5 Alasan Mengapa Bayi Susah Tidur

Bayi susah tidur

www.johnsonsbaby.co.id

Banyak ibu diluar sana yang mengeluhkan bayinya sulit tidur di malam hari. Padahal sang ibu sudah melakukan berbagai cara agar bayinya cepat tidur, seperti menggendong, dinyanyikan lagu anak-anak, disusui, tetapi tetap saja bayi susah tidur dan cenderung menangis. Hal ini akan membuat ibu lebih cemas karena sang ibu mengantuk dan membutuhkan waktu untuk tidur juga.

Bayi yang berumur 0-4 bulan, membutuhkan waktu tidur yang sangat panjang, yaitu kurang lebih 16-20 jam setiap hari maka dari itu tidur sangat penting untuk dilakukan. Lalu bagaiman jika bayi kurang tidur? Banyak ahli yang mengungkapkan bahwa tidur sangat berperan dalam merangsang perkembangan otak sang bayi. Aktivitas tidur pada bayi ini bahkan sangat berpengaruh dalam perkembangan otak anak selanjutnya, seperti bayi yang memiliki waktu tidur cukup, akan tumbuh menjadi anak yang cerdas. Tubuh bayi juga akan membentuk hormon pertumbuhan. Hormon pertumbuhan ini berkaitan erat dengan kesehatan fisik karena berhubungan dengan pertumbuhan tulang, metabolisme tubuh, memperbarui dan memperbaiki sel-sel tubuh, serta membuat tumbuh kembang otak bayi menjadi lebih optimal.

Disisi lain, jika bayi memiliki waktu tidur yang kurang maka akan berdampak buruk bagi kesehatan bayi. Umumnya, bayi cenderung mudah sakit karena daya tahan tubuhnya menurun akibat kurang tidur. Selain itu, perkembangan daya pikirnya pun akan terhambat. Berikut ini akan dijelaskan beberapa alasan mengapa bayi susah tidur.

1. Bayi Merasa Lapar

Bayi yang rewel dan cenderung menangis memang sulit untuk ditidurkan, biasanya hal ini disebabkan karena bayi merasa lapar. Coba berikan ASI kepada sang bayi jika ia susah ditidurkan dan bagi yang sudah mendapatkan MPASI, bisa juga diberikan makan sebelum tidur agar perutnya tak lapar tetapi disarankan sebaiknya beri makan kepada bayi 1 – 2 jam sebelum dia tidur.

2. Popok Bayi Kotor Atau Sudah Penuh

Kebanyakan ibu-ibu lupa untuk mengecek popok si bayi sebelum tidur, padahal bisa saja popok kotor karena buang air besar atau sudah penuh karena lama tidak diganti. Hal ini membuat bayi sulit ditidurkan dan terus rewel sepanjang malam. Usahakan untuk sering mengecek popok si bayi dan segera menggantinya jika kotor atau sudah penuh. Dengan mengganti popok yang baru, maka bayi akan tidur lebih nyenyak dan sang ibu pun tidak terbangun pada malam hari.

3. Baju Yang Digunakan Tidak Nyaman

Penyebab ketiga bayi susah tidur adalah baju yang digunakannya tidak nyaman di badan. Sebagai seorang ibu, pakaikan baju bayi yang berbahan lembut, nyaman digunakan, serta tidak membuat bayi gerah dan gampang berkeringat. Perhatikan pula ukuran baju ketika membeli, jangan pakaikan baju yang terlalu sempit atau terlalu besar karena itu akan menghambat gerak si kecil.

4. Kamar Bayi Kurang Nyaman

Kamar bayi yang kurang nyaman dapat membuat si kecil kesulitan untuk tidur. Biasanya anak kecil senang dengan suhu ruangan yang dingin, maka tidak ada salahnya sebagai orang tua untuk memasangkan AC di kamarnya tetapi ingat jangan pasang suhu AC yang terlalu rendah agar si bayi tidak gampang sakit. Selain itu, dapat juga menggunakan lampu kamar yang redup agar si bayi gampang untuk tidur.

5. Mengajak Bayi Bermain Sebelum Tidur

Penyebab terakhir bayi susah tidur adalah ketika sang ibu mengajak bayi bermain mendekati waktu tidurnya. Memang ini dapat membuat si bayi menjadi senang tetapi sekaligus membuat dia menjadi kelelahan. Usahakan untuk tidak mengajak si kecil bermain ketika wajahnya sudah terlihat mengantuk.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*