4 Tips Penting Menjaga Kehamilan Muda bagi Ibu yang Bekerja

tips ibu hamil muda https://www.facebook.com/ibudanbalita/

Bagi Ibu – ibu yang bekerja, tips ibu hamil muda ini mungkin akan berguna agar kesehatan dan kehamilannya tetap terjaga. Terutama bagi Ibu yang sedang menjalani kehamilan pertama dan mungkin masih bingung dalam mengatasi kehamilannya, tips – tips ini diharapkan bisa membantu mempermudah Ibu dalam menjalani hari – hari bekerja dalam keadaan sedang mangandung.

Pasalnya, masa kehamilan adalah masa yang cukup sulit untuk sebagian Ibu dan calon Ibu. Dengan banyaknya perubahan yang terjadi, menjalani kegiatan sehari – hari terkadang akan menjadi lebih sulit. Belum lagi jika tetap harus tetap menjalani aktifitas bekerja selagi menghadapi morning sickness dan kendala – kendala lainnya. Tidak hanya janinnya, kesehatan wanita hamil itu juga perlu dijaga, kan?

  1. Kurangi stres. Sangat normal dalam pekerjaan jika ada banyak hal yang dapat menyebabkan tingkat stres meningkat. Apalagi ketika hamil muda, Ibu mungkin belum terbiasa dengan perubahan – perubahan yang terjadi pada tubuh Ibu sendiri. Akan tetapi, coba diingat bahwa Ibu sedang menjalani tahap dalam hidup yang sangat indah, sehingga Ibu sangat perlu untuk tenang dan jangan terlalu banyak berpikir negatif agar terhindar dari stress.

Ingat, ini baru tahap kehamilan muda, perjalanan kehamilan Ibu masih panjang dan tentunya Ibu tidak ingin kan, melewatkan masa – masa indah mengandung si kecil dengan tingkat stres yang tinggi?

  1. Bawa dan siapkan makanan sendiri. Ketika hamil, tingkat kekebalan tubuh akan menjadi lebih rendah dibandingkan sebelum hamil. Akibatnya, Ibu hamil dapat terkena penyakit dan infeksi jauh lebih mudah dibandingkan dengan orang lain. Jadi sebaiknya Ibu mempersiapkan makanan sendiri dari rumah serta membawa cemilan ringan untuk di kantor selama Ibu sedang bekerja. Melakukan ini tentunya jauh lebih mudah dan lebih baik dibandingkan makan di luar atau jajan yang bisa saja kurang bersih.
  1. Jangan sampai dehidrasi. Minum air putih yang banyak. Orang yang tidak hamil pun dianjurkan untuk menkonsumsi air putih sebanyak 8 gelas per hari. Semantara, Ibu hamil akan lebih sering buang air kecil dan sangat perlu agar air yang dikonsumsi cukup karena tingkat stress dan kelelahan yang lebih tinggi.

Akan tetapi, hindari banyak menkonsumsi minuman dengan pewarna atau pemanis buatan untuk menghindari agar tidak terkontaminasi zat – zat yang tidak diketahui. Sebaiknya hanya minum air putih, dan jika ingin menkonsumsi jus buah, konsumsi jus buah yang alami dan baru diperas dari buahnya.

Kopi pun sangat penting untuk dihindari. Kafein itu tidak baik bagi perkembangan janin, sehingga menkonsumsi kopi dan minuman lain yang mengandung kafein sangat disarankan bagi Ibu hamil.

  1. Hindari naik tangga. Jangan paksakan diri untuk melakukan aktifitas berlebih. Dengan bekerja dalam keadaan hamil, kegiatan yang Ibu lakukan pun sudah cukup banyak. Sebaiknya hindari menggunakan tangga di tempat Ibu bekerja, dan lebih baik pilih untuk menggunakan lift.

Dengan mengikuti tips ibu hamil muda, semoga Ibu dapat lebih mudah menjalani aktifitas bekerja selagi menyesuaikan diri dengan kehamilan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*