3 Pose Senam Hamil Penting yang Bisa Ibu Praktekkan Sendiri Di Rumah

senam hamil https://www.facebook.com/ibudanbalita/

Senam hamil tidak hanya bisa dilakukan dengan professional trainer. Jika ibu sudah tahu gerakan-gerakan yang harus dilakukan, ibu bisa melakukan senam kehamilan sendiri di rumah. Dengan demikian, ibu tidak harus pergi ke tempat senam ibu hamil.

Akan tetapi, ibu harus tahu terlebih dahulu gerakan seperti apa yang harus dilakukan saat senam hamil. Gerakan-gerakan tersebut dilakukan dengan tujuan agar tubuh ibu bugar dan keluhan kesehatan seperti rasa nyeri pada bagian tubuh tertentu atau sering merasa pegal bisa hilang.

Setidaknya ada 3 pose senam ibu hamil sederhana yang bisa ibu pratekkan setiap hari di rumah.

Pose Jongkok

Salah satu pose senam hamil yang bertujuan agar mempermudah proses persalinan nanti adalah pose jongkok. Tentu tidak mudah bagi ibu hamil tua untuk mempratekkan pose ini. Perut yang semakin buncit membuat ibu sedikit kesulitan untuk melakukan pose jongkok. Namun, sulit bukan berarti tidak bisa, bukan?

Lakukan pose jongkok ini diawali dengan posisi berdiri terlebih dahulu. Pastikan ibu tidak membungkuk. Lalu, turun perlahan-lahan dengan kedua telapak tangan ditempelken seperti patung Budha. Turun hingga ibu berada pada posisi jongkok. Setelah itu, tahan hingga sekitar 10 detik. Berdiri dan lakukan gerakan tersebut berulang-ulang kali.

Jika ibu mempraktekkan pose senam hamil ini rutin setiap hari, maka otot paha akan menguat. Otot panggul akan mengalami perenggangan sehingga proses persalinan nanti akan lebih mudah.

Pose Tailor

Seperti apa pose senam hamil yang satu ini? Ini merupakan pose yang terlihat mirip seperti kupu. Ibu bisa melakukannya dengan cara duduk di mana posisi telapak kaki saling bersentuhan. Sementara itu, kedua tangan memegang telapak kaki. Gerakkan lutut ke atas dan ke bawah hingga menyentuh lantai. Ulangi beberapa kali gerakan tersebut maka otot paha akan semakin kuat dan stress punggung bawah akan berkurang.

Pose senam hamil yang satu ini lebih mirip dengan pose yoga. Jika ibu sering mengikuti yoga, pasti tidak asing dengan pose seperti ini. Pada awalnya, gerakan dalam pose ini ditujukan untuk meringankan stress khusus pada bagian punggung bawah. Hanya saja, secara otomatis otot paha akan semakin kuat sehingga diharapkan proses persalinan nanti lebih mudah.

Pose Push Up

Sebenarnya, pose ini bukan untuk melakukan push up. Hanya saja pose nya seperti orang yang akan melakukan push up. Akan tetapi, tentu saja tidak ada push up di dalam senam hamil. Yang harus ibu lakukan hanya menerapkan posisi seperti akan melakukan push up namun dengan lutut menyentuh lantai. Lalu, ibu harus menengadahkan kepala dengan menarik lalu melepaskan nafas.

Lakukan pose senam hamil tersebut setiap pagi maka sakit pinggang yang ibu alami akan reda. Dan yang paling penting, ini merupakan cara untuk melahih pernafasan.

Sudah siap untuk melakukan senam ibu hamil sendiri di rumah? Banyak ibu hamil yang merasa malas untuk melakukan apapun. Kemalasan tersebut lah yang mengakibatkan tubuh tidak bugar. Walhasil, mereka akan mudah sakit.

Akan lebih baik jika ibu mempratekkan tiga gerakan penting tersebut di atas. Jika ibu melakukannya rutin setiap hari, tubuh ibu tidak hanya bugar, namun ibu akan semakin siap untuk menjalani persalinan. Jadi, apakah ibu akan mulai rutin melakukan senam hamil?

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*