Akibat Memberikan Bubur Bayi Terlalu Encer

bubur bayi Source: ResepBuntik.com

Mulai sekarang, ibu harus hati-hati memberikan bubur bayi. Tidak semua bubur itu bagus untuk si kecil. Apalagi jika bubur tersebut bukan buatan ibu sendiri. Meskipun memang ada bubur instan yang 100% mengandung bahan alami.

Tidak berhenti sampai di situ saja. Walaupun ibu membuatkan bubur sendiri untuk si kecil, belum tentu juga bubur tersebut bagus lho. Bubur yang terlalu encer atau lembek ternyata tidak begitu bagus untuk si kecil. Ingin tahu apa saja akibat memberikan bubur untuk bayi yang terlalu encer?

  • Cepat Lapar

Memang ini bukan akibat yang pasti terjadi. Pasalnya, hal ini juga tergantung dengan bahan yang ibu gunakan. Jika ibu menggunakan bahan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, maka si kecil tidak cepat lapar. Sebaliknya, jika bubur yang ibu buat berasal dari bahan seperti beras yang merupakan sumber karbohidrat tidak kompleks, maka bayi akan mudah lapar.

Terlepas dari bahan yang ibu gunakan, bubur yang terlalu encer bisa membuat anak mudah lapar. Hal ini disebabkan tidak membutuhkan waktu yang begitu lama untuk mencerna bubur yang terlalu encer. Akibatnya, bayi ibu cepat lapar meskipun ibu sudah memberikan bubur dengan porsi yang banyak.

  • Memperlambat Perkembangan

Kok bisa? Tentu saja bisa. Perkembangan tidak hanya berkaitan dengan tinggi dan berat badan ya bu. Ini juga terkait dengan tumbuh gigi.

Bayi yang sudah mengkonsumsi makanan atau MPASI akan semakin mudah mengalami tumbuh gigi. Akan tetapi, perkembangannya bisa berbeda antara bayi satu dengan bayi yang lain. Ada bayi yang giginya tumbuh cepat dan ada yang lambat. Hal ini dipengaruh oleh faktor nutrisi dan juga stimulus.

Untuk faktor nutrisi, ibu pasti sudah melakukan yang terbaik. Ibu sudah siapkan menu MPASI yang bergizi tinggi. Akan tetapi, faktor stimulus dari luar juga tak kalah penting. Contohnya saja memberikan mainan yang khusus untuk digigit. Dan ibu juga bisa memberikan makanan yang sedikit lebih kasar. Ternyata, menurut pakar perkembangan bayi, makanan kasar juga menstimulus tumbuh gigi bayi lho.

Itulah mengapa bubur bayi yang terlalu encer akan memperlambat pertumbuhan gigi. Akan lebih baik jika ibu membuatkan bubur yang sedikit lebih kasar. Ada banyak ide bubur untuk bayi yang teksturnya lebih kasar.

Sekarang, ibu tahu kan mengapa ibu tidak boleh selalu memberikan bubur yang encer kepada si kecil? Tentu ada tahapannya. Seperti halnya anak balita. Tidak mungkin ibu bisa langsung memberikan makanan yang pedas. Level pedasnya harus sedikit terlebih dahulu. Begitu dengan bayi. Pada saat bulan pertama ibu memberikan menu MPASI berupa bubur, boleh saja ibu membuatkan bubur yang sangat lunak. Namun, menginjak usia 7 bulan dan seterusnya, ibu seharusnya memberikan menu bubur bayi yang sedikit lebih kasar. Dan saat sudah balita, ibu berikan makanan seperti orang dewasa.

Untuk saat ini, ibu ingin tahu ide membuat bubur untuk bayi bergizi dengan tekstur yang sedikit lebih kasar? Tenang saja. Banyak sekali ide bubur bayi yang bisa ibu coba di rumah.

Bubur sayur brokoli salah satunya. Bubur ini sudah pasti memiliki tekstur yang kasar. Ini disebabkan brokoli merupakan sayuran yang tidak bisa diblender dengan sempurna. Sayuran ini masih berbentuk kasar sekalipun ibu sudah menghancurkannya ke dalam blender.

Tidak sulit membuat bubur sayur brokoli ini. Seperti biasa, ibu buat bubur dari beras. Kemudian, brokoli yang sudah dikukus diiris kecil-kecil lalu masukkan ke dalam bubur. Aduk hingga rata.

Ide bubur bayi yang bergizi lainnya adalah bubur daging. Ini bisa menjadi menu MPASI yang tepat untuk mengenalkan si kecil pada makanan yang terbuat dari daging. Dan cara membuatnya sangat mudah. Buat bubur seperti biasa lalu masukkan suwiran daging (ayam atau sapi) kecil-kecil.

Bubur sayuran juga layak untuk ibu coba. Tidak selamanya ibu membuatkan bubur terbuat dari beras. Ibu bisa buat variasi berupa menyiapkan menu bubur dari sayuran. Siapkan saja beberapa sayuran yang menurut ibu si kecil sangat suka. Sangat direkomendasikan untuk memilih brokoli yang kaya akan protein, wortel, dan juga kacang panjang. Tiga macam sayuran tersebut bisa dibuat bersamaan menjadi bubur sayur. Masukkan ketiga sayuran tersebut ke dalam blender lalu tambahkan sedikit air. Blender lalu masukkan sedikit ASI untuk menambah rasa. Sayur tidak perlu diblender hingga benar-benar encer dan lunak. Bubur sayuran sudah siap untuk dihidangkan.

Sayangnya, semua bubur tersebut tidak bisa dibuat ketika ibu mengajak si kecil jalan-jalan. Tentu tidak mungkin ibu membawa semua bahan sayuran dan juga blender, kan? Nah, solusi yang tepat adalah membawakan bubur bayi Nestle Cerelac. Ini memang bubur bayi instan. Namun, jangan underestimate dulu. Tidak semua yang instan itu buruk ya bu. Contohnya saja bubur dari Nestle ini.

Bubur instan ini sehat dan higienis. Sehat karena mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi yang sudah saatnya mengkonsumsi MPASI. Higienis karena memang cara pembuatan hingga pengemasannya diawasi secara serius sehingga benar-benar bersih.

Dan yang paling penting, bubur ini mudah untuk dibuat. Ibu hanya perlu menuangkan air hangat saja. Cocok untuk menu MPASI si kecil waktu di perjalanan. Ketika ibu berhenti di rest area dan ibu merasa tidak menemukan makanan yang tepat dan sehat untuk bayi, bubur bayi yang satu ini sangat tepat untuk ibu berikan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*