4 Tanda Bayi Sehat dan Normal

bayi sehat www.facebook.com/ibudanbalita

Bayi sehat itu seperti apa? Apakah badan gemuk bisa dikatakan sehat? Tentu banyak sekali kriteria agar bayi bisa dikatakan sehat. Akan tetapi, setidaknya ada 4 tanda untuk memastikan bayi ibu normal dan sehat.

Mungkin ibu sudah memiliki catatan lengkap tentang menu bayi sehat entah dari dokter atau dari majalah seputar gizi balita. Akan tetapi, yang ibu lakukan itu hanya upaya saja. ibu harus melihat apakah upaya yang ibu lakukan itu efektif atau tidak. Oleh karena, lihat apakah ada salah satu dari 4 tanda bayi berkembang sehat atau bahkan semuanya ada pada bayi ibu.

  1. Sisi Kognitif

Bayi yang masih berusia beberapa minggu sebenarnya sudah memiliki daya kognitif yang tinggi. Jadi, salah satu tanda bayi sehat adalah ketika sisi kognitif bayi sudah mulai bekerja. Bagaimana ibu bisa menilainya?

Caranya sangat mudah. Jika si kecil sudah mulai memperhatikan orang yang ada di dekatnya, maka sisi kognitif si kecil berkembang normal dan itu artinya si kecil sudah mulai cerdas dan sehat.

Selain itu, ibu juga bisa mencoba membawa benda dan mendekatkan benda tersebut. Jika si kecil merespon, maka bayi ibu sehat.

Itulah mengapa ketika si kecil baru masuk usia mingguan, sebaiknya ibu membelikan mainan yang bergerak. Ibu bisa taruh di atas tempat tidur. Mainan bergerak ini akan menstimulasi otak si kecil.

  1. Menggerakkan Anggota Badan dengan Tenang

Salah satu tanda bayi sehat dan cerdas adalah ketika si kecil sudah mulai menggerak-gerakkan tangan dan kaki dengan tenang. Ibu bisa mencoba memberikan benda atau mainan dan lihat bagaimana respon si kecil. Jika bayi ibu sudah mulai mengangkat tangan dan mengambil benda tersebut, maka ibu tidak perlu khawatir. Fase awal perkembangan bayi yang sehat sudah terlewati.

Akan tetapi, pada awalnya si kecil belum bisa memegang benda dengan kuat dan tenang karena sistem motorik belum sempurna. Ibu sebaiknya membantu si kecil agar motoriknya berkembang dengan cepat.

  1. Bayi Tersenyum dan Menangis

Menangis dikatakan sebagai respon alami sang bayi. Ketika dilahirkan di dunia, bayi akan menangis. Lalu, pada perkembangannya, ketika usianya menginjak usia 4 bulan, bayi akan belajar membedakan mana kondisi di mana ia akan tertawa dan kapan menangis.

Jika pada usia 4 bulan si kecil sudah bisa tertawa ketika ibu ajak berbicara atau bercanda, ibu harus persyukur karena ibu memiliki bayi sehat. Karena menurut penelitian, pada usia inilah perkembangan emosi si kecil sudah mulai terasah.

  1. Mulai Berkomunikasi

Ibu tidak perlu menunggu sampai si kecil usia di atas satu tahun agar bisa berkomunikasi sengan si kecil. Pasalnya, pada saat masih berusia mingguan pun sebenarnya bayi sudah mulai berkomunikasi. Hanya saja acaranya berbeda.

Mengoceh, menangis, dan menirukan suara-suara merupakan cara sang buah hati ibu berkomunikasi dengan ibu. Pada saat itulah ibu harus lebih intens berkomunikasi dengan si kecil. Ibu bisa bercerita walaupun sebenarnya si kecil belum memahami cerita tersebut. Namun, cara tersebut akan menstimulasi kemampuan komunikasi si kecil.

Itulah empat tanda bayi sehat dan cerdas. Ibu harus tahu tentang informasi ini agar mengerti perkembangan bayi ibu. Selain itu, pastikan ibu memberikan menu bayi sehat agar si kecil benar-benar berkembang normal. Pastinya ibu selalu menginginkan bayi sehat, bukan?

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*