7 Cara Membersihkan Wajah Menuju Kulit Wajah yang Sehat

cara membersihkan wajah www.cleanandclear.co.id

Cara membersihkan wajah tidak hanya sekedar mencuci wajah setiap hari saja. Alasannya, kotoran yang ada di wajah tidak akan benar-benar bersih jika hanya sekedar mencuci wajah dengan sabun saja. Kotoran dan minyak yang ada di wajah perlu diberikan perawatan yang lebih jika ingin benar-benar dibersihkan.

Cara berikut bisa kamu ikuti sebagai bagian dari rutinitas membersihkan wajah kamu setiap hari, karena peralatan dan bahan yang digunakan cukup sederhana sehingga bisa kamu lakukan dengan mudah di rumah.

Apa saja yang perlu dilakukan ketika membersihkan wajah, agar kulit wajah sehat?

  1. Cuci wajah tidak cukup 1x!

Mencuci wajah setiap hari mungkin sudah biasa kamu lakukan untuk membersihkan wajah dari kotoran setelah kamu selesai beraktivitas. Tapi mencuci wajah hanya satu kali setelah beraktivitas atau sebelum tidur itu tidak cukup. Cucilah wajah dua kali sehari, pagi ketika bangun tidur, dan malam sebelum tidur.

Walaupun kamu mungkin merasa wajah bersih dan belum terkena kotoran di pagi hari, akan lebih baik jika kamu tetap mencuci wajah di pagi hari. Wajah pun jadi terlihat lebih segar ketika kamu beraktifitas, kan?

  1. Gunakan produk pembersih wajah yang tepat

Ketika membersihkan wajah, hindari menggunakan sabun batang atau sabun mandi biasa. Pastikan kamu menggunakan sabun dan cairan pembersih khusus untuk wajah. Alasannya, karena sabun yang diformulasikan khusus untuk kulit wajah akan lebih sesuai dengan jenis kulit. Sementara, menggunakan sabun mandi biasa hanya akan sekedar membersihkan kotoran namun belum tentu bisa melindungi kulit.

  1. Jangan sembarang mengeringkan wajah dengan handuk!

Setelah selesai mencuci wajah, tentunya kamu perlu mengeringkan wajah. Akan tetapi, pastikan kamu mengeringkan wajah dengan handuk atau tissue yang bersih. Walaupun itu di rumah, terkadang memang paling mudah untuk mengeringkan wajah dengan menggunakan handuk atau lap yang diletakkan di samping wastafel untuk mengeringkan tangan. Akan tetapi, kamu perlu ingat bahwa handuk tersebut sudha dipakai berulang kali, dan sudah tidak hiegenis. Kamu tidak mau kan, wajah yang sudah bersih dicuci terkena kuman kembali karena handuk yang kotor?

  1. Cuci wajah dengan air hangat

Mencuci wajah dengan air hangat atau suhu ruangan itu penting, walaupun mungkin mencuci wajah dengan air dingin itu akan terasa lebih segar. Akan tetapi, mencuci wajah dengan air yang bersuhu terlalu ekstrim akan membuat kulit menjadi iritasi. Sayang sekali, kan?

  1. Gunakan scrub

Exfoliation, atau proses dimana kulit wajah dicuci dengan menggunakan scrub untuk membung sel-sel kulit mati itu perlu kamu lakukan seminggu sekali. Tidak perlu terlalu sering, karena menggunakan scrub pada wajah terlalu sering juga dapat menyebabkan iritasi. Tapi, sel kulit mati itu perlu juga untuk dibersihkan agar wajah tidak terlihat kusam.

  1. Sempatkan untuk melakukan facial

Facial juga bukan perawatan yang harus kamu lakukan setiap hari atau dalam frekuensi yang terlalu sering. Selain karena akan memakan waktu dan biaya yang lebih, melakukan perawatan facial hanya perlu dilakukan sekali-sekali untuk membersihkan kulit wajah lebih dalam. Jika kamu sudah membersihkan wajah dengan benar sendiri di rumah, akhirnya kamu juga tidak perlu terlalu sering untuk melakukan facial, kan.

  1. Ekstra hati-hati dengan bagian sekitar mata

Ketika membersihkan wajah dengan cara apapun, kamu perlu mengingat untuk lebih berhati-hati ketika membersihkan area sekitar mata. Selain untuk menghindari masuknya sabun atau bahan pembersih wajah lainnya ke dalam mata, kulit di bagian sekitar mata itu adalah kulit yang paling lembut di wajah. Sehingga, jika kurang berhati-hati, akan sangat mudah untuk membuat kulit bagian sekitar mata menjadi iritasi.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*