5 Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Anak Susah Makan

Anak susah makan dianggap menjadi hal yang wajar. Hal ini disebabkan memang banyak sekali anak yang mengalami masalah ini. Apalagi jika anak sudah mencapai usia balita. Maka tidak jarang ketika ia tiba-tiba susah sekali makan, tidak seperti biasanya. 

Anggapan tersebut cukup beralasan. Masalah tersebut sering terjadi sehingga anak yang susah makan dianggap bukan masalah yang besar. Namun, bagaimana jika hal ini membuat berat badan anak turun? Bagaimana jika masalah anak tidak mau makan ini membuat anak cepat lemas dan tidak aktif layaknya anak yang lain? Tentu ini bukan hal yang bisa disepelekan. Sebenarnya, jika dilihat dari ilmu kesehatan anak, jelas anak yang susah makan bukanlah masalah yang harus disepelekan walaupun memang masalah tersebut sering terjadi. Ibu harus mencari solusi secepatnya. Mungkin, 5 alternatif ini bisa ibu lakukan jika anak ibu susah makan.

  1. Mengganti Menu Makanan

Bisa saja anak ibu bosan dengan menu makanan yang selama ini ibu berikan. Apalagi jika ibu memang tidak begitu memperhatikan menu masakan apa yang baik untuk sang buah hati. Selain gizi, ibu juga harus pastikan menu makanan untuk anak bervariasi seperti mencoba finger food yang sehat ini. Dengan demikian, ia tidak akan mudah merasa bosan sehingga ia tidak akan susah makan. Ibu bisa browsing untuk mencari ide menu makanan yang untuk anak. Tidak hanya menu makanan yang beda, tapi juga cara penyajiannya berbeda. Ibu harus tahu, anak suka hal yang unik. Untuk mengatasi masalah anak yang susah makan, mungkin ibu bisa buatkan menu makanan yang tampilannya unik.

  1. Mengatur Jadwal Makan

Tentu tidak aneh jika anak susah makan lantaran ibu salah dalam mengatur jadwal makan. Anak yang tidak mau makan bukan berarti tidak suka dengan makanan yang ibu buatkan. Bisa saja anak ibu masih merasa kenyang. Oleh sebab itu, ibu harus atur ulang jadwal makan. Berikan sarapan di pagi hari. Dan harus ada jeda yang panjang antara memberikan cemilan dengan jadwal makan siang. Dengan cara ini, ia pasti akan merasa lapar dan makannya menjadi lahap.

  1. Kurangi Mengkonsumsi Susu

Tahukah ibu jika anak sudah balita konsumsi susu harus dikurangi? Ini saran dari ahli kesehatan. Jika ibu tidak percaya, ibu bisa tanyakan langsung dengan ahlinya di Ibu dan Balita. Mengurangi konsumsi bukan berarti mengurangi nutrisi. Mengurangi susu bisa membuat anak mau mengkonsumsi minuman bergizi lainnya seperti jus. Dan yang pasti, jika ibu terlalu banyak memberikan susu, maka balita ibu akan merasa kenyang sehingga nafsu makan anak hilang.

  1. Memberikan Table Food

Apa itu table food? Ini merupakan istilah di mana makanan yang dikonsumsi anak sama dengan makanan yang dikonsumsi orang dewasa. Mungkin ini salah satu solusi bagi anak yang susah makan. Tentu saja makanan untuk orang dewasa lebih lezat. Pasalnya, bumbunya lebih komplit. Tidak seperti baby food yang hanya menggunakan bumbu sederhana saja. Jadi, ibu bisa coba memberikan table food dan lihat hasilnya.

  1. Makan Tidak Boleh Sambil Minum

Menurut kesehatan, harus ada jarak antara makan dengan minum. Sebaiknya anak ibu minum 30 menit setelah makan. Hal ini akan membuat makanan dicerna dengan baik. Dan cara ini juga bisa membuat anak makan dengan lahap. Makan sambil minum membuat anak cepat merasa kenyang sehingga ia terlihat malas untuk menghabiskan makanan.

Silakan ibu coba tips tersebut di atas dan semoga masalah anak susah makan bisa segera teratasi.

Image Source: webmd.com

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*