6 Tips Praktis Memilih Tempat Tidur Bayi

Tempat tidur bayi

www.johnsonsbaby.co.id

Kelahiran sang buah hati memang menjadi dambaan bagi pasangan yang baru saja menikah karena tentu memberikan kebahagiaan tersendiri. Semua perlengkapan bayi juga pastinya sudah direncanakan terutama pemilihan tempat tidur bayi. Nah, ingat bahwa pemilihan tempat tidur ini banyak yang harus dipertimbangkan loh. Tidak hanya melihat dari sisi keindahan dan keunikan saja tetapi aspek keamanan pun tak luput untuk diperhatikan. Bagi Anda yang bingung tempat tidur bayi seperti apa sih yang cocok digunakan oleh bayi Anda nantinya? Simak ulasannya berikut ini.

1. Budget Atau Dana

Memilih tempat tidur bayi memang membutuhkan dana yang tidak sedikit. Harus disesuaikan dengan anggaran dan kemampuan Anda dalam membelinya. Selain itu, penting juga untuk memperhatikan aspek keselamatan bayi ketika ia tidur. Jangan berpikir bahwa harga tempat tidur yang murah itu kualitasnya buruk, karena anggapan itu belum tentu benar 100%. Dan jangan juga berpikir bahwa tempat tidur yang mahal itu sudah pasti kualitasnya baik.

2. Jeruji Atau Pagar

Sebagai orang tua, apabila memilih tempat tidur yang berbahan dasar kayu dan memiliki jeruji, maka penting untuk tidak memilih box bayi yang memiliki pintu di bagian samping. Selain itu, jarak antar jeruji yang baik maksimal 6 cm. Dengan jarak 6 cm tersebut, bagian tubuh si bayi tidak akan terjepit di sela-sela jeruji tempat tidurnya.

3. Kelambu Untuk Menutupi Tempat Tidur

Hal ketiga yang penting untuk dilakukan ketika memilih tempat tidur bayi adalah kelambu. Kelambu ini wajib ada di tempat tidur agar ia terbebas dari gigitan nyamuk dan mengurangi hembusan angin. Selain itu, kelambu juga sangat berguna untuk menghangatkan tubuh si bayi. Tips memilih kelambu yaitu pilih yang jaringnya rapat tetapi sirkulasi udara tetap ada di dalamnya dan cari yang berbahan dasar lembut agar si bayi tetap nyaman ketika tidur.

4. Alas Pengganti

Bayi yang baru lahir atau yang berusia kurang dari 6 bulan biasanya masih sering buang air sembarangan. Entah itu buang air kecil ataupun buang air besar. Sebaiknya pilih alas tempat tidur yang bisa dicopot dan diganti. Hal ini dilakukan agar ketika si bayi mengompol, Anda sebagai orang tua tak perlu kerepotan membersihkan tempat tidur. Alas yang dipilih pun sebisa mungkin berbahan lembut agar si bayi nyaman dan tidak terus-menerus menangis karena kesakitan.

5. Roda

Bentuk roda yang kecil memang terkadang luput dari perhatian, padahal bagian ini juga penting untuk diperhatikan. Terutama bagi orang tua yang ingin memindah-mindahkan posisi ranjang bayinya. Dengan adanya roda, para ibu menjadi lebih mudah dan terbantu untuk memindahkan tempat tidur ke posisi manapun. Bahkan hal ini bisa dilakukan sendiri tanpa bantuan siapapun.

6. Posisi Matras Dapat Diatur

Pilihlah tempat tidur bayi yang posisi matrasnya dapat diatur. Hal ini dibutuhkan agar keamanan bayi tetap terjaga hingga si bayi dapat berdiri dengan sendirinya. Apabila bayi dapat berdiri sendiri dengan memegang sisi-sisi yang ada pada tempat tidur, maka sebaiknya tingkat matras diturunkan hingga yang paling rendah. Hal ini untuk mencegah bayi keluar atau loncat dari tempat tidur dengan sendirinya tanpa pengawasan orang tua. Namun, jika bayi belum dapat berdiri, Anda bisa memposisikan matras hingga paling atas untuk memudahkan si ibu ketika ingin menggendong bayinya dari ranjang.

Itulah beberapa tips praktis yang harus diperhatikan ketika ingin membeli tempat tidur bayi. Anda dapat mengkombinasikannya sesuai dengan budget dan keinginan Anda. Pastinya harus tetap nyaman untuk si bayi.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*