Agar Kesehatan Wanita Hamil Baik Walaupun Sedang Mudik

kesehatan wanita hamil https://www.facebook.com/ibudanbalita/

Boleh-boleh saja seorang wanita hamil mudik ke kampung halaman. Hanya saja, seorang ibu hamil yang masa persalinannya sudah dekat atau setidaknya masa kehamilan sudah mencapai usia 8 bulan sebaiknya mengurungkan waktu untuk mudik.

Untuk ibu hamil muda dan atau masa kehamilan trimester kedua, mereka hanya perlu tahu bagaimana cara menjaga kesehatan wanita hamil saat mudik. Berikut ini beberapa tips yang sebaiknya perlu ibu pertimbangkan jika ibu ingin mudik lebaran nanti.

Menggunakan Alat Transportasi yang Tepat

Kelihatannya pesawat terbang itu alat transportasi terbaik untuk digunakan ibu hamil yang ingin mudik. Pada kenyatannya tidak. Ada ibu hamil yang tidak disarankan untuk menggunakan pesawat, yaitu ibu hamil yang pernah mengalami keguguran karena kontraksi.

Begitupun ibu yang khawatir terjadi kontraksi karena saat berada di pesawat ibu rentan sekali mengalami kontraksi. Jika hal tersebut terjadi, tentu saja tidak hanya membahayakan kesehatan ibu hamil sendiri tapi juga kondisi janin di dalam kandungan.

Memamg kelihatannya pesawat itu alat transportasi terbaik karena tidak jarak yang jauh sekalipun bisa ditempuh dalam waktu yang cepat. Hanya saja jika ada resiko tersebut di atas, sebaiknya ibu menggunakan jalan darat saja.

Membatalkan Puasa

Ini hanya saran saja. Bagi ibu yang melakukan mudik ketika masih dalam bulan Ramadhan, sebaiknya ibu tidak perlu puasa. Toh ada rukhsoh atau keringanan bagi seorang ibu hamil yang khawatir jika puasa bisa mengganggu kesehatan kehamilan dan juga janin yang ada di dalam kandungan.

Selain itu, ibu harus memahami bawasannya saat di perjalanan ibu akan merasakan puasa lebih berat. Ibu akan merasa kelalahan dan untuk mengatasi hal tersebut ibu perlu mengkonsumsi lebih banyak makanan serta minuman.

Oleh sebab itu, ketika dalam perjalanan mudik, ibu sebaiknya membatalkan puasa dulu.

Menghindari Kram

Jika ibu memutuskan untuk mudik melalui jalur darat dengan menggunakan mobil pribadi, ada beberapa hal yang sebaiknya ibu lakukan agar tidak mengalami kram. Salah satunya adalah berhenti setiap 5 jam. Sebaiknya ibu minta suami ibu untuk berhenti di rest area ketika perjalanan sudah 5 jam. Saat berhenti, ibu bisa merenggangkan otot-otot kaki agar ibu tidak mengalami kram.

Dengan cara jalan santai di sekitar rest area, ibu bisa merenggangkan otot dan kram tidak akan ibu alami.

Selain itu, saat berhenti sebentar, ibu juga bisa pergi ke kamar mandi untuk buang air kecil. Seorang ibu hamil akan sering sekali merasa ingin buang air kecil. Ibu tidak boleh tahan karena menahan kencing bisa berakibat buruk untuk kesehatan ibu hamil seperti infeksi pada saluran kandung kemih.

Menggunakan Baju yang Nyaman

Ibu tidak perlu menggunakan baju yang bagus. Tapi, yang penting baju yang ibu kenakan nyaman. Ingat, ibu akan melakukan perjalanan mudik. Biasanya terjadi kemacetan di mana-mana.

Agar ibu betah dan nyaman selama di dalam mobil, baju menjadi salah satu faktor penentu. Pilihlah baju yang bisa meresap keringat. Jangan gunakan baju yang ketat. Gunakan pula sandal flat, bukan sandal yang ada heel nya. Hindari juga menggunakan sepatu.

Tips mudik tersebut di atas akan memastikan kesehatan ibu akan selalu terjaga. Tidak perlu takut mudik walaupun sedang hamil. Ibu tetap bisa mudik dan kembali dalam keadaan sehat jika ibu menerapkan tips mudik untuk ibu hamil tersebut di atas.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*