7 Bahan Alami Mudah Didapat dan Digunakan untuk Mengatasi Rambut Lepek

tips mengatasi rambut lepek situsmedia.net

Banyak orang mengatakan penampilan merupakan faktor penunjang kecil, namun penting bagi perempuan agar sedap dipandang itu perlu. Penampilan seseorang dapat dilihat dari ujung kepala hingga ujung kaki. Salah-salah menampilkan salah satu bagian tersebut dapat menurunkan tingkat kepercayaan diri. Bagi perempuan, rambut merupakan salah satu bagian dari penampilan. Rambut sering dikatakan sebagai mahkota wanita, sehingga wajar apabila kamu memberi perhatian lebih kepada mahkotamu bukan?

Masalah yang sering dialami pada rambut ialah rambut rontok, rambut rusak dan bercabang, rambut berketombe, rambut kasar, hingga rambut lepek. Artikel ini akan membahas mengenai bahan-bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah rambut lepek.

Apa itu rambut lepek dan apa penyebabnya?

Rambut lepek merupakan masalah rambut yang terjadi karena banyaknya produksi minyak dan keringat pada kulit kepala, terutama ketika seseorang terlalu lama dan sering berkegiatan di luar ruangan, sehingga sering terkena paparan sinar matahari.

Bahan alami apa sajakah yang dapat membantu mengatasi masalah rambut lepek?

  • Lendir lidah buaya

Bahan ini mudah didapat dan memiliki banyak kegunaan. Lidah buaya dipercaya mampu menjaga kesehatan tubuh, kulit, maupun rambut. Selain mudah didapat, lidah buaya mudah digunakan dan harganya pun terjangkau. Cukup mengoleskan lender lidah buaya sekitar 30 menit sebelum keramas, kemudian membilasnya hingga bersih dapat membantu mengatasi masalah rambut lepek dan menunjang penampilanmu loh.

  • Air perasan jeruk nipis atau lemon

Air perasan jeruk nipis maupun lemon memiliki manfaat untuk mengatasi kulit kepala berminyak dan rambut lepek. Penggunaannya mudah, hanya perlu menggunakan air perasan jeruk nipis atau lemon saat keramas sebagai pengganti kondisioner secara rutin. Namun, hati-hatilah menggunakan bahan ini apabila kulit kepalamu sedang luka. Air jeruk nipis atau lemok yang bersifat asam dapat memperburuk lukamu dan saat digunakan akan menimbulkan rasa perih.

  • Minyak zaitun

Oleskanlah minyak zaitun pada rambut dan kulit kepala secukupnya (jangan terlalu banyak karena akan membuat kulit kepala berminyak) secara merata sebelum keramas. Lalu, pijat dengan lembut dan tunggu sekitar 15 menit, kemudian bilas hingga bersih.

  • Madu

Oleskan madu pada rambut dan kulit kepala secara merata. Tunggulah selama 30 menit sampai satu jam, kemudian bilas sampai bersih.

  • Campuran Pisang dan minyak zaitun

Potong dan haluskan dua pisang ukuran sedang dan campurkan dengan satu sendok minyak zaitun. Oleskan campuran pisang dan minyak zaitun pada kulit kepala dan rambut, kemudian diamkan selama 30 menit hingga satu jam sebelum keramas.

  • Cuka sari apel

Cuka sari apel dapat mempuat rambut lebih lembut, membantu mengatasi kerusakan rambut dan bebas lepek. Bahan ini umumnya digunakan setelas keramas.

  • Camputan yogurt dan minyak kelapa

Minyak kelapa dapat digunakan sebagai pengganti kondisioner. Cukup dengan mencampurkan satu hingga dua sendok minyak kelapa dengan yogurt (usahakan menggunakan yogurt tanpa bahan pemanis) dan mengoleskannya pada rambut dan kulit kepala 30 menit hingga satu jam sebelum keramas.

Seberapa sering bahan-bahan tersebut digunakan?

Perawatan rambut akan lebih maksimal jika rutin digunakan. Penggunaannya pun umumnya disesuaikan dengan jadwal keramas. Jadwal keramas yang baik ialah keramas yang tidak terlalu sering maupun terlalu jarang untuk menghindari munculnya masalah rambut lainnya. Umumnya keramas yang baik dilakukan dua hari sekali.

Ada baiknya untuk memilih dan menggunakan satu bahan secara rutin dan tunggu hasilnya selama satu bulan. Selamat mencoba.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*