8 Tips Diet tanpa Tersiksa

Diet Tanpa Tersiksa Source: http://www.ladiesandfashion.com

Berat badan ideal merupakan hal yang diimpikan hampir oleh semua wanita, bahkan terkadang laki-laki, baik usia remaja maupun dewasa, sehingga bermunculan aneka ragam jenis diet. Ada yang bertahan menahan godaan, ada yang tidak. Alasannya macam-macam, mulai dari lapar banget sampai lebih baik menikmati hidup saja, memakan semua makanan yang diinginkan. Dibutuhkan tekad yang kuat agar diet Anda berhasil. Bagaimana sih agar diet Anda berhasil? Di bawah ini beberapa tips yang membantu Anda dalam berdiet:

Jangan lupa sarapan

Sarapan membantu mempersiapkan tubuh dalam menjalankan aktivitas harian, tanpa sarapan yang baik dan benar, tubuh akan merasa cepat lapar dan nafsu makan akan naik, bahkan dapat menimbulkan gangguan sistem pencernaan karena tidak terisi. Selain itu, sarapan dapat membantu Anda berkonsentrasi lebih baik.

Pelan-pelan saja

Jangan mengurangi porsi makan secara drastis karena tubuh akan kaget. Kurangilah porsi makan secara bertahap. Misalnya, Anda yang biasanya memakan dua mangkuk nasi dikurangi hingga satu setengah mangkuk nasi.

Perhatikan komposisi makanan

Tubuh membutuhkan banyak zat dan gizi. Diet tanpa mengonsumsi dan mencukupi kebutuhan gizi harian hanya akan membuat Anda sakit. Misalnya, Anda berdiet dengan memutuskan tidak mengonsumsi karbohidrat, yang ada Anda tidak punya cukup tenaga dalam beraktivitas dan berpotensi merusak tubuh. Diet yang baik bukan diet yang menghilangkan, tetapi mencari alternatif, contohnya nasi diganti dengan kentang rebus karena mengandung GI yang lebih rendah.

Kenali istilah-istilah penting

Banyak orang ‘salah kapra’ dalam berdiet. Contohnya, bukan tidak boleh mengonsumsi makanan berlemak, tapi konsumsilah lemak yang ‘baik’ dan secukupnya, seperti lemak dalam buah alpukat. Lemak yang perlu dihindari ialah lemak jenuh dan lemak trans karena lebih sulit diurai dan dicerna tubuh.

Minum air yang cukup

Air dibutuhkan tubuh untuk mencerna makanan. Selain itu, air juga dapat membantu mengurangi kadar lemak. Selain itu, air juga dapat membantu Anda mengetahui apakah Anda benar-benar lapar atau haus karena banyak orang terkadang salah mengartikan keduanya. Apabila setelah minum Anda sudah

merasa tidak lapar, itu artinya tubuh Anda hanya kekurangan air, bukan kelaparan. Konsumsi air perlu diperhatikan khusus bagi Anda yang memiliki penyakit tertentu, contohnya penyakit jantung. Lebih baik tanyakan ke dokter sebelum memutuskan meminum terlalu banyak air.

Cari kegiatan yang cocok

Sudah pernah merasakan berpuasa saat tidak bekerja atau tidak ada kegiatan? Waktu serasa berjalan sangat lambat bukan? Begitu pula halnya dengan berdiet. Tanpa kegiatan Anda akan lebih tergoda untuk makan. Meskipun begitu, perhatikanlah kegiatan yang Anda lakukan saat sedang berdiet. Misalnya, Anda hanya mengonsumsi 1200 kalori per hari dan melakukan olahraga yang membakar 600 kalori. Hei, walaupun sedang tidur tubuh Anda tetap butuh kalori, yang ada bukan sehat yang Anda dapat, tetapi sakit.

Tidur cukup

Kurang tidur dapat menyebabkan meningkatkan hormon yang dapat meningkatkan nafsu makan. Oleh karena itu, usahakan untuk mendapatkan waktu tidur berkualitas setiap harinya. Selain itu, waktu tidur yang cukup memungkinkan kinerja Anda baik keesokan harinya.

Siapa bilang tidak boleh ngemil? Boleh kok

Ngemil di antara waktu makan siang dan makan malam baik dalam menjaga lambung tetap terisi dan menghindarkan Anda dari sakit pada sistem pencernaan, tapi bukan berarti karena boleh ngemil Anda dapat memakan semua jenis camilan. Pilihlah camilan ringan agar waktu makan malam tidak terganggu dan jangan lupa mencocokkan camilan Anda dengan tips-tips di atas. Ngemil juga dapat membantu Anda dari kemungkinan meningkatnya nafsu makan karena perut terasa sangat lapar saat makan malam.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*