5 Alasan Kenapa Asam Folat Merupakan Gizi Ibu Hamil yang Paling Penting

gizi ibu hamil Ibu dan Balita

Gizi ibu hamil apa yang paling penting? Jawabannya adalah asam folat. Terlepas fungsi atau manfaat dari gizi untuk ibu hamil yang lainnya, peran asam folat untuk menjaga kesehatan ibu hamil sangat penting. Selain itu, zat tersebut pula yang akan memastikan janin di dalam kandungan berkembang normal.

Untuk meyakinkan ibu bahwa asam folat merupakan gizi ibu hamil yan sangat penting, ibu perlu tahu 5 alasan berikut ini.

Asam Folat Mempengaruhi Produksi Sel Darah Merah

Salah satu keluhan kesehatan yang dirasakan oleh ibu hamil adalah anemia. Anemia atau kekurangan darah ini mengakibatkan tubuh lemas sehingga ibu hamil merasa malas untuk beraktivitas setiap hari. Lebih dari itu, saat anemia, ibu hamil akan mudah sekali diserang penyakit.

Oleh sebab itu, asam folat sangat diperlukan. Memang ada gizi ibu hamil lainnya yang bisa mengatasi anemia. Hanya saja, peran asam folat sangat penting dalam mengatasi keluhan ibu hamil berupa anemia.

Bagaimana cara kerjanya? Yaitu meningkatkan produksi sel darah merah. Dalam hal ini, asam folat berperan aktif dalam meningkatkan produksi sel darah merah lho. Alhasil, anemia yang dialami oleh ibu hamil akan teratasi.

Asam Folat Mempengaruhi Produksi Eritrosit

Selain berpengaruh terhadap produksi sel darah merah, gizi ibu hamil berupa asam folat ini juga mempengaruhi produksi eritrosit. Memang eritrosit secara otomatis diproduksi oleh tubuh. Hanya saja, jika ada asam folat dalam jumlah yang cukup, maka produksi eritrosit akan semakin meningkat.

Lalu, apakah fungsi dari eritrosit? Menurut pakar kesehatan ibu hamil, eritrosit sangat berpengaruh terhadap perkembangan otak. Bahkan, mereka mengatakan bahwa ibu hamil yang kekurangan gizi ibu hamil berupa asam folat beresiko melahirkan bayi dalam keadaan cacat mental.

Asam Folat Menurunkan Resiko Keguguran

Inilah kenapa saat kandungan masih muda, ibu harus mengkonsumsi susu ibu hamil yang kaya akan kandungan berupa asam folat. Alasannya, asam folat bisa mencegah terjadinya keguguran. Sementara ibu hamil memiliki resiko mengalami keguguran yang tinggi.

Akan tetapi, bukan berarti gizi ibu hamil berupa asam folat ini diperlukan saat hamil muda saja. Selama masa kehamilan, ibu harus pastikan ibu mendapatkan kandungan asam folat dalam jumlah yang cukup.

Asam Folat Membuat Rileks

Sepertinya tidak ada hubungan antara asam folat dengan rileks. Tapi, ternyata ada hubungannya lho.

Saat hamil, entah kenapa ibu akan mudah sekali merasa stres dan depresi. Mungkin ada faktor luar seperti beban pekerjaan atau masalah finansial di dalam rumah tangga. Akan tetapi, tanpa ada masalah apapun, ibu hamil mudah sekali mengalami stres dan depresi.

Untuk mengatasi hal tersebut, ibu harus memastikan gizi ibu hamil berupa asam folat tercukupi. Ibu akan merasa lebih rileks jika asam folat terpenuhi.

Asam Folat Menurunakan Resiko Terkena Penyakit Jantung

Yang tak kalah penting dari asam folat adalah perannya dalam menurunkan resiko terkena penyakit jantung. Khusus bagi ibu yang memiliki riwayat penyakit jantung, ibu harus pastikan asam folat terpenuhi agar ibu tidak terkena penyakit jantung saat mengandung. Apalagi saat masa persalinan hampir tiba, harus dipastikan jantung ibu sehat.

Nah, sekarang jelas sudah bahwa asam folat itu kandungan yang sangat penting bagi ibu hamil. Untuk itu, ibu tahu beberapa sumber gizi ibu hamil berupa asam folat ini.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*