3 Hal Penting Yang Harus Diketahui Orang Tua Agar Anak Cerdas

agar anak cerdas www.ibudanbalita.com

Semoga orang tua pasti akan melakukan hal apapun agar anak cerdas. Namun, tidak banyak dari mereka melakukan hal yang tepat untuk mewujudkan apa yang mereka cita-citakan tersebut. Apakah ibu yakin selama ini sudah mendidik anak dengan tepat?

Mungkin saja ibu sudah menerapkan cara pengasuhan yang menurut ibu benar agar anak pintar. Ibu sudah memberikan makanan yang bergizi, memberikan fasilitas yang dibutuhkan, dan bahkan memasukkan ke lembaga pendidikan terbaik. Tidak lain hal tersebut ibu lakukan hanya agar anak ibu cerdas.

Sayangnya, itu saja tidak cukup. Menyerahkan pendidikan anak kepada sekolah yang terbaik tidak lantas menjadi jaminan sang buah hati ibu menjadi anak yang cerdas. Apapun yang terjadi pada si kecil sangat dipengaruhi oleh bagaimana cara mendidik anak yang ibu terapkan, bukan dikarenakan lembaga pendidikan.

Jika ibu sudah melakukan tiga hal penting berikut, maka anak ibu akan tumbuh menjadi anak yang pintar.

  1. Memberikan Training

Porsi belajar di sekolah itu hanya sedikit. Kebanyakan waktu anak habiskan di rumah. Jadi, jelas sekali memberikan training di rumah jauh lebih efektif daripada hanya mengandalkan pelajaran di sekolah.

Apalagi jika anak ibu belum sekolah. Ibu harus tepat dalam memilih training yang tepat agar anak pintar. Salah satunya adalah dengan memberikan training tertentu yang melatih otak. Ibu bisa berikan jenis mainan edukatif yang sesuai dengan usia sang buah hati.

Bolehkah memberikan mainan gadget? Tidak bisa dipungkiri sepertinya sulit sekali untuk tidak berhubungan dengan gadget. Hanya saja, banyak anak yang mengalami kecanduan saat bermain gadget.

Yang jelas, memberikan gadget berarti memberikan training terhadap teknologi. Apalagi ada banyak fasilitas mainan edukatif di dalam gadget tersebut. Hanya saja, ibu harus mengontrol penggunaan alat elektronik tersebut anak tidak kecanduan. Dengan demikian, anak menjadi cerdas karena bisa memanfaatkan teknologi dengan semestinya.

  1. Memberikan Keleluasaan

Sangat wajar jika ibu merasa khawatir. Akan tetapi, hal tersebut tidak lantas membuat ibu membatasan gerak sang anak. Saat balita, si kecil memiliki rasa keingintahuan yang sangat tinggi. Dan inilah modal berharga anak menjadi cerdas.

Sayangnya, jika ibu membatasi, maka keingintahuannya tidak tersalurkan dan akhirnya tumbuh kembangnya tidak optimal.

Akan lebih baik jika ibu tidak membatasi ruang gerak sang anak. biarkan ia bereksplorasi. Yang perlu ibu lakukan hanya mengawasi sehingga ketika ada hal yang berbahaya, ibu bisa stop anak agar tidak melakukan hal tersebut.

  1. Reward

Membelikan sepeda di acara ulang tahun anak tidak ada gunanya jika ternyata sang buah hati suka skateboard. Jadi, reward yang ibu seharusnya berikan adalah reward yang sesuai dengan kebutuhan sang buah hati.

Perhatikan apa yang ia suka. Temukan apa bakatnya. Maka dari itu, ibu akan dengan mudah mendidik anak agar cerdas dengan membantu mengembangkan kemampuanya tersebut dengan cara memberikan reward sesuai dengan kebutuhannya.

Cara mendidik anak di rumah sangat menentukan bagaimana masa depan sang buah hati. Tentunya ibu tidak ingin main-main dengan hal tersebut, bukan?

Ibu bisa belajar lebih banyak lagi tentang bagaimana mengoptimalkan tumbuh kembang anak dengan konsultasi online dengan pakar perkembangan anak di www.ibudanbalita.com. Di sana ibu bisa bebas bertanya tentang apa saja yang ingin tanyakan.

Temukan dan terapkan cara mendidik anak yang tepat agar ibu memiliki anak yang cerdas.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*