6 Cara Mengatasi Bau Mulut Dengan Cepat

mengatasi bau mulut http://listerine.co.id/

Kenyataannya, bau mulut memang sangat mengganggu aktivitas Anda. Hal ini dapat mengurangi tingkat kepercayaan diri ketika Anda sedang berbincang dengan orang lain. Cara yang paling sederhana untuk mengatasi bau mulut yaitu dengan rajin menggosok gigi serta berkumur secara rutin sebelum dan sesudah bangun tidur. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa menyimak beberapa tips di bawah ini untuk mengatasi bau mulut.

  1. Gunakan Daun Sirih

Daun sirih dikenal sebagai antispetik yang ampuh untuk mengatasi beberapa persoalan kesehatan. Kebanyakan wanita menggunakan daun sirih untuk mengatasi masalah kewanitaan seperti keputihan. Selain itu, daun sirih juga ampuh untuk mengatasi bau mulut yaitu dengan cara mengunyahnya secara rutin. Memang bagi wanita muda terlihat tidak terbiasa karena mengunyah sirih identik dengan nenek-nenek. Padahal nenek atau kakek yang tinggal di pedesaan dalam bahasa jawa dikatakan nginang justru membuat gigi menjadi kuat dan terhindar dari bau mulut. Cara ini bisa Anda tiru karena daun sirih termasuk bahan alami sehingga tidak berbahaya untuk kesehatan mulut Anda.

  1. Gunakan Kayu Manis

Kayu manis mengandung aldehida cinnamic, yakni minyak esensial yang tidak hanya ampuh untuk mengatasi bau mulut tetapi juga berguna untuk mengurangi jumlah bakteri dalam mulut. Caranya cukup mudah yaitu didihkan satu sendok teh bubuk kayu manis dalam secangkir air. Anda juga dapat menambahkan daun kapulaga. Setelah mendidih, saring airnya dan gunakan sebagai obat kumur. Lakukan hal ini secara rutin agar bau mulut Anda cepat hilang.

  1. Berkumur dengan Larutan Garam

Bau mulut tak perlu diatasi dengan cara yang sulit dan biaya yang mahal. Berkumur dengan menggunakan larutan garam juga dapat dilakukan minimal 2 kali sehari secara rutin. Larutan garam ini memiliki fungsi yang sama dengan larutan yang biasa digunakan setelah menggosok gigi. Namun, jangan gunakan ketika sedang sariawan. Caranya mudah, cukup larutkan garam dapur dalam air secukupnya kemudian berkumur setiap selesai menggosok gigi.

  1. Baking Soda

Baking soda atau soda bikarbonat, adalah salah satu bahan alami yang berguna untuk menghilangkan dan mengatasi bau mulut. Baking soda ini membantu keseimbangan kadar asam yang menyebabkan bau mulut. Cukup campurkan satu setengah sendok teh baking soda dalam segelas air hangat. Lalu gunakan sebagai obat kumur sehari 1x sampai bau mulut menghilang. Anda juga bisa menyikat gigi dengan baking soda. Hal ini berguna untuk mengurangi keasaman pada mulut dan mencegah bakteri yang ada di lidah.

  1. Minum Jus Jeruk atau Jus Nanas

Selain jus lemon, jus jeruk dan jus nanas juga baik untuk mengusir bau tidak sedap pada mulut. Sebelum Anda tidur, sebaiknya buatlah segelas jus jeruk atau jus nanas dengan menggunakan air hangat. Anda bisa menambahkan satu sendok madu dan sedikit kayu manis untuk menambah rasa yang nikmat. Manfaat yang dirasakan ketika mengonsumsi jus jeruk atau jus nanas ini adalah dapat membuat nafas menjadi lebih segar dan harum.

  1. Berhenti Merokok

Memang sulit jika seseorang ingin 100% berhenti merokok, bahkan sangat sulit sekali. Namun, apabila Anda tak ingin dijauhi oleh orang disekitar karena bau mulut, maka Anda harus memotivasi diri sendiri untuk mulai mengurangi rokok sampai nantinya berhenti total. Supaya Anda bisa terlepas dari rokok, Anda dapat membeli nikotin tempel yang dijual di apotik terdekat. Cara ini terbukti cukup efektif untuk membantu seseorang mengurangi kecanduan merokok.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*