Agar Ibu Terhindar Dari Kembung Saat Hamil

kembung saat hamil www.ibudanbalita.com

Keluhan kesehatan apa saja yang sudah ibu alami selama masa kehamilan? Mungkin ibu sudah merasakan tidak enaknya mengalami morning sickness. Ini biasa dialami oleh ibu hamil di awal masa kehamilan.

Apakah ibu pernah mengalami kembung saat hamil? Sekilas ini bukan hal yang perlu dikhawatirkan. Akan tetapi, jangan salah. Keluhan kesehatan ini akan sangat berbahaya. Jika perut ibu kembung, maka ibu akan merasa kurang bernafsu untuk mengkonsumsi makanan. Selera makan hilang dan akhirnya ibu tidak bisa memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh janin. Ibu bisa bayangkan apa yang mungkin terjadi selanjutnya, bukan?

Oleh sebab itu, ibu harus bisa terhindar dari kembung saat hamil. Apa yang bisa ibu lakukan?

  1. Pola Makan Diperbaiki

Mungkin ibu selama ini merasa sudah melakukan pola makan yang benar. Makan tiga kali sehari dengan menu yang pasti mengandung nutrisi yang baik untuk ibu hamil.

Namun, bagaimana dengan porsi makannya? Bukankah ada janin di dalam kandungan sehingga ibu harus mengkonsumsi makanan lebih banyak?

Banyak ibu hamil yang menganggap ketika hamil ia harus makan lebih banyak. Namun, siapa sangka jika mengkonsumsi makanan terlalu banyak bisa menyebabkan kembung.

Memang ibu harus makan lebih banyak karena nutrisi tidak hanya ibu butuhkan tapi juga janin di dalam kandungan. Namun, hal tersebut tidak lantas membuat ibu harus makan banyak. Sangat disarankan agar ibu mengkonsumsi makanan dengan porsi yang sedikit namun frekuensinya banyak. Mungkin ibu makan empat atau lima kali sehari. Dengan cara ini, ibu tidak akan perlu khawatir kembung ketika hamil.

Selain itu, yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah posisi tubuh ketika makan. Perut ibu tidak akan kembung jika ibu duduk tegak. Jangan sampai perut tergencet. Pada dasarnya inilah yang sering menyebabkan ibu hamil kembung.

  1. Pilih Makanan Yang Tepat

Memang ada makanan yang menyebabkan kembung, yaitu makanan yang mengandung gas. Beberapa makanan yang mengandung gas adalah kacang-kacangan, kubis, brokoli, dan asparagus.

Ibu bisa menemukan menu makanan sehat ibu hamil di www.ibudanbalita.com. Yang pasti, jika ibu rentan sekali mengalami kembung, hindari makanan yang mengandung gas yang tinggi.

Sebenarnya, pola makan yang tepat dan juga menu makanan yang baik akan menghindarkan ibu mengalami kembung saat hamil. Hanya saja, ibu harus tahu resiko kembung itu memang ada saat ibu hamil. Hal terkait dengan peningkatan produksi hormone progesterone di dalam tubuh. Dan faktor yang satu ini tidak bisa dihindari.

Hanya saja, dengan menerapkan pola makan yang baik serta memilih makanan yang tepat akan membuat resiko kembung bisa ditekan.

Jika ibu mengalami kembung, ibu harus bergegas minum air putih yang banyak. Akan tetapi, jangan menggunakan sedotan. Jika ibu minum menggunakan sedotan, maka akan semakin banyak udara di dalam perut dan kembung akan semakin sulit diatasi.

Selain itu, ibu bisa membuat menu makanan yang tidak mengandung gas dan tidak mengandung lemak. Jangan pernah berpikir untuk minum obat kimia ya. Yang perlu ibu lakukan hanya membiarkan agar udara di dalam perut segera berkurang.

Ada banyak tips menjaga kesehatan ibu hamil selain harus mengkonsumsi obat yang bisa mengakibatkan efek buruk bagi ibu dan juga janin di dalam kandungan. Dapatkan informasi tersebut dengan bergabung di forum ibu dan balita.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*