali dua kali. Ini bisa ibu mulai dari sekarang. Jika ibu selama ini tidak pernah memeriksakan gigi, ibu bisa mulai sekarang sambil membawa anak agar juga giginya diperiksa oleh dokter gigi.

Pemeriksaan gigi tidak hanya perlu untuk dilakukan ketika ada masalah kesehatan gigi. Pemeriksaan gigi secara rutin setiap 6 bulan sekali lebih ditujukan sebagai langkah pencegahan. Ketika ada potensi yang mengkhawatirkan yang ditemukan oleh dokter, maka langkah antisipatif bisa langsung dilakukan.

  • Kurangi Mengkonsumsi Makanan dan Minuman Manis

Kebanyakan gigi anak rusak karena sering makan coklat atau permen. Seharusnya ibu bisa mengontrol si kecil mengkonsumsi makanan yang manis seperti itu. Begitu juga dengan minuman yang terlalu manis.

Ada baiknya ibu siapkan cemilan sendiri yang sehat. Cemilan yang tidak mengadung bahan pengawet atau bumbu yang tidak baik bagi kesehatan anak. Dengan membuat cemilan sendiri, ibu bisa memilih bahan apa yang digunakan serta memastikan kandungan gulanya rendah.

Hati-hati juga dalam memilihkan susu. Sebaiknya perhatikan dulu kandungan di dalam susu yang akan ibu berikan untuk si kecil. Ada juga lho susu yang menyebabkan kesehatan gigi anak terganggu. Susu tersebut mengandung gula yang terlalu tinggi sehingga menyebabkan gigi rusak atau berlubang.

Susu Frisian Flag mengandung gula rendah sesuai yang disarankan oleh pakar kesehatan anak. Ada dua jenis susu untuk anak. Susu Frisian Flag untuk balita usia 1-3 tahun dan Susu Frisian Flag Karya untuk anak 4-6 bulan. Keduanya tidak akan merusak gigi karena rasanya tidak terlalu manis.

  • Mengganti Sikat Gigi

Kapan ibu harus mengganti sikat gigi? Dokter gigi menyarankan agar sikat gigi diganti setiap 3 atau 4 bulan sekali. Ini untuk mencegah bakteri menyerang gigi. Pasalnya, pada sikat gigi yang terlalu lama digunakan, ada potensi bakteri yang bersembunyi pada sikat gigi tersebut. Itulah mengapa sebaiknya ibu ganti sikat gigi secara berkala, yaitu 3 atau 4 bulan sekali.

Ingin tahu lebih banyak lagi tentang bagaimana menjaga kesehatan gigi? Silakan ibu kunjungi situs Ibu dan Balita untuk bisa langsung berkonsultasi dengan pakar kesehatan. Di sana, terdapat juga informasi kesehatan balita yang patut untuk ibu ketahui. Semua konten diupdate secara berkala sehingga pengetahuan ibu tentang kesehatan anak terus diperbaharui.

Sebagai orang tua, tentu tugas ibu sangat berat. Tugas ibu tidak hanya memperhatikan kesehatan gigi si kecil saja, tapi juga kesehatannya secara keseluruhan. Namun, sekarang ibu sudah mengerti kan mengapa penting sekali menjaga kesehatan gigi anak?

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*