5 Menu Makanan Ibu Hamil yang Mempengaruhi Kecerdasan Otak Janin

makanan sehat untuk ibu hamil www.facebook.com/ibudanbalita

Makanan ibu hamil itu bisa ibu dapatkan dengan mudah. Ibu bisa pesan catering yang biasa menyediakan makanan sehat untuk ibu hamil. Akan tetapi, apakah makanan tersebut juga bisa merangsang kecerdasan otak janin?

Ternyata, otak janin sejak di dalam kandungan bisa dirangsang sehingga bayi ibu nanti akan cerdas. Ini bukan mitos tapi bisa dibuktikan secara ilmiah. Ada beberapa makanan yang bisa menstimulasi perkembangan otak janin. Ibu harus tahu 5 menu makanan yang baik untuk merangsang kecerdasan otak janin tersebut.

Apa saja kelima menu makanan tersebut? Berikut penjelasan lebih lengkapnya.

Telur

Tahukah ibu jika telur memiliki kandungan protein yang tinggi? Menurut ahli kesehatan, protein dalam telur mampu merangsang otak janin. Jadi, ibu sebaiknya menjadikan telur sebagai menu makanan ibu hamil. Agar tidak membosankan, ibu bisa mengganti olahannya. Ada beberapa cara untuk menikmati telur seperti telur ceplok sambal kecap, telur dadar dicampur kuah santan, dan masih banyak lagi.

Selai Kacang

Bagi wanita karir yang sedang mengandung, pasti ini kabar yang sangat baik. Roti dengan selai kacang bisa ibu jadikan menu makanan sehat ibu hamil. Dan pastinya tidak repot untuk membuatnya. Ibu bisa menjadikan roti selain kacang ini sebagai menu makan siang. Jadi, ibu tidak perlu mondar-mandir ke kantin untuk membeli makan siang. Apalagi dengan kondisi perut yang sudah besar, akan sangat merepotkan jika ibu harus naik berjalan ke kantin.

Selai kacang mengandung antioksidan yang tinggi. Dan yang terpenting, vitamin E yang ada di dalam selai kacang akan membantu perkembangan sel otak janin.

Ikan Salmon

Menu makanan ibu hamil yang satu ini sedikit ribut dalam pembuatannya, yaitu ikan salmon. Menu yang satu ini bisa ibu pilih jika ibu tidak ada kesibukan. Pasalnya, untuk memasak ikan salmon, diperlukan waktu yang cukup lama.

Untuk ibu hamil yang bekerja, ibu bisa menjadikan menu makanan ikan salmon ini sebagai menu akhir pekan. Sambil rileks melepas penat dan stress, ibu bisa menyantap ikan salmon yang mengandung omega 3, AA, dan DHA yang baik sekali untuk otak janin.

Daging Sapi

Jangan khawatir dengan menu berupa daging sapi. Memang banyak dokter kandungan yang tidak menganjurkan mengkonsumsi daging sapi lantaran kandungan lemak yang tidak baik untuk ibu hamil.

Akan tetapi, untuk mengantisipasi hal tersebut, ibu bisa memasak daging sapi benar-benar matang. Daging sapi memiliki kandungan zat besi dan protein yang cukup tinggi untuk mencerdaskan otak janin.

Gandum Murni

Ada banyak sekali roti yang terbuat dari gandum murni. Tentu ini bisa ibu jadikan menu makanan ibu hamil yang sehat. Atau, ibu juga bisa cari cemilan yang terbuat dari gandum murni.

Gandum murni ini sangat penting bagi perkembangan otak janin yang ada di dalam kandungan. Kandungan vitamin B yang ada di dalamnya akan menjaga kesehatan sistem saraf.

Itulah 5 menu makanan yang ibu sebaiknya konsumsi pada masa kehamilan. Menjaga kesehatan ibu dan janin itu tidak susah jika tahu caranya. Dan yang paling penting, mulai masa kehamilan muda, ibu harus merangsang perkembangan janin, khususnya perkembangan otaknya. Selain melalui makanan yang bergizi tersebut di atas, ibu juga bisa menstimulasi otak dengan cara mendengarkan musik klasik. Itu akan mengoptimalkan nutrisi baik yang terkandung di dalam makanan ibu hamil.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*