9 Bahan Alami Penghilang Karang Gigi

Bahan Alami Penghilang Karang Gigi Sumber: wikiHow

Tidak semua makanan masuk ke dalam pencernaan. Ada kalanya sisa makanan tersebut terselip ke dalam gigi, sehingga akan mengeras dan menimbulkan plak gigi atau karang gigi. Apalagi, bagi orang yang malas menggosok gigi. Karang gigi yang menempel pada gigi dapat meninggalkan bau tidak sedap pada mulut, tidak enak dipandang, merusak penampilan, serta mengurangi rasa percaya diri.

Karang gigi dapat dibersihkan oleh dokter gigi maupun dilakukan sendiri dengan bahan-bahan alami. Bagi kamu yang kekurangan waktu maupun takut pergi ke dokter gigi, di bawah ini beberapa bahan alami yang aman digunakan untuk mengurangi dan membantu membersihkan karang gigi.

Lidah buaya

Lidah buaya dapat membunuh bakteri yang menyebabkan penumpukan karang gigi. Cara penggunaan lidah buaya untuk menghilangkan karang gigi ialah kupas kulit lidah buaya, sisakan isi lidah buaya tersebut. Kemudian, gosokkan perlahan pada gigi. Diamkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air bersih.

Kulit jeruk

Caranya mudah. Kalian hanya perlu mengosokkan kulit jeruk pada karang gigi secara berulang.

Apel

Apel dapat membuat gigi putih dan menghilangkan karang gigi. Buah-buahan yang kaya akan vitamin C membantu kalian untuk mendapatkan gigi sehat.

Tomat dan Strawberry

Oleskan tomat atau strawberry pada gigi. Diamkan selama 5 menit. Kemudian, bilaslah mulut dengan campuran air hangat dan baking soda. Hal tersebut membantu kalian untuk menghilangkan karang gigi dan membunuh bakteri dalam mulut.

Biji Wijen

Biji wijen merupakan scrub alami yang berfungsi untuk membersihkan, memoles gigi, dan membantu menghilangkan karang gigi. Cara penggunaan biji wijen untk menghilangkan karang gigi adalah kunyahlah secara perlahan segenggam biji wijen selama 4-5 menit, tanpa dimakan. Lalu, sikat gigi kalian dengan menggunakan biji wijen yang kalian kunyah.

Teh hitam

Berkumur dengan teh hitam dapat mengurangi jumlah bakteri dalam mulut dan membantu mengurangi risiko pembentukan karang gigi karena mengandung antioksidan dan sifat antimikroba. Selain itu, teh hitam kaya akan fluoride yang membantu mencegah kerusakan gigi dan mengurangi kemampuan bakteri mulut untuk menghasilkan asam yang menyebabkan kerusakan gigi. Cara penggunaan the hitam untuk membantu menghilangkan karang gigi ialah kumurkan teh hitam hangat selama beberapa menit.

Air putih

Minumlah air secukupnya setelah makan untuk membantu mengeluarkan keluar sisa makanan di mulut dan gigi.

Cuka sari apel

Cuka sari apel terbuat dari sari pati buah apel yang bermanfaat untuk menghilangkan karang gigi. Cara penggunaan cuka dari apel untuk menghilangkan karang gigi ialah dengan merendam sikat gigi di dalam sari cuka apel sebelum digunakan untuk menggosok gigi. Kadar asam pada cuka sari apel membantu membersihkan gigi. Setelah menggosok gigi dengan sikat yang telah direndam cuka apel, jangan langsung dibilas, supaya tidak terjadi kerusakan pada enamel gigi. Tunggulah beberapa saat, kemudian kumurlah gigi kalian sampai bersih.

Cengkeh dan daun sirih

Bahan ini sering digunakan oleh orangtua untuk membersihkan gigi mereka. Cukup dengan mengunyah cengkeh dan daun sirih sudah membantu membersihkan gigi. Selain itu, perpaduan kedua bahan ini dapat membantu menghilangkan bau mulut.

Tips Mencegah Timbulnya Karang Gigi

Selain membersihkan karang gigi yang sudah menempel pada gigi, ada baiknya kalian mengetahui hal-hal yang dapat mencegah timbulnya karang gigi agar tidak mengulangi kesalahan yang sama.

Banyak minum air putih

Air putih dapat membersihkan sisa makanan pada gigi. Maka, minumlah air putih setelah makan.

Berkumur setelah makan

Berkumur setelah makan membantu menghilangkan bau mulut dan sisa makanan yang menempel pada gigi

Jangan merokok

Tembakau dapat mengakibatkan penumpukan karang gigi pada gusi. Oleh karena itu, hindari maupun kurangi konsumsi rokok.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*