Alasan Kenapa Daging Sapi Sebaiknya Tidak Dijadikan Menu Makanan Ibu Hamil

makanan ibu hamil www.facebook.com/ibudanbalita

Makanan ibu hamil sebenarnya sangat mudah didapatkan. Asalkan ibu tahu apa kandungan dalam makanan tersebut, maka ibu bisa menentukan mana makanan yang boleh dikonsumsi saat hamil dan mana yang tidak boleh.

Akan tetapi, terkadang ibu tidak menyadari salah satu makanan favorit ibu termasuk ke dalam daftar makanan yang tidak boleh dikonsumsi. Untuk itu, akan lebih baik jika ibu tahu persis kenapa makanan tersebut dilarang.

Apakah ibu pecinta daging sapi? Siap-siaplah ibu untuk tidak mengkonsumsinya setidaknya selama 9 bulan masa kehamilan. Tentunya ada banyak makanan yang akan ibu hindari lantaran banyak sekali makanan olahan yang salah satu bahannya adalah daging sapi.

Lalu, kenapa daging sapi ini tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil? Berikut alasannya.

Kandungan dalam Daging Sapi

Ada kontroversi antara diperbolehkan atau tidaknya ibu hamil mengkonsumsi daging sapi. Kontroversi tersebut sangat beralasan karena pendapat yang disampaikan berdasarkan kandungan yang ada di dalam daging sapi. Ada yang mengatakan diperlukan ada juga yang mengatakan kandungan tersebut berbahaya bagi ibu hamil.

Salah satu nutrisi ibu hamil yang harus dipenuhi adalah protein. Dan protein ini bisa didapatkan dari daging sapi. Pasalnya, protein dalam daging sapi sangat tinggi dan cukup memenuhi kebutuhan ibu hamil. Alasan inilah yang membuat beberapa pakar gizi ibu hamil menganjurkan agar ibu hamil mengkonsumsi daging sapi.

Akan tetapi, di sisi lain, ditemukan juga daging sapi itu mengandung lemak yang jumlahnya sangat banyak. Seperti yang ibu ketahui, lemak menjadi sangat tidak baik bagi ibu hamil karena bisa menjadikan janin di dalam kandungan mengalami kegemukan atau bahkan ibu sendiri yang mengalami kegemukan.

Seperti yang ibu telah ketahui, ibu hamil yang mengalami kegemukan sangat rentan sekali terhadap berbagai masalah seperti diabetes, tekanan darah tinggi, dan lain sebagainya. Dan yang pasti, resiko keguguran tinggi sekali jika ibu mengalami kegemukan.

Alasan itulah yang membuat daging sapi tidak dimasukkan ke dalam jenis makanan ibu hamil yang sehat. Jika alasannya adalah kandungan protein yang tinggi, maka sebenarnya ada jenis makanan lain yang bisa menjadi pengganti daging sapi.

Makanan Pengganti Daging Sapi

Karena ada efek samping berupa kandungan lemak yang tidak baik bagi kesehatan ibu hamil, lebih banyak dokter kandungan yang tidak menyarankan mengkonsumsi makanan olahan yang mengandung daging sapi. Pendapat tersebut disampaikan untuk meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti kegemukan yang bisa mengakibatkan keguguran.

Daging sapi memang mengandung protein yang tinggi. Ketika ibu ingin mendapatkan protein, ibu bisa mengkonsumsi kacang-kacangan. Kacang-kacangan merupakan sumber protein nabati yang tinggi dan sangat amat. Ibu bisa mencoba memasak makanan berbahan kacang.

Selain itu, nutrisi ibu hamil juga sudah tercukupi dari mengkonsumsi susu ibu hamil. Susu kehamilan ini mengandung apapun yang dibutuhkan oleh ibu seperti kalsium, AA, DHA, dan juga protein.

Yang jelas, ibu harus menghindari mengkonsumsi makanan yang beresiko mengakibatkan perkembangan janin serta kesehatan ibu terganggu walaupun makanan tersebut makanan favorit ibu. Sebaiknya ibu menahan diri sampai masa kelahiran.

Ibu bisa mencoba mengkonsumsi jenis makanan yang sehat dan enak lainnya. Mengkonsumsi sayuran hijau sangat disarankan karena kandungannya yang baik bagi perkembangan janin. Ibu harus mengupdate terus tentang berbagai jenis makanan ibu hamil.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*