5 Manfaat Lidah Buaya Yang Baik Untuk Kesehatan

Manfaat Lidah Buaya

Anda tentu sudah banyak mendengar mengenai khasiat dari lidah buaya bukan? Tanaman ini sering kali muncul di televisi digunakan sebagai bahan suatu produk. Nah, jika belum Anda mengetahui ternyata tanaman jenis kaktus ini mempunyai banyak sekali manfaat dan khasiat terutama bagi kesehatan. Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai 5 manfaat lidah buaya yang terbukti memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan.

Lidah buaya merupakan salah satu jenis tanaman kaktus yang masih tergolong keluarga Liliaceae. Tanaman yang satu ini pada awalnya oleh Bangsa Mesir kuno lebih sering disebut dengan tanaman keabadian, namun seiring berjalannya waktu lidah buaya lebih terkenal sebagai tanaman yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Sekarang ini lidah buaya sering digunakan sebagai bahan untuk terapi maupun krim kulit karena memang kandungannya yang sangat baik untuk kulit.

Manfaat Lidah buaya untuk kesehatan

Karena masih tergolong tanaman kaktus maka tanaman lidah buaya merupakan tanaman yang banyak sekali tumbuh di daerah yang kering dan panas seperti di India dan Afrika. Dari berbagai penelitian yang dilakukan tanaman lidah buaya memiliki beberapa kandungan yang memiliki sifat untuk menyembuhkan beberapa masalah pada kulit seperti, luka bakar pada kulit, luka infeksi, kulit kering dan lain-lain. maka tak heran jika banyak sekali produk terutama produk kecantikan menggunakan lidah buaya sebagai bahan pembuatnya. Nah, untuk mengetahui manfaat dan khasiat lainnya dari lidah buaya, berikut beberapa manfaat yang terkandung pada lidah buaya.

  • Melembabkan Kulit

Sebelumnya telah disebutkan bahwa lidah buaya mempunyai banyak manfaat terutama pada kesehatan kulit, salah satunya adalah dapat digunakan sebagai pelembab kulit. Kandungan yang terdapat pada lidah buaya bermanfaat untuk melembabkan kulit namun tidak menyebabkan kulit berminyak. Terlebih, lidah buaya ini sangat cocok bagi semua jenis kulit. Jadi, jika Anda ingin kulit yang lembab maka bisa menggunakan lidah buaya ini sebagai pelembab alami.

  • Mengobati Sunburn

Khasiat selanjutnya dari lidah buaya adalah membantu penyembuhan epitel kulit yang terluka. Epitel kulit merupakan lapisan sel atau kulit yang terdapat diseluruh tubuh manusia. Nah, manfaat dari lidah buaya ini yaitu membantu memperbaiki atau menyembuhkan epitel kulit yang rusak akibat paparan sinar matahari (sunburn)

  • Mengobati Jerawat

Nah, bagi Anda yang memiliki wajah yang berjerawat Anda bisa memanfaatkan lidah buaya untuk mengobatinya. Hormon Auksin dan giberelin yang terdapat pada lidah buaya berfungsi menyembuhkan luka dan anti inflamasi. Selain itu juga bermanfaat untuk membantu pertumbuhan sel-sel baru pada kulit sehingga dapat membantu menyembuhkan masalah kulit seperti jerawat.

  • Mengurangi Stretch Mark

Manfaat lidah buaya untuk kulit lainnya selain menyembuhkan jerawat juga bermanfaat untuk mengurangi bekas stretch mark. Stretch mark ini merupakan masalah kulit yang biasa dialami oleh ibu yang beru melahirkan karena kulit terlalu melebar. Nah, gel yang ada pada lidah buaya berkhasiat untuk mengurangi bekas stretch mark yang mengganggu penampilan Anda.

  • Sumber Nutrisi dan Membantu Saluran Pencernaan

Di dalam lidah buaya mengandung antioksidan seperti vitamin C dan E serta beta karoten yang sangat baik untuk menjaga kekencangan kulit. Selain itu, lidah buaya juga mengandung mineral, enzim, gula, lignin, asam amino dan kandungan lainnya yang baik untuk kesehatan. Bahkan beberapa orang menggunakan lidah buaya ini sebagai obat untuk sistem pencernaan dan obat pencahar alami.

Itulah 5 manfaat lidah buaya yang baik untuk kesehatan terutama kesehatan kulit. Namun tetap, khasiatnya memang tidak bisa terlihat langsung maka dari itu perlu untuk merutinkan penggunaannya.

Image Source: ndtvimg.com

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*