5 Manfaat Wedang Jahe untuk Kesehatan Wanita Hamil

senam hamil www.facebook.com/ibudanbalita

Kesehatan wanita hamil bisa benar-benar terjaga jika mengkonsumsi wedang jahe. Ibu mungkin tidak percaya lantaran ada berpuluh-puluh artikel yang menjelaskan tentang bahaya mengkonsumsi jahe.

Memang banyak sekali para ahli gizi kandungan yang mengatakan jahe tidak baik untuk kandungan karena jahe membuat tubuh panas dan hal tersebut dapat memberikan efek buruk bagi perkembangan janin.

Akan tetapi, ternyata jahe tidak hanya memberikan efek buruk. Jahe juga sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi dalam kondisi-kondisi tertentu. Berikut ulasan tentang 5 manfaat jahe untuk ibu hamil.

Kandungan Jahe

Sebelum ibu tahu apa saja 5 manfaat jahe, ibu setidaknya harus tahu sekilas tentang kandungan zat dalam jahe yang baik untuk ibu hamil. Salah satu zat yang terkandungan dalam jahe adalah vitamin, seperti vitamin C, vitamin B1, dan juga vitamin A. Selain vitamin, jahe juga mengandung zat besi yang penting untuk meningkatkan hemoglobin dalam tubuh.

Yang tak kalah pentingnya adalah asam folat. Seperti yang ibu ketahui, berbagai jenis makanan sehat untuk menjaga kesehatan ibu hamil adalah makanan yang mengandung asam folat. Bahkan, kandungan ini juga ada di dalam susu ibu hamil. Asam folat ini sangat penting bagi para ibu hamil.

Tentu saja masih banyak lagi zat yang terkandung di dalam jahe ini. Vitamin, zat besi, dan asam folat merupakan tiga dari beberapa zat dalam jahe yang sangat diperlukan untuk ibu hamil.

Manfaat Wedang Jahe untuk Kesehatan Kehamilan

Memang ada banyak cara untuk mengkonsumsi jahe. Akan tetapi, yang paling sering adalah membuatnya menjadi wedang. Selain menyegarkan, membuat wedang jahe jelas lebih mudah dan siapapun bisa membuatnya sendiri di rumah.

Lalu, apa saja manfaat mengkonsumsi wedang jahe untuk kesehatan wanita hamil?

  • Mengurangi Rasa Mual

Yang paling sering menjadi keluhan para ibu hamil, khususnya hamil muda adalah rasa mual. Untuk mengurangi (bukan mengobati) rasa mual ini, ibu bisa membiasakan mengkonsumsi wedang jahe sehari sekali di pagi hari.

  • Mengatasi Masalah Sakit Kepala

Sakit kepala pada ibu hamil biasanya secara tidak langsung disebabkan karena kurang darah. Hal tersebut sangatlah wajar. Akan tetapi, sakit kepala ini jika tidak diatasi akan mengganggu kegiatan ibu sehari-hari. Oleh karena itu, ibu bisa mengkonsumsi wedang jahe sekali sehari karena jahe mengandung zat besi yang akan mengontrol produksi hemoglobin.

  • Mengobati Maag

Ibu hamil memang tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi obat-obatan kimiawi. Jika ibu memiliki riwayat maag dan ketika hamil maag tersebut kambuh, ibu bisa minum jahe sebagai obat, bukan obat berbahan kimia. Jahe bisa secara berangsur-angsur menurunkan kadar asam lambung.

  • Stress

Apakah ibu merupakan wanita karir? Tidak salah jika ibu mengkonsumsi jahe sebagai salah satu cara menjaga kesehatan wanita hamil. Ibu mungkin sering stress karena beban pekerjaan. Stress tidak baik bagi perkembangan janin. Oleh karena itu, redakan stress dengan cara mengkonsumsi wedang jahe.

  • Menurunkan Hipertensi

Hipertensi merupakan penyakit yang berbahaya jika terjadi saat kehamilan. Bahkan, jika ibu hamil mengalami hipertensi saat persalinan, hal tersebut bisa mengakibatkan kematian ibu dan bayi. Untuk itu, ibu bisa minum wedang jahe untuk menurunkan tekanan darah.

Sekarang ibu tahu apa manfaat jahe. Hanya saja, jangan sampai ibu mengkonsumsi jahe terlalu banyak. Selain itu, ibu juga perlu melakukan olahraga sebagai cara lain menjaga kesehatan wanita hamil.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*