4 Jenis Makanan Bayi 6 Bulan Untuk Menunjang Kecerdasan Otak

makanan bayi usia 6 bulan www.ibudanbalita.com

Untuk makanan bayi 6 bulan Bunda tidak bisa lagi hanya mengandalkan ASI. Bunda harus mulai memberikan Makanan Penunjang Air Susu Ibu atau MPASI pada si kecil. Sebab saat usia bayi sudah 6 bulan ASI saja tidak cukup untuk mendukung tumbuh kembang si kecil.

Untuk itulah kenapa pada saat bayi berusia 6 bulan ini umumnya mulailah si kecil dikenalkan dengan berbagai jenis makanan pendamping ASI. Ini dimaksudkan agar supaya bisa mendukung tumbuh kembang bayi supaya lebih optimal lagi.

Memperkenalkan makanan pertama untuk bayi merupakan sebuah pengalaman yang sangat istimewa dan moment yang munkin tidak akan pernah Bunda lupakan. Meskipun umumnya si kecil akan menolak waktu pertama kali Bunda berikan MPASI.

Selain itu, makanan pertama bayi ini merupakan langkah awal si kecil untuk mengenal berbagai cita rasa. Dan yang terpenting sebenarnya adalah MPASI ini sangat besar pengaruhnya terhadap tumbuh kembang bayi.

Kenapa Bunda harus mengenalkan MPASI sebagai makanan bayi usia 6 bulan, sebab selama ini, semenjak si kecil dilahirkan di dunia ini, ASI adalah menu makanan yang selalu dikonsumsinya setiap hari.

Sebab bayi usia di bawah 6 bulan hanya memerlukan ASI saja sebagai penopang kebutuhan energi dan nutrisinya. Kandungan dari ASI ini sangat baik terutama untuk sitem imunitas bayi.

Selain itu, ASI juga memiliki kemampuan untuk melindungi kesehatan tubuh bayi. ASI yang kaya sekali akan kandungan vitaminnya, seperti Omega 3 yang sangat baik guna mendukung perkembangan otak bayi.

Banyak hasil penelitian yang mengatakan bahwa bayi yang mengkonsumsi ASI ekslusif selama 6 bulan akan memiliki IQ yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan bayi yang diberi susu formula.

Untuk itulah selama 6 bulan bayi paska dilahirkan dari pada menyampurnya dengan memberikan susu formula.

Namun saat bayi sudah menginjak usia 6 bulan, MPASI sebaiknya harus segera Bunda kenalkan. Pada usia ini, sistem pencernaan serta kekebalan tubuhnya sudah mulai sempurna dan juga sudah siap untuk menerima MPASI.

Selain untuk mengenalkan jenis makanan lain pada bayi, mengenalkan MPASI yang merupakan makanan bayi umur 6 bulan ini juga bisa menurunkan resiko terjadinya alergi makanan pada bayi.

Memilih Jenis Makanan Balita 6 Bulan

Saat si kecil sudah berusia 6 bulan, usahakan untuk mulai memberikan makana padat pada bayi. Namun usahakan makanan padat pertama yang Bunda berikan harus yang bertekstur lembut serta mudah dicerna.

Ingat, pada saat bayi usia 6 bulan ini sistem pencernaannya belum begitu sempurna. Jadi sebaiknya makanan balita usia 6 bulan ini yang memiliki tekstur lembut. Tujuannya tidak lain tentu untuk membantu pencernaan si kecil.

Usahakan untuk MPASI ini tidak ditambahkan gula dan garam terlebih dahulu. Biarkan saja rasanya hambar supaya si kecil bisa merasakan rasa asli dari makanan yang Bunda berikan tersebut.

Selain itu garam ternyata bisa membahayakan ginjal dari bayi umur 6 bulan sedangkan gula bisa membuat bayi suka dengan makanan yang manis, dan ini tidak baik untuk kesehatan gigi si kecil nantinya.

Makanan Untuk Bayi Usia 6 Bulan

Perlu Bunda ketahui, jenis MPASI yang Bunda berikan kepada si kecil ternyata turut memberikan andil besar terhadap tumbuh kembang otak si kecil. Sudah menjadi keharusan jika Bunda ingin memiliki anak yang cerdas mulainya harus saat ini. Tidak bisa ditunda lagi.

Sedangkan untuk beberapa makanan balita umur 6 bulan yang bisa Bunda jadikan sebagai MPASI adalah:

  1. Bubur Susu

Dikarenakan sampai saat ini makanan yang dikenal si kecil adalah ASI, supaya si kecil tidak menolaknya sebaiknya MPASI tersebut masih berupa makanan yang ada campuran susunya.

Hal ini supaya adaptasi si kecil terhadap makanan pertamanya bisa berjalan dengan lancar. Selain itu dalam fase ini bayi umur 6 bulan juga masih butuh sokongan nutrisi yang terkandung dalam susu.

Cara membuatnya cukup dengan mencampurkan 1 sendok makan tepung beras dan 200 ml ASI atau bisa juga susu formula. Setelah itu larutkan tepung beras dengan susu tadi, lalu masak dengan api yang kecil dan tunggu sampai agak kental.

  1. Bubur Kentang

Makanan batita 6 bulan yang bisa Bunda pilih selanjutnya adalah bubur kentang. Bubur kentang ini bisa dijadikan sebagi variase supaya si kecil tidak bosan dengan MPASI. Cara membuatnya juga sangat mudah, Bunda tinggal mengupas kentang lalu memotongnya kecil-kecil kemudian haluskan. Setelah halus, campur dengan 50 ml ASI atau susu formula lalu blender sampai tercampur merata.

  1. Bubur Buah

Untuk membuat bubur buah ini, buah yang paling direkomendasikan adalah pisang ambon. Sedangkan untuk membuatnya Bunda tinggal mencampurkannya dengan sedikit ASI atau susu formula lalu memblendernya.

  1. Bubur Sayur

Bubur sayur juga masuk dalam kategori makanan batita usia 6 bulan yang sangat direkomendasikan. Brokoli merupakan sayuran terbaik yang bisa Bunda pilih ketika ingin membuat bubur sayur ini. Selain brokoli Bunda juga bisa memilih wortel ketika ingin membuat bubur sayur ini.

Cara membuatnya juga terbilang sangat praktis. Bunda tinggal menkukus brokoli lalu campurkan ASI atau susu formula dan blender sampai halus sehingga mudah ditelan oleh si kecil.

MPASI untuk bayi 6 bulan bisa menjadi kunci utama dalam tumbuh kembang otak si kecil. Untuk itulah selalu berikan makanan bayi 6 bulan pendamping ASI yang bisa mendukung tumbuh kembang otak buah hati Bunda.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*