7 Penyebab Bayi Nangis Tiap Malam

bayi nangis tiap malam www.johnsonsbaby.co.id

Banyak ibu-ibu yang bingung ketika bayi nangis tiap malam. Ada anggapan yang mengatakan bahwa bayi menangis itu untuk berkomunikasi dengan orang lain karena mereka tidak bisa mengekspresikan kebutuhan dan keinginannya dalam bentuk kata-kata. Namun, apa penyebab yang membuat bayi terus menerus menangis setiap malam sehingga ia sulit untuk tidur? Berikut ini akan dijelaskan beberapa makna dari tangisan bayi di setiap malamnya.

  1. Lapar

Lapar merupakan penyebab pertama yang membuat bayi nangis tiap malam. biasanya bayi akan mudah rewel terutama pada bulan-bulan awal ia dilahirkan. Ia tidak akan berhenti menangis sebelum diberikan ASI oleh ibunya. Biasanya ibu akan sering terbangun selama kurang lebih 5 kali dalam waktu semalam. Pola rengekan lapar ini biasa ditandai dengan tangisan yang persisten, menuntut dan hampir berirama.

  1. Kelelahan

Ketika orang tua mengajak bayinya bepergian jauh menggunakan mobil dan dalam waktu yang lama, itu bisa saja membuat si bayi merasa kelelahan. Meskipun pada saat di perjalanan ia tertidur. Mengapa bisa kelelahan? Karena tidur dalam kendaraan tidak sebebas tidur di atas kasur. Posisi tubuh bayi mungkin saja kurang enak selama di perjalanan. Lalu, sesaat setelah sampai di rumah dan akan tidur, si bayi akan menangis setiap malam karena merasa ada yang tidak nyaman dengan tubuhnya.

  1. Mimpi Buruk

Bayi yang baru berusia 4 bulan memiliki kesamaan dengan manusia dewasa dalam beberapa hal, sehingga mereka juga bisa mengalami mimpi buruk. Dan biasanya bayi mimpi terkait dengan apa yang ia alami sepanjang hari itu. Contohnya adalah bayi yang sudah mandi sore dan sudah wangi, lalu ada yang mengajaknya untuk bermain. Namun, mendadak ia didiamkan oleh orang yang mengajak main itu. Ia merasa kecewa tetapi belum mampu mengungkapkannya dengan kata-kata. Alhasil si bayi akan menangis setiap malam walaupun kegiatan bermain itu dilakukan siang hari.

  1. Ruam Popok

Popok yang terlalu ketat, kecil, basah dan tidak segera diganti akan mengakibatkan ruam popok. Selain itu, ruam juga bisa ditimbulkan oleh reaksi alergi tubuh si bayi terhadap bahan elastis pada popok. Hal ini bisa menyebabkan rasa sakit dan menjadi penyebab bayi nangis tiap malam.

  1. Kamar Yang Terlalu Gelap Atau Terang

Ketika bayi terbangun pada malam hari, ia sangat membutuhkan sedikit cahaya. Apabila keadaan kamar terlalu gelap, ia akan menangis keras untuk membangunkan orang tuanya. Disisi lain, kondisi kamar yang terlalu terang juga bisa membuat si bayi menangis. Jalan keluarnya adalah pasang lampu dengan tingkat cahaya yang tidak terlalu terang dan tidak terlalu gelap. terpapar cahaya yang terlalu terang.

  1. Panas Atau Dingin

Biasanya bayi nangis tiap malam disebabkan karena ia merasa kepanasan atau kedinginan. Jika bayi merasa terlalu panas atau dingin ia akan sulit untuk istirahat sehingga rewel sepanjang malam. Buatlah velntilais udara yang bagus dan pasanglah AC agar si bayi tidak terus menerus menangis.

  1. Gumoh

Gumoh atau muntah susu merupakan penyebab ke tujuh bayi menangis setiap malam. Gumoh pada bayi biasanya terjadinya karena pemberian asi atau susu formula yang berlebihan, posisi menyusui yang salah, fungsi pencernaan yang belum sempurna, dan lain-lain. Hal ini juga umumnya terjadi secara spontan. Biasanya dialami oleh bayi yang berumur di bawah 4 bulan dan gumoh berkurang sejalan dengan bertambahnya usia si bayi.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*