Alasan Kenapa Sebaiknya Ibu Mengabadikan Momen Perkembangan Janin

perkembangan janin https://www.facebook.com/ibudanbalita/

Hamil merupakan momen yang sangat membahagiakan. Ibu pasti tidak ingin melewatkan momen ini begitu saja, bukan?

Itu juga yang dijadikan alasan oleh kebanyakan ibu hamil di luar sana. Mereka ingin mengabadikan momen perkembangan janin dengan berbagai cara, seperti mengoleksi foto hasil USG, merekam video perkembangan bayi di dalam kandungan, dan lain sebagainya.

Ibu juga bisa mengabadikan momen tersebut juga. Dan hal ini justru disarankan. Setidaknya ada beberapa alasan kenapa ibu sebaiknya melakukan hal tersebut.

Sebagai Ajang untuk Belajar

Tidak harus seorang akademisi di bidang kesehatan yang tahu seputer tumbuh kembang janin. Ibu yang mungkin tidak memiliki latar belakang pendidikan sebagai ahli kesehatan pun bisa belajar tentang hal tersebut.

Salah satu caranya dengan mengetahui seluk beluk perkembangan sang buah hati yang ibu sedang kandung dari minggu ke minggu. Selanjutnya, ibu bisa melihat secara visual perkembangan tersebut setiap kali ibu mendapatkan hasil foto USG setelah melakukan konsultasi kehamilan.

Dengan demikian, ibu bisa langsung belajar tentang perkembangan anak yang masih ada di dalam rahim ibu. Jadi, ibu tidak hanya belajar tentang teori kesehatan ibu hamil saja, melainkan melihat langsung juga bagaimana janin berkembang dari minggu ke minggu dan bahkan dari hari ke hari .

Mengetahui Keesaan Tuhan

Selain sebagai ajang belajar tentang ilmu kesehatan, terutama kesehatan kehamilan, mengabadikan momen kehamilan juga ibu bisa jadikan sebagai cara untuk mengenal kekuasaan Tuhan.

Coba ibu bayangkan bagaimana air mani yang bertemu dengan sel telur bisa berubah menjadi seorang anak. Anak itu bernyawa dan ada di dalam kandungan ibu. Tentu ini adalah bukti keesaan Tuhan, bukan?

Itulah mengapa banyak wanita yang keimanannya semakin tinggi setelah mereka hamil. Karena pada momen itu, mereka tersadarkan diri bawasannya ada kekuatan besar yang membuat mereka mengandung, yaitu kekuatan Tuhan.

Pelajaran untuk Kedepannya

Jika ini adalah kehamilan pertama, maka tidak ada salahnya jika ibu mengamati setiap detail dari perkembangan janin di dalam kandungan. Momen ini bisa ibu jadikan pembelajaran serta persaipan selanjutnya jika ibu hamil anak kedua.

Bagi wanita yang baru sekali hamil pasti sangat excited. Akan tetapi, di tengah kegembiraan tersebut, ibu harus mengetahui dan memperhatikan tumbuh kembang anak yang ibu kandung. Dengan demikian, ibu akan semakin tahu dan semakin siap untuk mengandung di kemudian hari.

Bisa saja ibu mendapatkan informasi dari buku, internet, majalah, informasi langsung dari dokter dan lain sebagainya. Akan tetapi, jika ibu merasakan langsung dan memperhatikan perkembangan sendiri, maka ibu akan semakin tahu bagaimana cara menjaga janin agar berkembang dengan optimal di kehamilan yang kedua nanti.

Jadi, masih bertanya-tanya kenapa ibu sebaiknya mengabadikan momen perkembangan bayi di dalam rahim?

Cara yang paling mudah untuk melakukan hal tersebut adalah menempel foto hasil USG di kamar atau calon kamar bayi. Dengan demikian, ibu akan merasa sudah ada kehadiran sang buah hati di kamar tersebut.

Ibu juga hisa simpan hasil foto USG tersebut hingga anak ibu lahir dan dewasa. Ibu bisa tunjukkan bagaimana perkembangan anak ibu sejak masih ibu kandung. Dengan demikian, ibu tidak hanya belajar tapi juga mengajarkan kepada anak ibu tentang bagaimana proses penciptaan manusia sejak masih ada di dalam kandungan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*