6 Tips Praktis Untuk Dekorasi Kamar Bayi

Dekorasi kamar bayi

www.johnsonsbaby.co.id

Mendekorasi kamar bayi, khususnya anak pertama memang menyenangkan bagi orang tua tetapi ini bukanlah hal yang mudah. Orang tua harus memperhatikan kenyamanan sekaligus keamanan bagi bayi. Selain itu, dekorasi kamar bayi juga tidak di desain berdasarkan kesenangan saja, tema nya harus tetap ditentukan agar bersinergi satu sama lain. Agar Anda tidak bingung, berikut ini akan dijelaskan beberapa tips mendekorasi kamar bayi agar terlihat rapi dan indah.

1. Penentuan Posisi Ruangan


Biasanya orang tua bingung ketika memiliki rumah dengan bentuk yang minimalis sehingga sulit untuk mendekorasi kamar bayi. Padahal bayi membutuhkan suasana yang tenang dan terbebas dari suara yang mengganggu. Nah, maka dari itu pilih posisi ruangan yang setidaknya jauh dari suara keramaian agar tumbuh kembang otak anak Anda tidak terganggu. Dan juga buatlah kamar bayi yang posisinya tidak berjauhan atau sebelahan dengan kamar Anda jadi apabila anak menangis, Anda mendengarnya dan bisa langsung menghampirinya.

2. Desain Kamar Bayi

Bayi cenderung akan lebih senang jika dia melihat hal-hal yang bernuansa cerah, sebagai orang tua sebaiknya pilihlah tema yang lebih dominan menggunakan warna cerah. Mengapa demikian? Karena bayi akan lebih ceria dan hal ini juga akan mempengaruhi syaraf penglihatan si bayi.

3. Pemilihan Warna Kamar

Pemilihan warna kamar juga menjadi aspek penting dalam mendekor kamar bayi. Cat yang dipilih sebaiknya bernuansa ceria. Anda dapat memilih warna seperti warna biru untuk warna dinding kamar tidur anak laki-laki atau anda pink untuk warna dinding anak perempuan. Namun, jika Anda ingin memiliih warna netral agar nantinya bisa digunakan untuk anak selanjutnya, Anda bisa memilih warna putih, hijau muda, atau warna soft lainnya. Dengan warna yang ceria, ketika bayi tumbuh besar, dia akan menjadi lebih betah berada di dalam kamar.

4. Pemilihan Perabot

Kamar bayi umumnya akan digunakan hingga ia tumbuh dewasa. Oleh karena itu, pilihlah beberapa perabot berkualitas dan memiliki model yang tidak lekang oleh waktu. Dengan demikian, ketika si bayi beranjak menjadi anak-anak atau remaja, perabot tersebut masih dapat digunakan. Perabot yang dipilih juga harus aman sehingga tak berbahaya bagi si kecil.

5. Sediakan Ruang Penyimpanan

Dekorasi kamar bayi yang baik itu memang harus disediakan ruang penyimpanan. Keberadaan ruang penyimpanan ini sangat penting untuk menyimpan berbagai keperluan si kecil dengan rapi dan aman. Salah satunya, Anda dapat meletakkan sebuah lemari yang dilengkapi dengan rak susun. Lemari dapat berguna untuk menyimpan pakaian si kecil, sedangkan rak susun berguna untuk menyimpan barang berdasarkan jenisnya, seperti mainan, buku, dan lain-lainnya.

6. Pencahayaan

Pencahayaan juga diperlukan dalam hal dekorasi kamar bayi. Nah, pencahayaan bisa didapat dari lampu atau pun cahaya matahari. Agar cahaya yang masuk dapat maksimal, Anda bisa memasang jendela pada kamar bayi Anda. Cahaya matahari ini sangat berguna untuk kesehatan tulang bayi. Selain itu, Anda juga dapat memasang lampu dengan pencahayaan yang pas agar si bayi tidak merasa silau. Sediakan juga lampu redup yang tergantung. Lampu tersebut dapat dinyalakan ketika bayi tidur di malam hari.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*