Akibat Minum Susu Ibu Hamil, Nafsu Makan Hilang

susu ibu hamil lifestyle.sindonews.com

Ada pertanyaan besar yang harus ibu tahu jawabannya, yaitu pentingkah mengkonsumsi susu ibu hamil? Bahkan, ada pertanyaan yang lebih radikal lagi, apakah wajib seorang ibu hamil mengkonsumsi susu?

Sebenarnya tidak mudah untuk menjawab pertanyaan tersebut. Meskipun demikian, secara umum, dokter kandungan tidak mewajibkan seorang ibu hamil mengkonsumsi susu kehamilan. Tentu saja ini tidak bisa diterapkan untuk semua ibu hamil.

Untuk lebih jelasnya, ibu perlu mengetahui penjelasan berikut ini.

Kenapa Mengkonsumsi Susu Ibu Hamil Tidak Diwajibkan?

Pertama-tama, ibu harus tahu terlebih dahulu mengapa banyak sekali dokter kandungan yang mengatakan mengkonsumsi susu untuk ibu hamil itu tidak wajib.

  • Susu Hanya Suplemen

Ini yang tidak banyak disadari oleh kebanyakan orang. Lihat saja banyak sekali produk susu dengan tujuan yang berbeda-beda. Ada susu untuk penambah berat badan atau penambah masa otot. Apakah hanya dengan mengkonsumsi susu berat badan seseorang bisa langsung bertambah? Ada juga susu yang mengandung nutrisi mencerdaskan otak anak. Apakah hanya mengkonsumsi susu tersebut anak langsung cerdas?

Jawabannya tentu saja tidak karena pada dasarnya susu hanyalah suplemen. Fungisnya hanya membantu saja. Begitu juga dengan susu ibu hamil. Susu ini hanya membantu ibu untuk memastikan kebutuhan nutrisi harian ibu hamil terpenuhi.

Jadi, sekali lagi pertanyaannya adalah apakah ibu harus minum susu? Tidak jika ibu yakin nutrisi sudah ibu dapatkan dari makanan yang ibu konsumsi setiap hari. Kalaupun ibu ingin memastikan semua nutrisi untuk perkembangan janin terpenuhi, pastikan ibu memilih susu Frisian Flag Mama sebagai susu ibu hamil terbaik.

Akan tetapi, yang perlu ibu catat, susu bukan sumber nutrisi utama ya bu. Sumber utama nutrisi ibu hamil tetap berasal dari makanan.

  • Susu Ibu Hamil Mengandung Zat Besi Yang Sedikit

Tidak semua susu kehamilan mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil lho. Contohnya saja kandungan zat besi. Tidak semua susu mengandung zat besi. Kalau susu Frisian Flag Mama, kandungan zat besinya cukup besar, mencapai 8,25 mg. Dengan demikian, ibu bisa terhindar dari anemia yang disebabkan oleh kekurangan zat besi.

Harus menjadi catatan khusus bawasannya anemia paling sering dialami oleh ibu hamil trimester ketiga. Jadi, bagi ibu yang masa kehamilannya sudah mencapai usia trimester ketiga, sudah seharusnya ibu pastikan mengkonsumsi makanan yang tinggi kandungan zat besinya. Jika ingin mengkonsumsi susu, pilihlah susu Frisian Flag Mama yang jelas mengandung zat besi.

  • Susu Bisa Memberikan Dampak Negatif

Berat badan bertambah melebihi batas normal menjadi dampak negatif yang harus diwaspadai. Tentu saja bukan susu saja yang menjadi faktor penyebabnya. Hanya saja, pada ibu hamil dengan kondisi tubuh tertentu, hal buruk ini bisa saja terjadi. Di dalam susu terkandung protein yang tinggi. Pada hakikatnya, protein ini dibutuhkan oleh janin untuk berkembang. Akan tetapi, jika ternyata kandungan protein terlalu berlebihan, maka bukan tidak mungkin seorang ibu hamil bisa mengalami obesitas.

Kasus semacam itu sangat jarang terjadi. Yang paling sering terjadi adalah kehilangan nafsu makan akibat mengkonsumsi susu ibu hamil.

Mengapa Nafsu Makan Hilang Setelah Minum Susu Ibu Hamil

Mungkin ibu sudah merasakan hal ini. Ibu ingin sekali menjaga kesehatan dan memastikan bayi di dalam kandungan berkembang dengan baik dengan cara mengkonsumsi susu ibu hamil tapi justru ibu kehilangan nafsu makan.

Jika dilihat dari penjelasan sebelumnya, jelas ini hal yang mengkhawatirkan. Susu itu suplemen. Nutrisi utama harus didapatkan dari makanan. Bagaimana ibu bisa mendapatkan nutrisi yang cukup jika justru ibu kehilangan nafsu makan?

Lalu, apakah ada yang salah? Ada dua kemungkinan. Yang pertama, ibu salah dalam memilih susu. Dan yang kedua, cara mengkonsumsi susu yang kurang tepat.

Apakah ibu yakin sudah memilih susu terbaik ibu hamil? Susu yang terbaik untuk ibu hamil mengandung nutrisi yang seimbang. Kandungan lemak dan gula rendah. Dua kandungan tersebut diperlukan namun jika berlebihan bisa berakibat kurang baik. Selain mengakibatkan obesitas, kandungan lemak dan gula yang terlalu tinggi akan membuat ibu merasa kenyang sehingga ibu akan kehilangan nafsu makan.

Oleh sebab itu, sangat disarankan agar ibu memilih susu merk Frisian Flag Mama. Semua kandungan nutrisi di dalam susu tersebut sudah sesuai dengan anjuran para ahli kesehatan ibu hamil.

Atau mungkin saja ibu salah dalam mengkonsumsi susu ibu hamil. Salah besar jika ibu minum susu sebelum makan. Usahakan ibu mengkonsumsi susu setelah makan. Itupun harus ada jarak waktu sekitar 30 menit setelah makan agar ibu tidak merasa mual dan muntah.

Jika ibu memilih susu Frisian Flag Mama, ibu hanya perlu minum satu gelas saja setiap hari. Minum di pagi hari akan membuat ibu siap beraktivitas seperti biasanya.

Jadi, perhatikan dua hal tersebut agar ibu tidak kehilangan nafsu makan dan ibu tetap bisa minum susu dan mendapatkan manfaat dari susu. Semoga ibu tahu sekarang apa yang harus ibu lakukan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*