Ada Nggak Ya Susu Kehamilan Tinggi Kalsium?

susu kehamilan https://www.facebook.com/ibudanbalita/

Salah satu keluhan ibu hamil adalah nyeri tulang. Hal ini sering dirasakan saat kehamilan sudah mencapai usia trimester ketiga. Nyeri tulang tersebut bisa disebabkan ibu hamil kekurangan nutrisi berupa kalsium. Apakah ibu sudah merasakan keluhan yang satu ini?

Untuk itulah banyak orang yang mencari susu kehamilan yang mengandung kalsium dalam jumlah yang tinggi. Hal ini dianggap cara yang paling tepat untuk mengatasi keluhan nyeri tulang tersebut. Benarkah demikian?

Kandungan Kalsium Pada Susu Ibu Hamil

Untuk mengetahui susu mana yang mengandung kadar kalsium tinggi, ibu perlu tahu terlebih dahulu berapa jumlah kalsium yang ibu butuhkan setiap hari.

Menurut pakar kesehatan, seorang wanita dengan usia di atas 18 tahun secara umum membutuhkan kalsium sebanyak 1000 mg per hari, terlepas ia sedang hamil atau tidak. Tentu saja jumlah ini sangat besar mengingat kalsim sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang.

Lalu, berapa jumlah kalsium di dalam susu untuk ibu hamil? Ternyata, rata-rata jumlah kalsium di dalam satu gelas susu itu kurang lebih 301 mg. Tentu saja jumlah tersebut masih jauh dari kata cukup untuk memenuhi kebutuhan kalsium hari ibu hamil.

Apakah ada susu ibu hamil yang kandungan kalsiumnya sangat tinggi? Ternyata, rata-rata kandungan kalsium di dalam susu untuk ibu hamil itu sama. Tidak ada yang lebih tinggi. Karena dikhawatirkan ibu hamil mendapatkan asupan kalsium yang berlebihan karena hal tersebut bisa menyebabkan efek yang buruk.

Para ahli kesehatan ibu hamil menyarankan agar mendapatkan asupan nutrisi berupa kalsium dari makanan, tidak dari susu ibu hamil saja. Banyak sekali makanan yang menganudng kalsium seperti sayuran hijau, kacang kedelai, ikan laut, dan juga beberapa buah-buahan. Jadi, jika ibu merasa kurang kalsim, bukan berarti ibu harus cari susu ibu hamil dengan jumlah kalsium tinggi. Ibu hanya perlu makan makanan yang mengandung kalsium saja.

Bahaya Kelebihan Kalsium Untuk Ibu Hamil

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, tidak hanya kekurangan kalsium saja yang bisa menyebabkan efek buruk. Kelebihan kalsium juga bisa menyebabkan efek buruk bagi ibu hamil. Salah satu yang sering terjadi adalah konstipasi atau susah BAB.

Seorang ibu hamil memiliki peningkatan jumlah hormone. Pada saat inilah konstipasi bisa terjadi. Apalagi jika ibu mendapatkan asupan kalsium yang berlebihan. Resiko terkena konstipasi lebih tinggi.

Selain itu, kalsium yang berlebihan juga bisa menyebabkan mual dan muntah. Terutama saat ibu sedang hamil muda yang masih sering mengalami morning sickness, sebaiknya hindari mengkonsumsi makanan yang kandungan kalsiumnya terlalu tinggi ya. Hal ini diperlukan agar mual dan muntah tidak semakin parah.

Selain memperkuat tulang, kalsium juga bisa mengakibatkan hal yang sebaliknya lho, yaitu pengeroposan tulang atau yang sering disebut dengan degenerasi tulang. Jadi, untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang itu tidak dengan cara memperbanyak makan makanan yang mengandung kalsium ya. Karena terlalu banyak kalsium justru membuat kesehatan tulang memburuk. Jadi, kadar kalsium harus sesuai dengan saran ahli kesehatan.

Jadi, masih ingin mencari susu ibu hamil dengan kadar kalsium tinggi? Sebenarnya hal tersebut tidak perlu dilakukan. Ibu hanya perlu konsultasi kehamilan dengan bidan atau dokter kandungan jika merasa nyeri pada tulang. Dokter atau bidan akan menyarankan apa yang sebaiknya ibu lakukan. Yang jelas, ibu tidak boleh asal-asalan dalam mengkonsumsi kalsium atau minum susu ibu hamil dengan kandungan kalsium yang terlalu tinggi.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*