Akibat Kekurangan Gizi Ibu Hamil yang Satu Ini, Bayi Bisa Lahir Dalam Keadaan Cacat

gizi ibu hamil https://www.facebook.com/ibudanbalita

Gizi ibu hamil sangat menentukan bagaimana kondisi janin di dalam kandungan. Bahkan, gizi tersebut juga bisa menentukan bagaimana kesehatan bayi yang akan ibu lahirkan nanti. Pasalnya, kesehatan bayi itu dipengaruhi oleh kesehatan saat ia masih ada di dalam rahim ibu.

Itulah yang menjadi alasan kenapa seorang ibu hamil harus memastikan mendapatkan semua gizi ibu hamil dalam kadar yang sudah ditentukan oleh para ahli kesehatan kandungan. Hal ini bertujuan agar perkembangan janin baik dan tidak ada hal yang perlu dikhawatirkan selama masa kehamilan.

Terlepas dari itu semua, ada beberapa nutrisi ibu hamil yang jika dipenuhi maka yang terjadi adalah bayi lahir dalam keadaan cacat. Bagi ibu yang sedang mengandung pada saat ini, ibu harus tahu apa saja nutrisi yang dimaksud.

Vitamin D

Apa yang ibu tahu tentang vitamin D? Ini merupakan vitamin yang sangat mudah didapatkan. Dengan hanya keluar rumah di pagi sebelum waktu menunjukkan pukul 9, ibu sudah mendapatkan vitamin D. Pasalnya, sumber vitamin D ini terbanyak adalah dari sinar matahari pagi.

Akan tetapi, apakah ibu tahu apa akibatnya jika ibu tidak mendapatkan asupan vitamin D yang cukup selama masa kehamilan? Hal buruk yang bisa saja terjadi terhadap janin adalah adanya keterlambatan pembentukan tulang. Hal ini disebabkan gizi ibu hamil yang satu ini sangat mempengaruhi penyerapan kalsium yang merupakan nutrisi yang dibutuhkan untuk perkembangan tulang. Jika vitamin D kurang, maka penyerapan kalsium pun akan kurang sehingga perkembangan tulang terganggu.

Biasanya, tanda-tanda janin mengalami masalah karena kekurangan vitamin D ini adalah tidak terlihatnya gerakan-gerakan yang dilakukan oleh bayi di dalam rahim. Pada usia kehamilan trimester kedua, seharusnya bayi sudah bisa menendang perut ibu. Jika tidak, ada kemungkinan perkembangan janin terganggu karena kekurangan gizi ibu hamil yang satu ini, yaitu vitamin D.

Untuk itu, penting sekali bagi ibu untuk keluar rumah di pagi hari. Sebelum bekerja atau melakukan aktivitas setiap hari, ibu bisa mendapatkan vitamin D dengan cara berjemur di bawah sinar matahari pagi sembari jalan sehat. Mudah sekali, bukan?

Asam Folat

Mungkin ibu sudah tidak asing dengan gizi ibu hamil yang satu ini. Asam folat memang menjadi andalan di setiap produk susu ibu hamil. Hal ini disebabkan banyak sekali kasus bayi lahir dalam keadaan fisik maupun mental yang ternyata setelah didiagnosis bayi tersebut kekurangan asam folat saat masih ada di dalam rahim. Sebegitu pentingnya gizi ibu hamil ini membuat iklan produk susu ibu hamil berbagai merk menonjolkan asam folat sebagai kandungan yang paling diunggulkan.

Kekurangan asam folat sudah bisa dideteksi ketika bayi masih ada di dalam kandungan. Berat badan janin di bawah normal menjadi salah satu acuan yang merujuk pada kurangnya asupan gizi ibu hamil berupa asam folat. Jika hal ini dibiarkan, janin memang bisa bertahan. Akan tetapi, besar kemungkinan bayi akan lahir dalam keadaan cacat. Ada juga kasus yang akhirnya bayi lahir secara prematur.

Untuk mendapatkan asam folat ini, tidak hanya bisa mengandalkan susu ibu hamil saja ya. Ibu bisa mengkonsumsi seafood. Akan tetapi, ibu harus hati-hati karena seafood juga mengandung merkuri. Bersihkan dan masak hingga benar-benar matang sehingga kandungan merkuri hilang dan ibu hanya mendapatkan kebaikan dari gizi ibu hamil saja.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*